Manfaat air lemon baik untuk wajah
Bukan hanya untuk minuman, ternyata manfaat lemon juga baik untuk wakah

Rasa asam yang menyegarkan dan kandungan vitamin C membuat buah satu ini sering menjadi bahan campuran makanan atau minuman. Tapi mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa lemon bisa digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit Anda.

Lemon dapat Anda gunakan untuk membasmi jerawat sampai mencerahkan kulit.

Manfaat lemon untuk wajah

Jika Anda memiliki lemon di rumah, Anda bisa menggunakannya untuk merawat diri. Berikut adalah beberapa manfaat lemon yang bisa Anda gunakan untuk wajah.

1. Mengatasi jerawat

Lemon memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Keasaman tersebut dapat mengurangi peradangan dan minyak di kulit wajah, serta mencegah pembentukan jerawat. Bila diusapkan ke wajah, air perasan lemon juga bisa mengurangi menumpuknya kulit mati yang bisa menciptakan komedo.

Anda dapat memakai air perasan lemon untuk mencegah atau membasmi jerawat dengan cara mengoleskannya menggunakan kapas di kulit wajah dan diamkan selama 10 menit.

Setelahnya, bilas dan keringkan wajah. Anda dapat melakukannya sebanyak dua kali sehari. Selalu cuci muka dengan bersih sebelum memakai air lemon dan segera bilas air lemon dari wajah jika terasa perih.

2. Mencerahkan kulit dan rambut

Lemon juga bisa digunakan mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas luka di wajah. Selain itu Anda bisa mengoleskan lemon pada rambut di wajah, seperti kumis atau jenggot, untuk mencerahkannya.

3. Meningkatkan produksi kolagen

Jangan salah, lemon merupakan salah satu buah yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di wajah Anda. Kandungan vitamin C di dalam lemon yang dapat mencegah radikal bebas merusak kolagen di kulit wajah.

4. Mengandung antimikroba

Jerawat bisa timbul akibat mikroba. Untungnya, lemon mengandung senyawa antimikroba yang dapat melawan mikroba dan bakteri penyebab jerawat seperti Propionibacterium acnes.

Tidak hanya kandungan antimikroba, lemon juga memiliki senyawa antijamur dan diyakini mampu mengatasi ruam akibat jamur Candida di kulit kepala.

5. Menangani ketombe dan psoriasis

Air lemon tidak hanya dapat dijadikan komposisi untuk pembuatan lemon tea, tetapi juga bisa digunakan untuk menyingkirkan sel kulit mati, termasuk penumpukan sel kulit mati akibat ketombe atau psoriasis.

Namun, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan air lemon sebagai alternatif untuk meringankan psoriasis Anda.

Bila air lemon terasa perih di wajah, coba campurkan air lemon dengan air. Hentikan penggunaan apabila kulit masih terasa perih. Saat mengoleskan air lemon di wajah, hindari terkena bagian mata.

Efek samping penggunaan lemon pada wajah

Meski memiliki manfaat yang baik untuk kulit, lemon dapat memberikan efek buruk bagi Anda yang memiliki kondisi kulit tertentu. Berikut efek samping penggunaan lemon.

  • Iritasi kulit

Salah satu efek samping paling umum dari penggunaan lemon di wajah adalah iritasi pada kulit. Anda bisa mengalami pengelupasan kulit wajah, serta kulit kemerahan dan kering.

  • Sunburn

Penggunaan lemon pada kulit dapat meningkatkan risiko kulit mengalami sunburn atau terbakar matahari. Oleh karenanya, hindari terpapar sinar matahari saat Anda sudah mengoleskan air lemon di wajah.

  • Leukoderma

Manfaat lemon untuk wajah berupa mencerahkan kulit bisa jadi bumerang untuk Anda. Anda bisa saja mengalami leukoderma atau vitiligo. Kondisi ini dicirikan dengan titik putih yang melebar akibat berkurangnya melanin di wajah.

  • Phytophotodermatitis

Saat menggunakan air lemon di wajah dan terpapar dengan sinar ultraviolet, Anda dapat mengalami reaksi peradangan berupa pembengkakan, lepuhan, dan kemerahan di kulit yang dikenal dengan istilah phytophotodermatitis.

Catatan dari SehatQ

Sebelum menggunakan lemon untuk merawat wajah, ada baiknya jika Anda mencoba mengoleskan air lemon di bagian kulit lainnya dengan kapas untuk melihat apakah kulit Anda cocok atau tidak.

Healthline. https://www.healthline.com/health/lemon-for-face
Diakses pada 30 Januari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/253690-how-to-clear-acne-with-lemon-juice/
Diakses pada 30 Januari 2020

Artikel Terkait