Tahukah Anda Matahari Memiliki Manfaat Kesehatan bagi Manusia?

Paparan sinar matahari dapat mengurangi risiko depresi
Beberapa manfaat matahari untuk manusia adalah menguatkan tulang dan mencegah kanker.

Di balik bahaya yang timbul saat tubuh mendapatkan paparan berlebih, sinar matahari, jika didapatkan dalam jumlah yang cukup, memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Manfaat matahari bagi manusia pun tidak terbatas pada kesehatan fisik, tapi juga untuk kesehatan mental.

Anda akan mendapatkan manfaat optimal, jika terpapar sinar matahari selama 5-15 menit per hari. Bagi orang yang berkulit gelap, paparan matahari selama 30 menit masih merupakan level aman, yang tidak berisiko menimbulkan kerusakan apapun pada kulit.

[[artikel-terkait]]

Dari segi kesehatan fisik, ini manfaat matahari bagi manusia

Anda akan rugi, jika tidak mengenali beragam manfaat matahari bagi manusia. Sebagai penduduk di negara tropis, memanfaatkan sumber energi yang berlimpah ini, tentu tidaklah sulit.

Anda akan memperoleh berbagai manfaat berikut ini, dari paparan sinar matahari dalam jumlah yang cukup:

1. Sumber vitamin D

Sinar ultraviolet dari matahari akan membantu tubuh memproduksi vitamin D. Seperti yang telah banyak diketahui, vitamin yang satu ini baik untuk kesehatan tulang.

Kulit akan memproduksi vitamin D saat mendapatkan paparan sinar matahari. Sinar matahari memang sumber terbaik untuk meningkatkan vitamin D. Sebab, memang hanya sedikit makanan, yang mengandung vitamin D dengan jumlah cukup.

Tidak hanya itu, vitamin D juga baik untuk kesehatan sel darah, serta daya tahan tubuh. Dengan jumlah vitamin D yang cukup, tubuh Anda juga akan bisa menyerap kalsium dan fosfor dengan lebih optimal.

2. Membantu mencegah kanker

Paparan sinar matahari berlebih, memang bisa memicu kanker kulit. Namun, jika dalam jumlah yang cukup, paparan sinar matahari ini justru bisa mencegah jenis-jenis kanker lainnya, seperti:

  • Kanker usus besar
  • Limfoma hodgkins
  • Kanker ovarium
  • Kanker pankreas
  • Kanker prostat

3. Membantu menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat matahari bagi manusia salah satunya adalah meningkatkan kesehatan kulit. Paparannya, jika diterima dalam jumlah yang cukup, dapat membantu mengatasi kondisi seperti:

  • Psoriasis
  • Eksim
  • Jaundice (penyakit kuning)
  • Jerawat

Namun, terapi dengan menggunakan sinar matahari tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Anda tetap perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, jika ingin mendapatkan manfaat yang satu ini.

4. Melindungi dari berbagai penyakit

Jika tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, risiko terkena beberapa jenis penyakti pun akan meningkat, seperti gangguan pada payudara, usus, prostat, dan paru-paru.

Selain itu, orang yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari, juga lebih risiko terkena diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya vitamin D yang terdapat di tubuh orang yang jarang terpapar matahari.

5. Menjaga berat badan

Sinar matahari pagi juga dipercaya dapat membantu mengurangi tumpukan lemak di tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini dari matahari, Anda disarankan untuk jogging selama 20-30 menit, antara pukul 08.00 pagi hingga menjelang siang hari.

Sinar matahari dapat membantu mengecilkan sel lemak yang berada di bawah permukaan kulit. Namun, tentu Anda tetap harus melakukan olahraga dan menjaga makan, agar berat badan ideal yang diimpikan bisa tercapai.

Manfaat matahari bagi manusia dari sisi kesehatan mental

Tidak hanya dari segi fisik, berikut ini manfaat matahari bagi manusia dari segi kesehatan mental:

  • Bisa membuat hati lebih gembira

    Sinar matahari bisa memicu keluarnya hormon serotonin. Hormon ini dapat membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik dan pikiran menjadi lebih tenang dan fokus.
  • Bisa mengurangi risiko depresi

    Minimnya cahaya matahari, bisa mengurangi kadar hormon serotonin di tubuh. Penurunan kadar serotonin ini berkaitan dengan depresi. Selain itu, kurangnya sinar matahari juga ternyata bisa memicu gangguan psikologis lainnya, seperti gangguan kecemasan dan serangan panik.

Akibat paparan sinar matahari berlebih di kulit, yang jarang disadari

Meski manfaat matahari bagi manusia sangat beragam, Anda juga perlu berhati-hati, agar tidak terlalu banyak terpapar sinarnya. Selain penyakit berbahaya seperti kanker kulit, paparan sinar matahari berlebihan, juga bisa berpengaruh untuk penampilan kulit dalam jangka panjang.

Anda mungkin sering melihat, para lansia dengan bintik-bintik cokelat di kulitnya. Kondisi tersebut sebenarnya adalah akibat dari paparan sinar matahari yang dinamakan lentigo.

Kondisi ini bukanlah gangguan yang langsung muncul, melainkan merupakan hasil dari paparan sinar matahari setelah bertahun-tahun lamanya. Tidak heran, banyak yang tidak menyadari kemunculannya.

Lentigo memang tidak berbahaya. Namun, bagi beberapa orang, timbulnya perubahan warna pada kulit ini, dianggap mengganggu penampilan. Karena itu, untuk mencegah lentigo di kemudian hari, Anda perlu memperhatikan langkah-langkah untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang tepat.

Penggunaan tabir surya pun dianggap penting, tidak hanya untuk menghindari lentigo, namun juga penyakit lain yang berkaitan dengan paparan sinar matahari seperti kanker kulit atau kondisi kulit yang belang.

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-sunlight-health-effects
Diakses apda 24 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/depression/benefits-sunlight
Diakses pada 24 Juni 2019

Mayo Clinic. https://www.healthline.com/health/depression/benefits-sunlight
Diakses pada 24 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-from-sun#time-of-day
Diakses pada 25 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed