Perkembangan otak anak hingga dewasa melibatkan beberapa proses penting
Seorang anak sedang menunjuk kepalanya sendiri

Otak adalah organ yang terdiri dari jaringan saraf dengan massa besar yang dilindungi di dalam tulang tengkorak. Sebagai pusat saraf, otak memainkan peran penting dalam setiap sistem tubuh utama manusia.

Perkembangan otak manusia berlangsung sejak masih dalam kandungan hingga dewasa. Awal perkembangan ini bahkan dimulai sejak minggu ketiga kehamilan dengan membedakan sel-sel progenitor saraf.

Tahap perkembangan otak anak

Berikut ini adalah penjelasan komprehensif seputar tahap perkembangan otak anak sejak dalam kandungan hingga dewasa.

Perkembangan otak di dalam kandungan

Selama masa kandungan, tubuh akan disibukkan dengan perkembangan otak sebagai bekal untuk mempersiapkan kehidupan setelah kelahiran. Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, perkembangan otak dimulai sejak minggu ketiga kehamilan, yang ditandai dengan pembedaan sel-sel progenitor saraf.

Setelah itu, fase penting selanjutnya dalam perkembangan otak adalah terbentuknya struktur saraf pertama yang ajeg, yakni tabung saraf.

Tahapan tersebut kemudian dilanjutkan dengan produksi miliaran neuron dalam otak, yang sebagian besar diproduksi pada pertengahan kehamilan, Neuron-neuron yang diproduksi kemudian akan bermigrasi ke dalam bagian lain dalam sistem saraf.

Perkembangan otak saat bayi baru lahir

Ketika bayi lahir, otak mereka hanya berukuran sekitar 60 persen dari ukuran otak ketika sudah dewasa. Ukuran otak bayi akan membesar sekitar tiga kali lipat dalam tiga bulan pertama setelah kelahirannya.

Pada saat kelahiran, satu-satunya mielin, yakni zat berlemak yang mengisolasi akson otak untuk membantu sinyal bergerak lebih cepat, berada di dekat sumsum tulang belakang. Area otak ini bertanggung jawab atas fungsi-fungsi dasar, seperti makan, bernapas, dan mengendalikan detak jantung.

Perkembangan otak anak menginjak usia tiga tahun

Pada masa ini, otak anak sudah mencapai sekitar 80 persen dari ukuran orang dewasa dalam hal volume dan sel-sel otak. Pada tahap ini, otak bayi tiga tahun memiliki sinapsis (titik temu antara terminal akson dengan neuron lain) 200 persen lebih banyak ketimbang orang dewasa.

Sering perkembangannya, sinapsis ini perlahan-lahan akan dipangkas oleh otak. Pemangkasan ini tidak memengaruhi fungsi otak secara keseluruhan.

Perkembangan otak anak menjelang usia lima tahun

Menjelang usia lima tahun adalah masa penting perkembangan otak. Segala pengalaman yang terjadi pada anak pada usia ini secara langsung dapat membantu pembentukan sinapsis.

Pada usia ini, segala hal yang terjadi pada anak akan sangat melekat, termasuk kejadian traumatis atau luka psikologis. Meski begitu, di sisi lain, masa ini juga menjadi momen yang tepat untuk proses penyembuhan pengalaman traumatis tersebut.

Perkembangan otak saat remaja

Berat dan ukuran otak remaja sudah terlihat seperti orang dewasa, meski belum berkembang sepenuhnya. Pada usia ini, tubuh telah memproduksi mielin dari bagian belakang otak ke bagian depannya.

Area terakhir yang dipenuhi mielin adalah lobus frontal, yang berperan penting dalam pengambilan keputusan, empati, dan kontrol impuls.

Menjaga kesehatan otak anak

Untuk menjaga kesehatan otak dan mendukung perkembangannya, penting bagi Anda untuk memberikan asupan yang bergizi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda berikan kepada Si Kecil untuk mendukung pertumbuhan otaknya.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik bagi perkembangan dan kesehatan otak anak. Pasalnya, omega-3 dapat membantu memperbaiki struktur sel otak yang disebut dengan neuron.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa konsumsi omega-3 dapat membantu dalam proses peningkatan kemampuan berpikir. Beberapa ikan yang kaya akan omega-3 adalah makarel, tuna, salmon, dan sarden.

2. Buah-buahan

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat membantu menyehatkan otak. Selain dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, vitamin ini juga mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Beberapa contoh buah-buahan yang tinggi akan vitamin C, di antaranya buah-buahan sitrus (jeruk dan lemon), kiwi, tomat. hingga blueberry.

3. Telur

Selain kaya akan protein, telur juga mengandung beragam jenis vitamin B, seperti vitamin B6, b12, dan asam folat, yang bagus untuk kesehatan otak.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dapat membantu menunda penurunan kognitif dan mencegah penyusutan otak.

Itulah tahapan perkembangan otak anak dan cara menjaga kesehatannya yang perlu Anda ketahui. Mengenal tahapan-tahapan ini dapat membantu Anda untuk menunjang dan mendukung perkembangan otak anak, misalnya lewat stimulasi dan pemberian makanan yang baik untuk otak.

The Healthy
https://www.thehealthy.com/aging/mind-memory/brain-development/
Diakses 28 April

Research gate
https://www.researchgate.net/publication/47646160_The_Basics_of_Brain_Development
Diakses 28 April

Medical news today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324044#eggs
Diakses 28 April

Artikel Terkait