Susu UHT Boleh Saja untuk Ibu Hamil, Asalkan…


Tidak ada larangan mengonsumsi susu UHT untuk ibu hamil. Akan tetapi, nutrisinya mungkin saja tidak cukup memenuhi kebutuhan ibu hamil dan janin.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
susu uht untuk ibu hamilSusu UHT boleh saja untuk ibu hamil, selama tidak jadi minuman utama
Susu merupakan sumber nutrisi yang bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Meski begitu, tidak semua ibu menyukai susu khusus ibu hamil sehingga mencari alternatif lain. Salah satu pilihannya adalah susu UHT. Benarkah susu UHT untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Bolehkah susu UHT untuk ibu hamil?

Susu UHT (ultra high temperature) adalah susu yang telah diolah pada suhu tinggi.. Susu jenis ini bisa lebih tahan lama dari kerusakan (basi) dan terhindar dari kontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit dibandingkan proses pengolahan susu lainnya. Tidak ada larangan untuk ibu hamil minum susu UHT. Artinya, ibu hamil boleh saja minum susu UHT selama tidak menjadi minuman utama selama masa kehamilan. Pasalnya, proses pengolahan susu UHT yang menggunakan suhu tinggi dikaitkan dengan perubahan fisik dan kandungan gizi di dalamnya. Ini membuat susu UHT mungkin saja tidak mampu memberikan asupan yang optimal terhadap kebutuhan ibu hamil.Selain itu, susu UHT juga lebih umum diberikan kepada orang tanpa kondisi khusus. Kehamilan sendiri merupakan salah satu kondisi khusus. Pada masa ini, kebutuhan nutrisi Anda akan meningkat. Itu sebabnya, kandungan nutrisi pada susu UHT mungkin saja tidak cukup untuk memenuhi peningkatan kebutuhan nutrisi selama kehamilan.Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, ibu hamil disarankan untuk minum susu khusus ibu hamil. Sebab, susu jenis ini khusus diformulasikan sesuai dengan peningkatan kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Sebaliknya, ibu hamil tidak dianjurkan untuk minum susu mentah (raw milk) atau susu yang tidak dipasteurisasi. Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, FDA, menyatakan bahwa susu mentah tidak aman karena mengandung berbagai mikroorganisme pembawa penyakit, seperti Salmonella dan E.coli.BACA JUGA: Susu Pasteurisasi dan Susu UHT Ternyata Berbeda, Ini Penjelasannya

Susu yang disarankan selama kehamilan  

Sebuah penelitian dalam jurnal Food & Nutrition Research menyatakan bahwa konsumsi susu dalam jumlah yang tepat secara positif berkaitan dengan pertumbuhan janin dan berat badan lahir bayiUntuk itu, selain mengonsumsi makanan yang cukup, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi susu. Dibandingkan susu UHT, susu khusus untuk ibu hamil mengandung nutrisi yang lebih lengkap. Susu yang diformulasikan untuk ibu hamil biasanya tinggi akan kandungan protein, kalsium, fosfor, folat, kalium, yodium, vitamin B12, dan riboflavin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janinSelain susu untuk ibu hamil, susu pasteurisasi dan susu skim juga bisa dikonsumsi selama kehamilan. Susu pasteurisasi adalah susu yang telah diolah dengan suhu dan waktu tertentu untuk membunuh patogen berbahaya. Meski begitu, susu pasteurisasi tetap mengandung sedikit mikroorganisme yang bisa menyebabkan susu lebih mudah rusak. Itu sebabnya, penting untuk menyimpan susu jenis ini di lemari es, terutama jika kemasan sudah terbuka. Tidak ketinggalan, susu skim atau susu rendah lemak direkomendasikan sebagai bagian dari diet seimbang bagi ibu hamil. Terutama untuk mencegah kelebihan berat badan selama kehamilan yang bisa memicu risiko komplikasi. 

Catatan dari SehatQ 

Pada intinya, semua jenis susu yang telah diproses baik untuk kehamilan, selama ibu hamil tidak memiliki alergi atau kondisi tertentu. Namun, karena ada peningkatan kebutuhan nutrisi, susu biasa atau susu UHT saja tidak cukup untuk ibu hamil.Ibu hamil perlu konsumsi susu yang khusus diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin.Apabila Anda tidak menyukai susu khusus ibu hamil, susu skim dan pasteurisasi bisa juga jadi pilihan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait susu hamil yang sesuai untuk Anda dan bayi, termasuk jumlah yang harus dikonsumsi setiap harinya. Pasalnya, terlalu berlebihan konsumsi susu selama hamil juga bisa menyebabkan obesitas yang memicu komplikasi kehamilanSelain minum susu hamil, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil dan bernutrisi. Tak ketinggalan, Anda perlu melakukan olahraga untuk ibu hamil, menjaga kesehatan mental, dan konsumsi suplemen tambah darah bila perlu. Jika masih ada pertanyaan seputar susu UHT untuk ibu hamil atau jenis lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilperkembangan janinmakanan untuk hamil
Foods. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8227235/
Diakses pada 10 November 2021
Food & Nutrition Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3505908/
Diakses pada 10 November 2021
FDA. https://www.fda.gov/food/buy-store-serve-safe-food/raw-milk-questions-answers
Diakses pada 10 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait