Susu Penggemuk untuk Ibu Menyusui, Apakah Anda Membutuhkannya?


Susu penggemuk untuk ibu menyusui mengandung kaya akan protein, lemak, dan karbohidrat serta tinggi kalori. Namun, pastikan minuman ini hanya sebagai pelengkap asupan nutrisi harian.

(0)
Susu penggemuk untuk ibu menyusui berguna sebagai pelengkap nutrisiSusu penggemuk untuk ibu menyusui hanya berguna sebagai pelengkap nutrisi
Susu penggemuk untuk ibu menyusui banyak dicari sebagai menjadi solusi bagi wanita yang berat badannya turun drastis setelah melahirkan. Bukan tanpa alasan, karena menyusui itu sendiri mampu membakar kalori sebanyak 500-700 kkal setiap hari. Belum menghitung kalori yang dibakar dari merawat bayi dan selama masa pemulihan.Oleh karena itu, tak jarang ibu merasa lebih kurus saat menyusui.Lantas, apa saja kandungan yang harus ada pada susu ibu menyusui yang bikin gemuk?

Kandungan susu penggemuk untuk ibu menyusui

Susu penggemuk terbukti tinggi kalori
Susu penggemuk terbukti tinggi kalori
Dibandingkan dengan susu sapi dengan lemak biasa, susu ibu menyusui ini memang memiliki kalori yang lebih tinggi. Terlebih, kadar lemak, karbohidrat, serta proteinnya pun juga lebih banyak daripada susu sapi biasa meskipun takaran penyajiannya sama.Inilah daftar kandungan nutrisi dalam satu gelas susu penggemuk untuk ibu menyusui:
  • Kalori: 200 kkal
  • Karbohidrat: 26 gram
  • Lemak: 22 gram
  • Protein: 15 gram
Sementara itu, simak gizi yang terkandung di dalam satu gelas susu sapi segar:
  • Kalori: 149 kkal
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Lemak: 7,9 gram
  • Protein: 7,7 gram
Inilah penjelasan lebih lanjut terkait masing-masing kandungan pada susu ibu menyusui yang bikin gemuk:

1. Kalori

Segelas susu penggemuk untuk ibu menyusui mengandung 200 kkal
Segelas susu penggemuk untuk ibu menyusui mengandung 200 kkal
Pada dasarnya, ibu menyusui membutuhkan kalori tambahan sebanyak 500 kkal. Hal ini pun diungkapkan pada riset yang diterbitkan Nutrients.Cara yang paling mendasar untuk menambah berat badan adalah menambah asupan kalori sebanyak 250-500 kkal per hari. Kalori adalah energi yang dilepaskan ketika tubuh mencerna dan menyerap makanan. Semakin banyak kalori yang dikonsumsi, maka semakin banyak tubuh menghasilkan energi. Tubuh juga menyimpan cadangan energi sebagai lemak.Oleh karena itu, carilah susu penggemuk untuk ibu menyusui yang tinggi kalori.

2. Karbohidrat

Susu penggemuk untuk ibu menyusui tinggi karbohidrat
Susu penggemuk untuk ibu menyusui tinggi karbohidrat
Menurut riset dari European Journal of Clinical Nutrition, karbohidrat merupakan makronutrien yang mampu menyediakan energi bagi tubuh.Apabila energi tersebut tidak digunakan, sisanya juga akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak sehingga meningkatkan berat badan. Diketahui, dalam satu gram karbohidrat, ada 4 kkal energi yang diproduksi.Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian dari Kementerian Kesehatan, ibu menyusui harus memenuhi asupan karbohidrat sebanyak 385 hingga 405 gram saat menyusui 6 bulan pertama.Sementara saat 6 bulan kedua menyusui, asupan karbohidrat harus ditingkatkan menjadi 395 hingga 415 gram per hari.

3. Protein

Protein kandungan yang ada pada susu penggemuk
Protein kandungan yang ada pada susu penggemuk
Ibu menyusui harus memenuhi asupan protein sebanyak 75 hingga 80 gram dalam sehari. Maka itu, Susu penggemuk untuk ibu menyusui juga harus mengandung protein tinggi.Sebagai perbandingan, 1 gram protein dapat menambah asupan kalori harian tubuh sebanyak 4 kkal.Tidak hanya menggemukkan badan, protein dari susu penggemuk untuk ibu menyusui pun berguna untuk menambah kekuatan dan massa otot. Hal ini telah dibuktikan oleh riset dari Nutrients dan Journal of the International Society of Sports Nutrition.Terlebih, massa otot akan bertambah lebih optimal apabila diiringi dengan aktivitas fisik yang memadai.Apabila massa otot bertambah, berat badan ibu menyusui pun meningkat.

4. Lemak

Lemak pada susu penggemuk mampu menambah kalori
Lemak pada susu penggemuk mampu menambah kalori
Berdasarkan penjelasan sebelumnya, lemak bisa didapat dari sisa kalori yang disimpan dalam tubuh. Meski demikian, ibu menyusui masih perlu mendapatkan asupan nutrisi yang mengandung lemak sehat. Beda dengan protein dan karbohidrat, 1 gram lemak mampu menambah asupan kalori sebesar 9 kkal.Saat menyusui, ibu dianjurkan untuk menambah asupan lemak sebanyak 2,2 gram. Oleh karena itu, agar konsumsi lemak harian terpenuhi, ibu menyusui harus mendapatkan asupan lemak sebanyak 62,2 hingga 67,2 gram.

Menilik efektivitas susu penggemuk untuk ibu menyusui

Pastikan susu penggemuk hanya sebagai pelengkap nutrisi harian
Pastikan susu penggemuk hanya sebagai pelengkap nutrisi harian
Sebenarnya, hal terpenting dari menambah berat badan adalah dengan menambah asupan kalori. Maka, susu ibu menyusui yang bikin gemuk bisa jadi cara agar kalori yang dikonsumsi meningkat.Namun, perlu diingat, susu ibu menyusui yang bikin gemuk hanyalah berperan sebagai suplemen. Sifatnya hanya melengkapi kebutuhan nutrisi, bukan sebagai sumber makanan utama dan satu-satunya.Anda sebaiknya tetap mendapatkan nutrisi utama dari makanan sehat agar kebutuhan lemak, protein, karbohidrat, serta vitamin untuk ibu menyusui tetap memadai. Dengan begitu, Anda bisa menggemukkan badan dengan cara yang lebih sehat dan aman.Bila Anda ingin mulai minum susu penggemuk untuk ibu menyusui, pastikan Anda menambah asupan kalori harian sebanyak 300 hingga 500 kkal secara bertahap.Ibu menyusui harus memenuhi asupan kalori sebanyak 2.480 hingga 2580 kkal dalam sehari pada 6 bulan pertama. Sementara, untuk 6 bulan kedua, ibu menyusui harus mengonsumsi asupan kalori sebanyak 2.550 hingga 2.650 kkal.Mengingat segelas susu ibu menyusui yang bikin gemuk mengandung 200 kkal, pastikan Anda menyesuaikan sajiannya agar asupan kalori Anda tidak lebih dari 2.580-2.650 kkal dalam sehari.

Cara lain menambah berat badan saat menyusui

Olahraga latihan beban mampu membantu meningkatkan berat badan ibu menyusui
Olahraga latihan beban mampu membantu meningkatkan berat badan ibu menyusui
Susu penggemuk untuk ibu menyusui bukanlah satu-satunya cara untuk menambah berat badan saat menyusui. Ada pula kiat-kiat yang bisa Anda lakukan agar jarum di timbangan bergerak ke arah kanan.Simak cara agar bertambah gemuk saat menyusui berikut ini:
  • Makan setidaknya sebanyak tiga kali sehari.
  • Saat jeda waktu makan, tambahkan makanan untuk ibu menyusui berupa cemilan.
  • Jangan minum air putih sebelum makan agar perut tidak terasa penuh sehingga asupan makanan lebih sedikit.
  • Tambahkan lemak tambahan yang tergolong lemak sehat, seperti zaitun, minyak alpukat, atau canola oil pada sayuran Anda.
  • Olahraga latihan beban setidaknya sekali seminggu agar meningkatkan massa otot tanpa lemak.
Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ apabila Anda ingin memulai minum susu penggemuk. Dokter akan memberikan anjuran apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak.Kunjungi Toko SehatQ untuk mendapatkan penawaran menarik terkait susu penggemuk ibu menyusui dan kebutuhan ibu lainnya di rumah.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
bayi & menyusuimenyusuimakanan ibu menyusuiibu menyusui
La Leche League. https://www.llli.org/breastfeeding-info/weight-loss-mothers/ Diakses pada 26 Januari 2021
Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/healthyweight/assessing/bmi/adult_bmi/index.html Diakses pada 26 Januari 2021
My Fitness Pal. https://www.myfitnesspal.com/food/calories/539696882 Diakses pada 26 Januari 2021
My Food Data. https://tools.myfooddata.com/nutrition-facts/171265/wt1/1 Diakses pada 26 Januari 2021

Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6520964/ Diakses pada 26 Januari 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/409255-how-to-gain-weight-by-drinking-fat-milk/ Diakses pada 26 Januari 2021Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/4182-fat-and-calories Diakses pada 26 Januari 2021European Journal of Clinical Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17992188/ Diakses pada 26 Januari 2021Kementerian Kesehatan. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf Diakses pada 26 Januari 2021Journal of the International Society of Sports Nutrition. https://jissn.biomedcentral.com/articles/10.1186/1550-2783-5-17 Diakses pada 26 Januari 2021Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6566799/ Diakses pada 26 Januari 2021Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight Diakses pada 26 Januari 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321982 Diakses pada 26 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait