6 Kandungan Ini Harus Ada pada Susu Penambah Berat Badan Anak

(0)
Susu penambah berat badan anak yng bagus mengandung protein dan omega-6Susu penambah berat badan anak berguna untuk menambah asupan kalori
Susu penambah berat badan anak sering jadi belanjaan wajib para orangtua. Sebab, ada anggapan bahwa anak yang gemuk adalah anak yang sehat.Namun, perlukah setiap anak minum susu penggemuk badan?

Susu penambah berat badan anak, perlukah dikonsumsi?

Sebenarnya tidak semua anak yang membutuhkan susu penambah berat badan.Sebab, anggapan "anak yang sehat adalah yang gemuk" tidaklah tepat. Anggapan kuno ini malah dapat menyebabkan anak mengalami obesitas, yang berbahaya bagi kesehatannya.Susu penggemuk badan sebaiknya hanya diberikan untuk anak-anak yang berat badannya kurang dan sangat kurang (sangat kurus). Nah untuk mengetahui apakah berat badan anak Anda sudah ideal atau belum, berikut standar rata-rata yang telah dibuat oleh World Health Organization (WHO) berdasarkan jenis kelamin dan usia dari 0 hingga 12 bulan:
Berat badan ideal anak usia 0-12 bulan
Perlu dipahami bahwa pada usia ini, jika berat badan anak 1-2 kg lebih rendah atau lebih tinggi, anak Anda masih dianggap normal.Sementara itu, berikut berat badan anak-anak usia 1 hingga 5 tahun berdasarkan jenis kelaminnya:
Berat badan ideal usia 1-5 tahun
Jika berat badan balita Anda 2-3 kg lebih rendah atau lebih tinggi, hal ini masih terhitung wajar dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan WHO.Sementara itu, patokan berat badan ideal anak laki-laki dan perempuan usia 6 hingga 12 tahun dihitung berdasarkan tinggi badan.
Berat badan ideal anak 6-12 tahun

Kandungan susu penambah berat badan anak

Agar mampu meningkatkan berat badan, susu penggemuk badan anak haruslah mengandung:

1. Protein

Susu berprotein meningkatkan massa otot anak
Susu penambah berat badan anak harus mengandung protein. Protein memengaruhi pertumbuhan dan kekuatan otot.Hal ini disampaikan pada penelitian yang diterbitkan pada Journal of the International Society of Sports Nutrition yang menunjukkan, konsumsi protein juga meningkatkan massa otot.Jika massa otot meningkat, massa tubuh pun ikut naik. Massa tubuh yang tinggi inilah yang membuat badan bertambah berat.Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), protein yang dibutuhkan pada anak usia 1 hingga 12 tahun dalam sehari berkisar di angka 20 hingga 55 gram. Namun, perlu diingat, protein pada susu penambah berat badan anak bukanlah sumber utama protein harian anak.Pastikan anak mendapatkan asupan protein dari makanan terlebih dahulu. Susu penambah berat badan anak berfungsi untuk melengkapi kebutuhan harian protein si kecil.

2. Karbohidrat

Minum susu dengan karbohidrat bantu tambah berat badan anak
Karbohidrat pada susu penambah berat badan anak mampu menyediakan tambahan kalori pada asupan gizi harian.Jika kalori pada konsumsi harian meningkat, maka berat badan pun bertambah. Kalori sebenarnya adalah jumlah energi yang dilepaskan tubuh saat mencerna dan menyerap makanan.Semakin banyak kalori yang terkandung pada konsumsi harian, semakin banyak pula energi yang diberikan tubuh. Saat mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan, tubuh pun menyimpan sisanya dalam bentuk lemak tubuh.Diketahui per satu gram karbohidrat, ada 4 kkal energi yang dihasilkan. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, anak usia 1 hingga 12 tahun dianjurkan mengonsumsi karbohidrat sebanyak 215 gram hingga 300 gram setiap hari.

3. Omega-6

Omega-6 memberikan lemak sehat untuk tubuh anak
Omega-6 kerap ditemukan pada susu formula penggemuk berat badan anak. Biasanya, omega-6 yang ditemukan pada produk susu adalah Arachidonic acid (AA).Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Multidisciplinary Digital Publishing Institute Nutrients menunjukkan, asam omega-6 pada susu penambah berat badan anak meningkatkan massa lemak sehat dalam tubuh. Riset ini juga memaparkan kandungan omega-6 yang terkandung dalam darah berpengaruh terhadap peningkatan berat badan.Guna memenuhi kebutuhan harian omega-6 pada anak, Kementerian Kesehatan menetapkan asupan omega-6 di usia 1 hingga 12 tahun sebesar 7-12 gram per hari.

4. Kalsium dan vitamin D

Susu dengan vitamin D membantu penyerapan kalsium
Kalsium merupakan salah satu mineral penyusun tulang. Selain itu, kalsium juga mempertahankan kekuatan tulang. Namun, kalsium mampu bekerja dengan optimal jika tubuh memiliki kadar vitamin D yang mencukupi.Jadi, vitamin D juga harus ada pada susu penambah berat badan anak. Hal ini bertujuan agar mampu menyerap kalsium dan mineral lainnya yang berguna untuk menambah kepadatan mineral pada tulang.Riset yang diungkap pada jurnal Bone Reports menunjukkan, vitamin D3 pada susu penggemuk badan anak membuat tulang menjadi lebih keras dan kuat sehingga massa tulang pun bertambah.Maka itu, cukupi asupan vitamin D harian untuk buah hati Anda. Jika menengok Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian yang ditetapkan Kemenkes, penuhi konsumsi nutrisi vitamin D sebesar 15 mcg di setiap harinya. Sementara, dapatkan asupan kalsium harian sebesar 650 mg hingga 1200 mg untuk anak usia 1 hingga 12 tahun.

Cara menyajikan susu penambah berat badan anak

Batasi konsumsi susu agar tidak melebihi 2000 kkal dalam sehari
Saat anak mengalami kekurangan berat badan, susu penambah berat badan pun bisa jadi pilihan. Namun jika tidak berhati-hati dalam menakar "dosis"nya, susu penggemuk justru dapat menyebabkan anak obesitas.Lantas, bagaimana cara penyajian susu penambah berat badan anak agar tidak berlebihan?Untuk meningkatkan kalori harian dengan susu secara aman, sebaiknya dilakukan dengan perlahan, yakni dengan menambahkan 300 hingga 500 kkal per hari. Sementara, satu sajian susu penggemuk badan anak mengandung 200 kkal.Dalam sehari, kebutuhan kalori anak sebesar 1000 kkal hingga 2000 kkal. Untuk itu, sesuaikan konsumsi susu harian agar tidak melebihi 2000 kkal. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko obesitas akibat kelebihan asupan kalori harian.Perlu diingat, kalori juga didapat dari makanan. Konsumsi susu penggemuk badan anak hanya untuk melengkapi nutrisi yang didapat pada makanan.

Catatan dari SehatQ

Susu penggemuk berat badan hanya aman dikonsumsi jika berat badan anak kurang dan sangat kurang. Kandungan susu penggemuk badan anak pun berfungsi untuk menambah asupan kalori dan meningkatkan massa otot, tulang, maupun lemak pada tubuh.Pastikan sajiannya tidak melebihi kalori harian agar anak terhindar dari obesitas. Jangan lupa tingkatkan konsumsi makanan yang bergizi lengkap. Susu penambah berat badan berguna untuk melengkapi asupan harian saja.Jika masih ragu mengenai aturan pemberian susu untuk anak, Anda bisa konsultasikan langsung dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
gizi anakmenggemukkan badansusu formula
World Health Organization. https://www.who.int/topics/obesity/en/ (Diakses pada 18 September 2020)World Health Organization. https://www.who.int/childgrowth/standards/weight_for_age/en/ (Diakses pada 18 September 2020)Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/growthcharts/html_charts/wtage.htm (Diakses pada 18 September 2020)Journal of the International Society of Sports Nutrition. https://jissn.biomedcentral.com/articles/10.1186/1550-2783-5-17 (Diakses pada 18 September 2020)Kementerian kesehatan. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf (Diakses pada 18 September 2020)Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/4182-fat-and-caloriesMultidisciplinary Digital Publishing Institute Nutrients. (Diakses pada 18 September 2020)https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4808858/Endocrine Web. https://www.endocrineweb.com/conditions/osteoporosis/role-calcium-vitamin-d-bone-health (Diakses pada 18 September 2020)Multidisciplinary Digital Publishing Institute. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3257679/ (Diakses pada 18 September 2020)Bone Reports. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5365305/ (Diakses pada 18 September 2020)Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight (Diakses pada 18 September 2020)My Fitness Pal. https://www.myfitnesspal.com/food/calories/539696882 (Diakses pada 18 September 2020)U.S Department of Health and Human Service. https://health.gov/our-work/food-nutrition/2015-2020-dietary-guidelines/guidelines/appendix-2/ (Diakses pada 18 September 2020)
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait