Susu Non fat, Benarkah Baik untuk Pengidap Diabetes?


Susu non fat adalah susu dengan kandungan lemak yang sudah dikurangi hingga kurang dari 0,5%. Susu ini pun dinilai baik untuk diabetes karena rendah kalori dan karbohidrat.

(0)
07 Jan 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Susu non fat untuk pengidap diabetes dianggap lebih sehatSusu non fat dianggap lebih baik dibanding susu jenis lain, terutama untuk pengidap diabetes
Susu non fat adalah susu yang sudah dihilangkan kandungan lemaknya. Sering diklaim sebagai jenis yang lebih sehat, susu ini lantas banyak dipilih orang-orang yang sedang mencoba menjaga pola makan, termasuk para pengidap diabetes.Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang menyehatkan untuk tubuh. Namun karena susu sapi biasa yang dikonsumsi mengandung karbohidrat, para pengidap diabetes umumnya disarakan untuk membatasinya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, kalsium dalam susu penting untuk menjaga kesehatan tulang dan diabetes akan membuat pengidapnya lebih berisiko mengalami kerusakan tulang.

Benarkah susu non fat baik untuk pengidap diabetes?

Susu non fat disebut baik untuk pengidap diabetes
Susu non fat dianggap lebih baik untuk pengidap diabetes dibanding susu biasa
Secara umum, susu adalah asupan yang menyehatkan. Namun pada pengidap diabetes, perlu ingat bahwa tidak semua jenis susu baik untuk kadar gula darah di tubuh.Susu mengandung mineral yang menyehatkan untuk tulang, yaitu kalsium dan protein. Namun di sisi lain, minuman ini juga mengandung lemak, karbohidrat, dan gula yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Apabila Anda adalah pengidap diabetes dan ingin minum susu, maka kandungan yang harus diperhatikan selain kadar gulanya adalah kadar karbohidratnya. Untuk setiap jenis susu yang Anda pilih, perhatikan agar jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi per sekali makan ditambah dengan minum susu, tidak lebih dari 45-60 gram.Jika Anda ingin mencari jenis susu yang hampir tidak mengandung karbohidrat sama sekali, maka susu almond dan susu yang terbuat dari flaxseed bisa menjadi pilihan. Sementara itu, apabila masih tetap ingin mengonsumsi susu sapi tapi tetap berusaha menghindari lemak, karbohidrat, maupun gula berlebih yang dapat diberikan susu, maka mengonsumsi susu non fat bisa menjadi pilihan.Namun perlu diingat bahwa asupan dengan label low fat dan non fat akan lebih cepat diserap oleh tubuh. Hal ini membuatnya lebih berisiko menaikan kadar gula darah setelah makan. Oleh karena itu, sebelum menentukan jenis susu yang paling baik sesuai kondisi diabetes yang Anda miliki, pastikan mengukur kadar gula darah secara teratur untuk melihat jenis susu yang tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah paling tinggi.Baca Juga: Jenis Makanan yang Baik dan Aman untuk Penderita Diabetes

Fakta tentang susu non fat yang perlu Anda tahu

Susu non fat adalah susu rendah lemak yang sehat
Susu non fat memiliki beberapa kelebihan
Meski susu non fat bukan satu-satunya pilihan terbaik untuk pengidap diabetes, jenis susu ini tetap memiliki beberapa keunggulan, seperti:

• Rendah kalori

Susu non fat juga sering disebut sebagai susu skim. Meski tidak sepenuhnya terbebas dari lemak, tapi jenis susu ini memiliki kandungan lemak paling sedikit di antara semua jenis susu sapi, yaitu hanya kurang dari 0,5%.Karena kandungan lemaknya yang sangat rendah, susu ini juga rendah kalori. Sebagai contoh, dalam satu gelas susu sapi biasa, terdapat tambahan 63 kalori jika dibandingkan dengan susu non fat.Oleh karena itu, untuk orang-orang yang sedang membatasi asupan kalori untuk menurunkan berat badan ataupun mengubah gaya hidup, susu non fat dapat dijadikan pilihan yang baik.

• Tetap mengandung vitamin dan mineral yang sama dengan susu biasa

Menghilangkan kandungan lemak di susu tidak membuat mineral dan vitaminnya berkurang. Vitamin A dan D pada susu memang akan hilang saat lemak di dalamnya dihilangkan. Namun pada produk susu non fat, kedua vitamin ini akan ditambahkan oleh produsen untuk menjaga kadar nutrisinya.Susu tanpa lemak ini juga tetap mengandung protein yang sama dengan susu biasa. Bahkan, kandungan kalsiumnya lebih tinggi dibanding susu dengan kadar lemak yang masih asli.Dalam satu gelas susu skim, terdapat sekitar 300 mg kalsium, sedangkan susu biasa mengandung 276 mg kalsium. Susu non fat adalah pilihan yang lebih sehat dibanding susu biasa untuk para pengidap diabetes. Namun, hal ini juga masih tergantung dari kondisi tubuh masing-masing dan juga cara mengonsumsinya.Jika Anda mengonsumsi susu non fat tapi memilih yang mengandung berbagai rasa dan gula tambahan, maka kadar gula darah tetap saja akan naik. Untuk bisa mengetahui efek dari konsumsi susu non fat, para pengidap diabetes perlu mengukur kadar gula darah secara teratur. Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang manfaat susu non fat atau seputar makanan maupun minuman yang sehat untuk pengidap diabetes, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
minuman proteinsusususu formula
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/whole-vs-skim-milk
Diakses pada 30 Desember 2020
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/skinny-skim-milk.html
Diakses pada 30 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/diabetes/best-milk-for-diabetics
Diakses pada 30 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311107
Diakses pada 30 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait