Susu Jahe, Salah Satu Minuman Khas Indonesia yang Menyehatkan

Susu jahe punya banyak manfaat yang jarang diketahui banyak orang
Susu jahe mudah dijumpai di kota-kota besar Indonesia

Susu jahe merupakan salah satu minuman yang familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Minuman yang umumnya disajikan dalam kondisi hangat ini bisa ditemukan di warung kopi hingga warung makanan di pinggir jalan.

Selain nikmat diminum ketika cuaca dingin, susu jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Susu jahe diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah risiko penyakit jantung. Benarkah demikian?

Manfaat susu jahe bagi kesehatan

Anda dapat menggunakan bermacam jenis jahe untuk memperoleh khasiat dari minuman ini. Dengan catatan, susu yang digunakan bukanlah susu kental manis ataupun susu olahan, melainkan susu organik (susu sapi murni).

Sejumlah penelitian mengungkapkan kandungan nutrisi penting dalam susu organik, seperti omega-3, zat besi, dan vitamin E, jauh lebih terjaga ketimbang susu olahan dan susu kental manis. Deretan nutrisi tersebut berperan penting memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mencampurkan susu organik dan jahe pun dapat memberikan Anda manfaat kesehatan yang optimal. Lantas apa saja manfaat susu jahe bagi kesehatan?

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat susu jahe adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Susu organik yang digunakan memiliki kandungan nutrisi, seperti omega-3, kalsium, fosfor, vitamin A, riboflavin, vitamin B12, protein, kalium, seng, kolin, magnesium, hingga selenium.

Beberapa dari nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mengurangi risiko terserang berbagai jenis penyakit.

Fungsi ini kian optimal dengan kehadiran jahe yang mengandung senyawa bioaktif gingerol. Senyawa ini memiliki efek antiperadangan dan antioksidan yang besar sehingga dapat mencegah berbagai penyakit.

2. Mencegah kanker

Susu jahe dianggap dapat mencegah risiko penyakit kanker. Kandungan omega-3 yang terkandung dalam susu organik dipercaya dapat mengurangi penyebaran sel radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, susu organik juga mengandung kalsium yang berperan penting dalam mengurangi risiko kanker usus besar dan rektum.

Fungsi ini kian optimal dengan kehadiran jahe. Tanaman herbal ini mengandung komponen 6-gingerol yang berfungsi sebagai zat antikanker.

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler

Kandungan kalium yang tinggi di dalam susu organik dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah sehingga turut mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, seperti stroke dan penyakit jantung.

Fungsi ini didukung dengan kehadiran jahe yang menurut beberapa penelitian, dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida secara signifikan dalam tubuh.

Hasil temuan sebuah studi lainnya juga menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL layaknya obat penurun kolesterol atorvastatin.

4. Menjaga otot dan sendi

Selain mengandung asam amino esensial yang membantu pertumbuhan otot, susu organik juga mengandung lemak jenuh. Lemak ini dapat mencegah penyusutan massa otot akibat digunakan sebagai energi..

Khusus untuk jahe, menurut sebuah penelitian, olahan tanaman herbal ini (dalam bentuk ekstrak jahe) mampu berkontribusi dalam meredakan nyeri sendi akibat osteoarthritis.

5. Meningkatkan fungsi otak

Minuman susu jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi yang dalam International Dairy Journal menyebut kandungan nutrisi dalam susu berperan penting meningkatkan fungsi otak dan mencegah penurunan fungsi otak seperti pikun.

Fungsi tersebut juga didukung dengan kehadiran jahe. Melalui kandungan antioksidannya, jahe dipercaya dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan kronis, yang dapat mempercepat proses penuaan.

Rutin minum susu jahe meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak, seperti Alzheimer.

Cara membuat minuman susu jahe

Tidak sulit meracik minuman susu jahe. Anda hanya perlu menyiapkan segelas susu organik dan beberapa potong jahe.

Sebelum dicampurkan, bakar terlebih dahulu jahe di atas kompor selama beberapa menit. Setelah itu, tumbuk jahe dan masukkan ke dalam segelas susu organik.

Rebus campuran susu organik dan jahe terlebih dahulu hingga hangat, tidak perlu sampai mendidih. Segelas minuman susu jahe pun siap diseruput. Selamat mencoba!

Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-ginger#section11
Diakses pada 2 April 2020

Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451#osteoarthritis
Diakses pada 2 April 2020

Organic Facts
https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/organic-milk.html
Diakses pada 2 April 2020

NHS
https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/organic-milk-is-healthier-than-conventional-milk-study-says/
Diakses pada 2 April 2020

Milklife
https://milklife.com/articles/nutrition/glass-milk-day-could-benefit-your-brain
Diakses pada 2 April 2020

Artikel Terkait