Susu Formula untuk Bayi Agar Cepat Gemuk, Apa Kandungannya?


Susu formula untuk bayi agar cepat gemuk sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, dan omega 6. Cara membuat bayi gemuk dengan susu formula adalah dengan memberikannya secara rutin dan tepat waktu.

(0)
Susu formula untuk bayi agar cepat gemuk disajikan di botol sehingga mudah diminumSusu formula untuk bayi agar cepat gemuk disajikan di botol sehingga mudah dikonsumsi bayi
Susu formula susu formula untuk bayi agar cepat gemuk kerap dipilih orang tua sebagai solusi. Tak jarang, demi bayi terlihat montok, pengenalan susu formula pada bayi pun dilakukan.Sayangnya, sufor ini juga tak jarang dituding menjadi penyebab bayi mengalami berat badan berlebih.Sebaliknya, ASI disebut dapat mengurangi risiko kelebihan berat badan dan obesitas pada anak. Lantas, seperti apa fakta mengenai susu formula untuk bayi dan ASI bagi tumbuh kembang bayi?

ASI vs susu formula, manakah susu bayi yang bikin gemuk?

Ternyata, ada penjelasan di balik anggapan kemampuan susu formula sebagai susu bayi yang bikin gemuk.Selain kandungan nutrisi di dalamnya, susu formula untuk bayi agar cepat gemuk pun mampu meningkatkan nafsu makan bayi.

1. Susu formula lebih mudah dikonsumsi bayi

Pemberian susu formula di dalam botol memudahkan bayi minum sehingga asupan nutrisinya mampu menyebabkan bayi gemuk
Bayi cenderung lebih mudah mengonsumsi susu formula yang diseduh dan ditempatkan di botol susu.Akibatnya, bayi berisiko mengonsumsi lebih banyak susu dibandingkan dengan takaran yang sebenarnya ia butuhkan.Selain itu, kebanyakan mengonsumsi susu formula juga dapat menambah nafsu makan bayi sehingga menyebabkan mengalami kelebihan berat badan.Sementara itu, bayi yang mengonsumsi ASI harus bekerja keras untuk dapat memperoleh asupan ASI.ASI yang diperoleh dari aktivitas mengisap payudara ibu juga menyebabkan bayi lebih dapat mengontrol nafsu makannya.

2. Kandungan susu formula meningkatkan nafsu makan bayi

Susu formula bayi mampu meningkatkan nafsu makan
Kandungan susu formula untuk bayi agar cepat gemuk terbukti mengurangi produksi leptin di dalam tubuh. Leptin merupakan hormon yang mengontrol nafsu makan.Saat kandungan leptin berkurang, bayi akan mengonsumsi makanan secara berlebih hingga menyebabkan kelebihan berat badan, bahkan obesitas.Sementara itu, ASI mengandung hormon khusus yang dapat menyeimbangkan proses fisiologis di dalam tubuh.Hal ini menyebabkan penyebaran energi di dalam tubuh bayi merata dan menghindari kelebihan berat badan.

3. Susu formula mengandung begitu banyak protein kasein

Susu formula bayi yang bikin gemuk mengandung 70% protein kasein yang begitu sulit dicerna oleh usus bayi.Hal ini menyebabkan bertambahnya berat badan. Karena hal inilah, susu formula dianggap sebagai susu bayi yang bikin gemuk.Selain itu, kandungan protein tinggi pada susu formula bayi yang bikin gemuk dapat melepaskan hormon insulin yang menyebabkan penumpukan lemak pada bayi.Lain halnya dari susu formula, ASI mengandung begitu banyak protein whey. Protein ini mudah dicerna usus bayi dan mencegah risiko kelebihan berat badan.

Cara membuat bayi gemuk dengan susu formula

Agar meningkatkan berat badan bayi, susu formula untuk bayi agar cepat gemuk pun harus diberikan dengan tepat.Untuk itu, inilah cara membuat bayi gemuk dengan susu formula yang tepat:

1. Gunakan susu formula yang cocok

Pilih susu yang tidak sebabkan alergi ataupun intoleransi laktosa agar pemberian sufor lancar
Pilih susu formula yang tidak menyebabkan bayi mengalami alergi susu maupun intoleransi laktosa.Hal ini justru menyebabkan pemberian susu formula bayi yang bikin gemuk pun terhambat. Oleh karena itu, kenaikan berat badan pun tidak signifikan.

2. Perhatikan komposisi susu formula

Perhatikan komposisi pada susu formula yang mampu membuat bayi gemuk
Susu formula untuk bayi agar cepat gemuk pun harus mengandung nutrisi tertentu. Kandungan gizi tersebut nantinya bekerja langsung dalam menambah berat badan.Kandungan nutrisi pada susu formula bayi yang bikin gemuk biasanya mengandung protein, karbohidrat, dan omega-6.Karbohidrat terbukti asupan kalori yang akan disimpan dalam bentuk lemak.Sementara, protein berguna untuk menambah pertumbuhan dan massa otot. Hal ini pun dibuktikan pada riset dari Journal of the International Society of Sports Nutrition.Omega-6 pun berguna untuk menambah massa lemak sehat pada tubuh. Hal ini juga memengaruhi berat badan bayi. Ini pun dipaparkan pada studi dari Nutrients.Biasanya, omega-6 yang digunakan pada susu formula untuk bayi agar cepat gemuk adalah arachidonic acid (AA).

3. Pastikan pemberian jadwal teratur

Berikan susu formula dengan rutin agar mampu menaikkan berat badan dengan optimal
Agar susu formula untuk bayi agar cepat gemuk bekerja dengan optimal, berikan susu formula dengan rutin.Anda bisa memberikan di waktu yang tepat, misalnya pada siang hari dan malam hari dengan jam tertentu.Jangan sampai terlambat memberikan asupan susu formula untuk bayi agar cepat gemuk untuk Si Kecil.

4. Pastikan bayi kenyang

Perhatikan tanda bayi kenyang agar pemberian susu formula agar bayi gemuk tidak terhambat
Bila bayi belum kenyang, maka jumlah pemberian susu formula untuk bayi agar cepat gemuk belum memenuhi kebutuhannya.Untuk itu, Anda harus memerhatikan tanda bayi kenyang agar nutrisi di dalam susu formula bayi yang bikin gemuk bisa terserap dengan optimal.

5. Perhatikan tanda bayi lapar

Bayi rewel adalah salah satu tanda lapar sehingga harus diberi susu formula segera
Jika bayi menangis, tidak nyaman, dan rewel, itu adalah salah satu tanda bayi lapar.Apabila bayi lapar hingga menangis, ususnya akan bekerja lebih keras untuk mengolah nutrisi dari susu formula untuk bayi agar cepat gemuk.Oleh karena itu, penyerapan kandungan nutrisi dari susu formula bayi yang bikin gemuk pun dapat terganggu.Selain itu, inilah cara membuat bayi gemuk dengan susu formula lainnya:
  • Berikan susu dengan suhu yang tepat agar bayi segera minum dengan tepat waktu.
  • Gendong bayi saat minum susu agar ia merasa nyaman dan tidak menunda minum susu.
  • Takar jumlah susu formula dengan tepat agar berat badan tercukupi, tetapi tidak berlebihan sehingga berisiko alami obesitas.
  • Hanya berikan minuman pendamping berupa susu formula.

Hal yang harus diperhatikan saat memilih susu formula

Saat memilih susu formula untuk bayi agar cepat gemuk, Anda harus memerhatikan kandungannya.Selain harus memiliki nutrisi berupa protein, karbohidrat, dan omega-6, Anda juga harus memerhatikan jenis protein yang terkandung.Sebaiknya, berikan susu formula untuk bayi 0-6 bulan agar cepat gemuk dengan kadar protein kasein yang lebih rendah.Sebab, riset dari Paediatrics Child Health menemukan, kadar kasein yang tinggi akan menimbulkan endapan yang sulit dicerna.Namun, Anda bisa memberikan susu formula untuk bayi 6-12 bulan agar cepat gemuk dengan kandungan protein kasein dan whey. Namun, pastikan jika Si Kecil tidak alergi terhadap protein susu tersebut.

Kehebatan ASI untuk Si Kecil

ASI mampu meningkatkan kualitas kecerdasan bayi
Bukan tanpa sebab, beragam kandungan penting di dalam ASI memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi, termasuk meningkatkan imunitas, mencegah berbagai penyakit, dan meningkatkan kognitif anak.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

ASI mengandung antibodi, terutama imunoglobulin A yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Si Kecil dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

2. Mencegah berbagai penyakit

Anak yang mendapatkan ASI eksklusif, memiliki risiko lebih minim tertular berbagai penyakit.Kandungan nutrisi dalam ASI mencegah terjadinya risiko penyakit pada anak seperti infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, pilek, sindrom kematian bayi mendadak, radang usus, penyakit Celiac, leukimia, hingga diabetes.

3. Meningkatkan kognitif anak

ASI juga berperan penting dalam meningkatkan perkembangan otak anak. Anak yang mendapat ASI eksklusif hingga usia 3 tahun disebut memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik daripada yang mendapatkannya selama kurang dari jangka waktu tersebut.

Manfaat pemberian ASI untuk ibu

Pemberian ASI mampu turunkan berat badan ibu
Tak hanya bermanfaat untuk Si Kecil, pemberian ASI juga memiliki dampak positif bagi sang ibu, termasuk dalam mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan, menurunkan berat badan, mencegah depresi, serta mencegah kanker payudara dan kanker ovarium.

1. Mempercepat proses pemulihan

Saat tengah menyusui, tubuh akan memproduksi hormon oksitosin yang membantu mempercepat proses pemulihan wanita pascamelahirkan.
Hormon oksitosin berperan penting mengembalikan fungsi rahim dan membantu rahim kembali ke ukuran normal.

2. Menurunkan berat badan

Selain itu, ibu yang memberikan ASI eksklusif juga cenderung mengalami penurunan berat badan. Dengan demikian, berat badan ideal setelah melahirkan, bukan kondisi mustahil yang bisa diraih.

3. Mencegah depresi

Pemberian ASI eksklusif juga dapat mengurangi risiko stres pascapersalinan dan depresi pascapersalinan pada ibu.

4. Mencegah kanker payudara dan kanker ovarium

Semakin lama ibu memberikan ASI eksklusif pada anak semakin kecil pula risiko dirinya mengalami kanker payudara dan kanker ovarium.

Catatan dari SehatQ

Susu formula untuk bayi agar cepat gemuk kerap menjadi pilihan orang tua. Namun, harus diingat, hal yang terpenting adalah memberikan kecukupan gizi bagi Si Kecil.Nutrisi yang berkualitas dan mencukupi pun mampu membuat anak meraih berat badan yang ideal. Efeknya, berat badan bayi pun bisa bertambah tanpa berlebihan.Jika Anda ingin memulai memberikan susu formula untuk bayi agar cepat gemuk, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak melalui  chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Apabila Anda ingin mendapatkan susu formula bayi, kunjungi untuk mendapatkan penawaran menarik.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
tumbuh kembang bayiasi eksklusifsusususu formula
Healthline.
https://www.healthline.com/health/parenting/breastfeeding#benefits
Diakses pada 10 Maret 2020
Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/11-benefits-of-breastfeeding#TOC_TITLE_HDR_10
Diakses pada 10 Maret 2020
BMC.
https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12937-018-0322-5
Diakses pada 10 Maret 2020
WHO.
https://www.who.int/elena/bbc/breastfeeding_childhood_obesity/en/
Diakses pada 10 Maret 2020
Journal of the International Society of Sports Nutrition. https://jissn.biomedcentral.com/articles/10.1186/1550-2783-5-17
Diakses pada 29 Desember 2020
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4808858/
Diakses pada 29 Desember 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/4182-fat-and-calories
Diakses pada 29 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait