Susu Bebas Laktosa, Solusi Bermanfaat untuk Anda yang Intoleransi Laktosa

(7)
18 Jun 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Susu bebas laktosa dapat menjadi solusi bagi individu yang menderita intoleransi laktosaSusu bebas laktosa dapat menjadi solusi bagi individu yang menderita intoleransi laktosa
Susu sapi merupakan minuman yang bernutrisi tinggi. Namun, beberapa individu tidak dapat mencerna susu sapi karena menderita intoleransi laktosa. Susu bebas laktosa adalah solusi yang membuat Anda tetap bisa mendapatkan nutrisi dari susu sapi. Bagaimana susu tanpa laktosa bisa diminum oleh orang dengan individu intoleransi laktosa?

Susu bebas laktosa, alternatif bagi individu intoleransi laktosa

Sesuai namanya, susu bebas laktosa merupakan produk susu yang tidak mengandung laktosa. Laktosa sendiri merupakan jenis gula yang ditemukan pada produk susu sapi. Sayangnya, tidak semua orang bisa mencerna laktosa dengan baik.Orang yang pencernaannya ‘bermusuhan’ dengan laktosa memiliki kondisi medis yang disebut intoleransi laktosa. Intoleransi ini dapat terjadi karena tubuhnya memiliki sangat sedikit laktase, enzim yang berperan untuk mencerna laktosa.Apabila meminum produk susu biasa, orang dengan intoleransi laktosa akan mengalami gejala-gejala yang sangat mengganggu. Gejala tersebut termasuk diare, mual, muntah, kram perut, hingga perut kembung dan bergas.Sebagai solusinya, produsen susu bebas laktosa akan menambahkan laktase ke dalam bahan baku susu sapi. Hal ini membantu individu intoleransi laktosa tetap bisa merasakan ‘pengalaman’ dalam minum susu sapi, serta mendapatkan nutrisinya seperti orang kebanyakan.

Manfaat susu bebas laktosa untuk individu intoleransi laktosa

Susu bebas laktosa menawarkan beberapa manfaat untuk individu dengan intoleransi laktosa, misalnya:

1. Tetap mengandung nutrisi seperti susu biasa

Layaknya susu sapi biasa, susu bebas laktosa juga masih mengantongi beragam zat gizi penting seperti protein. Setiap takaran 240 ml, susu bebas laktosa bisa mengandung protein hingga 8 gram.Susu bebas laktosa juga mengandung nutrisi mikro yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti kalsium, fosfor, vitamin B12 (kobalamin), dan vitamin B2 (riboflavin). Bahkan, beberapa produk susu tanpa laktosa juga diperkaya dengan vitamin D, yang sumber makanannya cenderung sedikit walau berperan vital.

2. Mudah dicerna bagi individu intoleransi laktosa

Seperti yang disampaikan di atas, produsen susu bebas laktosa menambahkan enzim laktase untuk mencerna laktosa di dalam susu. Dengan demikian, apabila Anda memiliki intoleransi laktosa, Anda tentu tak perlu khawatir untuk meminum susu bebas laktosa.Kehadiran enzim laktase di susu bebas laktosa akan membuat susu menjadi lebih mudah dicerna tanpa menimbulkan masalah pencernaan setelah meminumnya.

3. Rasanya lebih manis dibandingkan susu biasa

Selain penambahan enzim laktase, perbedaan kunci lain dari susu biasa dengan susu bebas laktosa adalah rasanya. Susu bebas laktosa memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan susu biasa.Laktase, enzim yang dicampurkan dalam produk susu bebas laktosa, membantu memecah laktosa menjadi dua jenis gula sederhana: glukosa dan galaktosa. Indera pengecap kita akan merasakan gula sederhana ini lebih manis dibanding gula kompleks – sehingga memberikan rasa akhir yang lebih manis dibanding susu biasa.Perbedaan rasa tersebut sejatinya tidak mengubah nilai nutrisi dari susu bebas laktosa. Malahan, ini tentu juga menjadi nilai lebih untuk orang dengan intoleransi laktosa, saat meminum susu tanpa laktosa.

Bisakah orang alergi susu meminum susu bebas laktosa?

Sayangnya, individu dengan alergi susu tidak bisa mengonsumsi susu tanpa laktosa karena alergi susu berbeda dengan kondisi intoleransi laktosa.Orang yang alergi susu memiliki sistem imun yang reaktif dengan produk susu jenis apa pun, termasuk susu bebas laktosa. Reaksi alergi yang muncul termasuk gangguan pencernaan, muntah, dan gatal-gatal.

Pengganti susu untuk individu alergi susu dan intoleransi laktosa

Susu sapi bukanlah satu-satunya ‘susu’ yang bisa kita konsumsi. Apabila Anda memiliki intoleransi laktosa, alergi susu, atau tidak meminum produk hewani, pengganti susu sapi berikut bisa dicoba:
  • Susu kedelai, memiliki kandungan protein yang jumlahnya hampir sama dengan susu sapi
  • Susu almond, yang sangat kaya dengan vitamin E
  • Susu kelapa, cenderung rendah protein dan tinggi lemak jenuh
  • Susu oat, memiliki setengah kandungan protein dibanding susu sapi namun kaya akan serat, termasuk beta-glucan

Catatan dari SehatQ

Susu bebas laktosa menawarkan ‘pengalaman’ minum susu sapi layaknya orang normal, walau Anda memiliki intoleransi laktosa. Bahkan, nutrisinya cenderung sama dengan rasa yang sedikit lebih manis. Semoga bermanfaat!
susualergi susususu kedelai
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-milk-substitutes
Diakses pada 4 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lactose-free-milk
Diakses pada 4 Juni 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lactose-intolerance
Diakses pada 4 Juni 2020
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/features/options
Diakses pada 4 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Mana yang Lebih Baik, Minum Susu Sebelum Tidur atau Pagi Hari?

Hampir setiap orang memiliki ritual favorit sebelum tidur. Bagi sebagian orang, minum susu sebelum tidur bisa jadi lullaby yang menyenangkan.
07 Nov 2019|Azelia Trifiana
Baca selengkapnya
Mana yang Lebih Baik, Minum Susu Sebelum Tidur atau Pagi Hari?

Lebih Banyak Gula Ketimbang Gizinya, Ini Bahaya Susu Kental Manis

Jika dikonsumsi berlebihan, bahaya susu kental manis meningkatkan risiko diabetes dan obesitas. Idealnya, susu kental manis tidak diberikan untuk anak-anak karena kandungan gulanya tidak terlalu tinggi.
02 Mar 2020|Azelia Trifiana
Baca selengkapnya
Lebih Banyak Gula Ketimbang Gizinya, Ini Bahaya Susu Kental Manis

Cara Membuat Susu Almond dengan Mudah di Rumah

Cara membuat susu almond di rumah sangatlah mudah. Anda utamanya hanya membutuhkan kacang almond, air, dan perisa seperti ekstrak vanila. Alat yang diperlukan juga tak sulit dicari, termasuk blender dan saringan susu kacang.
11 Agu 2020|Arif Putra
Baca selengkapnya
Cara Membuat Susu Almond dengan Mudah di Rumah