7 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Insomnia


Makanan untuk mengatasi insomnia dapat Anda konsumsi sehari-hari. Hal ini meliputi kiwi, makanan dari kedelai, ikan salmon, artichoke, kale dan juga yogurt.

(0)
14 May 2019|Aby Rachman
Salmon adalah makanan untuk mengatasi insomniaMakanan yang membantu tidur nyenyak
Anda punya masalah susah tidur atau insomnia di malam hari? Atasi dengan menyantap makanan sehat. Tidak hanya dapat memancing rasa kantuk, berbagai makanan berikut juga mengandung nutrisi yang tinggi. Kenali lebih jauh jenis-jenis makanan yang dapat membantu tidur nyenyak berikut ini.

Makanan untuk susah tidur dan penderita insomnia

Terdapat berbagai macam penelitian yang sudah membuktikan "keberadaan" makanan yang bisa membantu seseorang untuk terlelap di malam hari. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk susah tidur yang patut dicoba:

1. Kiwi

Ingin ngemil di malam hari tanpa rasa bersalah? Ambil makanan yang membantu tidur nyenyak seperti beberapa potong buah kiwi yang segar. Berdasarkan penelitian dari Taipei Medical University di Taiwan, orang yang makan dua buah kiwi dalam satu jam sebelum tidur dapat membantu mereka lebih cepat nyenyak. Di samping itu, kiwi dilengkapi vitamin C, vitamin E, serotonin, dan folat. Semua nutrisi ini akan membantu Anda terbuai ke alam mimpi lebih cepat.

2. Makanan dari kedelai

Tahu, miso, tempe, dan edamame kaya akan isoflavon. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, zat kimia di otak yang membuat Anda mengantuk. Dilaporkan oleh studi Nutrition Jurnal pada 2015, orang yang mengonsumsi dua porsi makanan terbuat dari kedelai per hari membuat mereka tidur lebih pulas.

3. Makanan kaya serat

Makanan yang membantu tidur nyenyak selanjutnya adalah makanan yang kaya serat. Makanan ini dikaitkan dengan gelombang restoratif. Jika Anda semakin banyak makan, maka semakin baik tidur Anda, seperti yang dikutip dari Journal of Clinical Sleep Medicine.Serat menghambat lonjakan gula darah yang bisa menurunkan melatonin. Dapatkan manfaat serat dari makanan seperti sereal, artichoke, gandum, dan quinoa.

4. Ikan salmon

Sebagian besar ikan, terutama ikan salmon, halibut, dan tuna, diperkaya vitamin B6 yang membentuk melatonin agar Anda tidur nyenyak.

5. Yogurt

Produk olahan susu seperti kefir, yogurt, atau keju mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan kalsium berisiko mengidap insomnia yang tinggi.

6. Kale

Selain produk susu, ternyata sayuran berdaun hijau seperti kale dan sawi juga diperkaya kalsium. Jadi, tak perlu ragu untuk mengonsumsi makanan yang membantu tidur nyenyak seperti kale sebagai campuran jus, smoothie, salad, atau masakan lainnya.

7. Pisang

Kebanyakan orang mengenal buah pisang karena kandungan kalium yang tinggi. Akan tetapi, nutrisi pisang tak sebatas itu saja. Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang baik. Menurut ahli, senyawa ini diperlukan tubuh dalam pembentukan hormon melatonin yang memicu rasa kantuk saat lampu kamar tidak dimatikan atau dalam kondisi gelap.

8. Teh chamomile

Dalam sebuah riset dibuktikan, 34 partisipan yang mengonsumsi 270 miligram ekstrak chamomile sebanyak 2 kali dalam sehari, selama 28 hari, merasa lebih mudah tertidur. Ditambah lagi, kebiasaan terbangun tiba-tiba juga mampu diatasi.Penelitian lainnya membuktikan, para wanita yang mengonsumsi teh chamomile selama dua minggu mengalami peningkatan kualitas tidur.

9. Oatmeal

Sama seperti nasi, oatmeal sangat kaya akan karbohidrat dan dapat mempermudah Anda untuk mengantuk, sehingga tidur pun terasa mudah. Ditambah lagi, sebuah studi membuktikan, oatmeal dikenal sebagai sumber melatonin, yang tak lain adalah hormon tidur.Mulailah mengonsumsi berbagai makanan di atas untuk segera mengatasi masalah sulit tidur Anda. Selain sehat, makanan-makanan tersebut akan memperbaiki kualitas tidur sehingga Anda dapat beraktivitas dengan normal.
tidurgangguan tidurmasalah tidur
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-foods-to-help-you-sleepDiakses pada Oktober 2018
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait