Susah Sendawa Dapat Disebabkan Hal Ini, Kenali Cara Sendawa yang Benar

Susah sendawa adalah kondisi medis yang menjengkelkan.
Susah sendawa terjadi saat tubuh mengalami kerusakan fungsi sfingter esofagus.

Susah sendawa adalah kondisi yang seringkali disepelekan. Padahal, sendawa adalah proses keluarnya gas dalam perut, agar perasaan kembung dapat ditangani. Kalau susah sendawa terjadi, kondisi kembung akan sulit diatasi.

Perlu diketahui, sendawa sendiri dipicu oleh udara yang masuk ke dalam tubuh lewat mulut saat Anda makan atau minum. Udara yang dikeluarkan dalam proses sendawa terdiri dari oksigen dan nitrogen.

Tentu saja, susah sendawa harus segera ditangani. Jika terlalu banyak udara di dalam tubuh Anda, kembung bisa terjadi.

Susah sendawa, apa penyebabnya?

Susah sendawa disebabkan oleh kerusakan fungsi otot sfingter esofagus di atas perut untuk mengeluarkan udara dari dalam tubuh. Tenang saja, kondisi susah sendawa tidak berlangsung lama alias temporer.

Namun, rusaknya fungsi sfingter esofagus menandakan bahwa salah satu organ tubuh ini tidak bisa melonggarkan dirinya, sehingga udara berlebih dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan.

Ditambah lagi, susah sendawa akan menyebabkan perasaan tidak nyaman. Sebab, udara akan terperangkap di dalam otot sfingter esofagus. Selain kembung, susah sendawa juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit perut.

Susah sendawa, bagaimana cara menanganinya?

Sendawa
Susah sendawa, bagaimana cara mengatasinya?

Seperti yang sudah disinggung tadi, susah sendawa adalah kondisi yang temporer. Itu artinya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk “memancing” sendawa.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi susah sendawa yang mudah dilakukan di rumah:

1. Mengonsumsi minuman soda

Mengonsumsi minuman bersoda bisa membantu tubuh untuk sendawa. Apalagi jika Anda meminumnya lewat sedotan, yang akan menambah tekanan, sehingga mampu memicu sendawa.

Jika tidak ada minuman bersoda, minumlah satu gelas air putih sambil menahan napas dan menutup hidung.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung gas

Susah sendawa juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gas, untuk memberikan tekanan di dalam lambung, sehingga sendawa bisa dipancing.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung gas tinggi, untuk mengatasi susah sendawa:

  • Apel
  • Pir
  • Wortel
  • Permen karet
  • Roti gandum
  • Persik

Cobalah beberapa makanan yang mengandung gas di atas, untuk mengatasi susah sendawa yang Anda alami. Jika masih tidak ampuh juga, cobalah beberapa cara mengatasi susah sendawa lainnya.

3. Banyak bergerak

Susah sendawa ternyata dapat diatasi dengan banyak bergerak. Sebab, saat tubuh bergerak, udara berlebih yang ada di dalam tubuh akan dipaksa untuk keluar lewat proses sendawa.

Lakukanlah olahraga ringan seperti jalan kaki, joging, maupun olahraga aerobik. Anda juga bisa merebahkan diri dan bangun dengan cepat, untuk memaksa udara dalam tubuh untuk keluar.

Di saat sendawa sudah mau “datang”, kencangkan otot perut untuk memaksimalkan udara yang dikeluarkan dari tubuh.

4. Mengubah cara bernapas

Cara bernapas ternyata berperan penting dalam memicu sendawa. Cobalah duduk dengan badan yang tegap, untuk “mengundang” sendawa.

Jika cara itu tak berhasil, Anda juga bisa mengeluarkan udara lewat hidung sambil menutup tenggorokan. Cara ini bisa memberikan tekanan lebih pada lambung untuk mendorong udara ke atas, sehingga sendawa bisa terjadi.

5. Mengonsumsi obat antasida

Mengonsumsi obat antasida juga bisa dilakukan untuk mengatasi susah sendawa. Sebab, obat antasida yang mengandung kalsium karbonat bisa menciptakan gas berlebih dalam tubuh sehingga membantu Anda untuk sendawa.

Namun ingat, jangan main-main dengan obat antasida. Konsultasikanlah dulu pada dokter sebelum Anda mengonsumsi obat antasida untuk mengatasi susah sendawa.

6. “Menelan” udara

“Menelan” udara bisa menjadi cara mengatasi susah sendawa yang mudah dilakukan. “Kosongkan” paru-paru Anda, kemudian hiruplah udara dan tahan napas. Setelah itu, buang dan tariklah napas lagi.
Mengonsumsi segelas air bisa membuat cara ini jauh lebih mudah.

Catatan dari SehatQ:

Susah sendawa adalah kondisi yang tidak bisa disepelekan. Tubuh bisa merasakan ketidaknyamanan, perasaan kembung, dan sakit perut jika susah sendawa tidak ditangani.

Jika Anda ragu dengan berbagai cara mengatasi susah sendawa di atas, berkonsultasilah dengan dokter untuk meminta penanganan terbaik.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320276
Diakses pada 8 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/how-to-make-yourself-burp
Diakses pada 8 Mei 2020

Artikel Terkait