Susah Menaikkan Berat Badan? Coba 7 Cara Membuat Badan Berisi Berikut

Kunci dalam melakukan cara membuat badan berisi adalah dengan menciptakan surplus kalori
Bila ingin badan lebih berisi, pastikan kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang dikeluarkan

Jika bagi sebagian orang makan sedikit saja bisa menambah berat badan, hal sebaliknya terjadi pada mereka yang makan sebanyak apapun tapi tetap kurus. Namun bukannya tanpa beban, ada banyak orang yang ingin tahu cara membuat badan berisi. Terlebih, jika kurus terjadi karena kondisi metabolisme atau penyakit tertentu.

Meskipun memiliki tubuh kurus kerap dianggap ketimbang kelebihan berat badan, namun berat badan di bawah standar juga bisa jadi masalah.

Cara membuat badan berisi

Bagi mereka yang tidak kunjung mengalami kenaikan berat badan, ada beberapa cara membuat badan berisi yang bisa dicoba. Apa saja?

mengonsumsi makanan lebih sering dapat membuat badan lebih berisi
Cobalah mengonsumsi makanan dengan porsi kecil tetapi frekuensi lebih sering

1. Menambah frekuensi makan

Bagi orang yang merasa berat badannya kurang, cara membuat badan berisi adalah dengan menambah frekuensi makan. Ketimbang mengonsumsi 2-3 kali makan besar di siang hari, coba ganti dengan mengonsumsi 5-6 kali makan dengan porsi kecil sepanjang hari.

2. Pilih makanan bernutrisi

Ganti menu yang dikonsumsi dengan menu-menu yang bernutrisi. Contohnya bahan makanan dari gandum utuh, pasta, sereal, sayur, buah, produk olahan susu, protein, juga kacang-kacangan.

cara membuat badan berisi adalah dengan mengonsumsi smoothies
Smoothies buah dan sayur mengandung kalori yang dapat membuat badan berisi

3. Konsumsi smoothies

Mengganti konsumsi kopi atau soda dengan smoothies juga bisa jadi salah satu cara membuat badan berisi. Smoothies atau shakes mengandung banyak kalori. Selain itu, juga bisa bereksperimen dengan menambah buah segar dan flaxseed.

4. Hindari minum sebelum makan

Bagi banyak orang, minum sebelum waktu makan dapat menekan nafsu makan. Pada orang yang sedang mencari cara membuat badan berisi, sebaiknya hindari minum terutama minuman tinggi kalori setidaknya 30 menit sebelum waktu makan tiba.

5. Berolahraga

Jenis olahraga berintensitas tinggi juga dapat membantu membuat badan berisi karena otot juga ikut terbangun. Tak hanya itu, rutin berolahraga juga baik untuk menstimulus nafsu makan.

6. Asupan kalori lebih banyak dari yang dibakar

Kunci dalam melakukan cara membuat badan berisi adalah dengan menciptakan surplus kalori. Artinya, tubuh mengonsumsi lebih banyak kalori ketimbang yang dibakar. Apabila ingin menambah berat badan secara perlahan, targetkan surplus 300-500 kalori. Jika ingin lebih cepat, targetkan 700-1.000 kalori.

7. Konsumsi banyak protein

Jangan lupa mengonsumsi banyak protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Tak hanya itu, kelebihan kalori juga bisa dikonversi menjadi otot. Meski demikian, ingat bahwa protein dapat menekan nafsu makan secara signifikan jadi bijaklah saat memilih apa yang masuk ke tubuh.

Kondisi membuat orang sulit gemuk

gangguan makan membuat seseorang memiliki berat badan di bawah ideal
Seseorang yang memiliki gangguan pola makan cenderung sulit gemuk

Ada beberapa kondisi yang membuat orang sulit gemuk, bahkan berada di bawah berat badan ideal. Beberapa kondisi yang umum menjadi pemicunya adalah:

  • Gangguan pola makan (eating disorders)

Contohnya adalah anoreksia nervosa yang merupakan masalah mental terkait pola makan. Penderitanya cenderung merasa takut berlebihan dengan kenaikan berat badan. Masalah lain seperti bulimia nervosa juga berpengaruh dengan cara pikir seseorang terhadap tubuh dan apa yang dikonsumsinya.

  • Hipertiroidisme

Kelebihan tiroid juga dapat mengganggu metabolisme alami tubuh dan menyebabkan penurunan berat badan.

  • Diabetes

Penderita diabetes umumnya tipe 1 juga bisa mengalami kekurangan berat badan.

  • Keturunan

Ada juga orang memiliki indeks massa tubuh rendah karena karakteristik fisik turunan di keluarganya. University of Cambridge pernah meneliti dan menemukan bahwa memang ada orang yang tidak tertarik untuk makan, dan ini berhubungan dengan gen dalam tubuh mereka.

  • Metabolisme tak seimbang

Orang yang memiliki metabolisme tubuh tinggi bisa jadi kesulitan merasakan penambahan berat badan meskipun sudah mengonsumsi makanan tinggi energi

Bagi orang yang memiliki berat badan di bawah standar, penting untuk tahu bagaimana cara membuat badan berisi yang tepat. Bukan sekadar ikut-ikutan atau mendengar apa kata orang.

Hal terpenting yang harus didengar adalah sinyal dari dalam tubuh. Sangat penting untuk memastikan apapun yang masuk ke dalam tubuh – baik saat makan besar atau camilan – benar-benar kaya nutrisi dan kalori.

Jika sudah menemukan cara membuat badan berisi yang tepat, pertahankan agar berat badan tetap ideal. Tentu ada banyak faktor lain yang harus diperhitungkan untuk menyimpulkan apakah berat badan seseorang sudah ideal atau belum.

Ketika berat badan sudah ideal, saatnya mempertahankan agar jangan sampai melewati target.

Daily Mail. https://www.dailymail.co.uk/health/article-6628171/Being-genes-Scientists-discover-peoples-DNA-lets-eat-want.html
Diakses 20 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight#section3
Diakses 20 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321612.php#when-to-see-a-doctor
Diakses 20 Januari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/underweight/faq-20058429
Diakses 20 Januari 2020

Artikel Terkait