Cara Mencintai Seseorang dengan Sederhana agar Sukses Move On


Ciri mencintai seseorang dengan sederhana dapat Anda lakukan dengan mencoba melupakan masa lalu dan memaafkan diri sendiri maupun orang lain yang menyakiti Anda.

(0)
21 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara mencintai seseorang dengan sederhanaCara mencintai seseorang dengan sederhana tidak sulit dilakukan
Tidak semua orang mampu kembali jatuh cinta, terutama setelah merasa tersakiti oleh seseorang di masa lalu. Namun bagi Anda yang ingin kembali membuka hati untuk orang yang baru, tips cara mencintai seseorang berikut ini bisa Anda coba lakukan.Cinta sejatinya membuat seseorang merasa bahagia, apalagi bila orang yang Anda cintai memiliki perasaan yang sama. Namun bagi sebagian orang, rasa cinta justru membuatnya takut akan merasa tidak berdaya, kurang fokus mencapai tujuan hidup, dan takut akan tersakiti.Ada pula orang yang takut jatuh cinta karena merasa dirinya tidak layak untuk dicintai. Penilaian ini didapat biasanya dari pengalaman atau trauma masa lalu yang masuk hingga ke alam bawah sadar seseorang sehingga sulit untuk dihilangkan.Apa pun alasan Anda, tidak ada salahnya jika sesekali Anda ingin mengubah pola pikir atau bahkan menantang diri Anda sendiri untuk membuka hari dan jatuh cinta pada seseorang. Bagaimana caranya?

Cara mencintai seseorang dengan sederhana

Dalam sebuah riset psikologi, Anda harus mengalami tiga hal untuk jatuh cinta, yakni attachment, caring, dan intimacy. Attachment adalah kebutuhan untuk diperhatikan dan menjalin kontak fisik dengan orang lain, caring adalah berempati terhadap orang lain, sedangkan intimacy adalah berbagi pendapat, kesukaan, bahkan menumpahkan perasaan pada orang yang dicintai.Pada praktiknya, cara mencintai seseorang melibatkan banyak aspek yang agak rumit. Namun, beberapa tips secara umum yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Lupakan kegagalan masa lalu

Bila Anda baru saja patah hati, jatuh cinta lagi memang terasa sulit. Namun, biarkan diri Anda memegang kendali atas perasaan sendiri dengan cara menikmati setiap momen masa kini yang Anda jalani, serta membuka hati terhadap kemungkinan datangnya orang baru yang mengisi hati Anda.Untuk bisa move on dari masa lalu, Anda juga sebaiknya memaafkan diri sendiri maupun orang lain yang menyakiti Anda. Menyimpan dendam atau penyesalan hanya akan mengekang Anda dari peluang lebih baik di masa mendatang, termasuk memiliki pasangan ideal bagi Anda.

2. Jangan membanding-bandingkan dengan mantan

Ketika Anda bertemu dengan orang baru selepas putus dengan mantan, ada kecenderungan untuk membandingkan-bandingkannya. Sikap ini sebaiknya tidak dipelihara karena akan mengingatkan Anda pada kekecewaan masa lalu dan membuat Anda berpikir tidak ada orang yang lebih baik dari mantan yang meninggalkan Anda.Cara mencintai orang yang paling sederhana adalah menjalani hubungan dengan apa adanya dan berusaha untuk mengenali secara perlahan. Ingat juga bahwa tidak ada orang yang sempurna, namun ada seseorang yang ideal untuk menjadi pasangan Anda asalkan Anda menerima dengan apa adanya.

3. Berpikir positif

Hanya karena Anda pernah kandas, bukan berarti semua hubungan yang Anda jalani akan berakhir dengan sama tragisnya. Cobalah membuka diri dan berpikir positif bahwa suatu hari Anda akan menemukan kebahagiaan yang hakiki bersama pasangan yang Anda idam-idamkan.

4. Mencari persamaan

Mencari persamaan merupakan salah satu cara paling efektif untuk mendekatkan diri Anda dengan orang baru. Secara umum, seseorang akan menyukai orang lain yang memiliki beberapa kesamaan dengan dirinya, misal hobi yang sama atau agama yang sama. Jika ada orang yang cocok dengan kriteria atau ilustrasi pasangan ideal Anda, cobalah membuka hati untuk dirinya.

5. Habiskan lebih banyak waktu bersama

Pepatah Jawa mengatakan "witing tresno jalaran soko kulino", yang artinya cinta itu lahir dari kebiasaan. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan berdua, misalnya makan siang bersama atau saling bertukar pikiran, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk jatuh cinta padanya.

6. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Saat mengalami putus cinta, Anda mungkin berpikir untuk menyalahkan diri sendiri. Hal ini tentu sangat tidak sehat dan dapat mempersulit proses move on. Akibatnya, Anda akan merasa sakit hati berkali-kali lipat dan hanya akan fokus pada emosi negatif semata. Jika kisah cinta Anda memang harus berakhir, ini berarti penyebabnya bukan hanya terletak pada diri Anda sendiri. Apapun penyebab yang terjadi di masa lalu, biarlah berlalu. Cukup jadikan sebagai pembelajaran supaya Anda menjadi lebih baik lagi dan tak jatuh ke dalam lubang yang sama. 

7. Buang barang kenangan dari mantan 

Di samping membersihkan hati dan pikiran dari kenangan buruk tentang mantan, ada baiknya Anda juga perlu beres-beres kamar Anda. Misalnya, menyingkirkan semua barang atau foto yang mengingatkan Anda pada mantan. Ini termasuk langkah yang baik menuju hubungan percintaan yang lebih baik. Anda bisa mengumpulkan barang-barang yang pernah diberikan mantan, lalu memberikannya pada yang orang yang lebih membutuhkan. Jangan lupa pula untuk membuang kartu dan surat yang pernah diberikan olehnya. Jika ada barang milik mantan yang masih tertinggal di rumah dan Anda ingin mengembalikannya, sebaiknya kirim saja melalui kurir online atau cukup tinggalkan di depan rumahnya. Anda juga bisa meminta tolong teman Anda untuk menyerahkannya pada mantan. Sebisa mungkin, Anda tak perlu bertemu lagi dengan mantan kekasih. Bila harus bertatap muka pun, usahakan pertemuan Anda berlangsung sesingkat mungkin agar tidak menghambat cara mengatasi patah hati yang terbaik untuk Anda.

8. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

Anda bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan anggota keluarga, teman-teman dekat atau gebetan baru. Pergi berbelanja atau melakukan wisata kuliner juga bisa menjadi pilihan kegiatan untuk membangkitkan suasana hati. Selain itu, Anda bisa menyalurkan energi Anda untuk melakukan hobi baru. Misalnya, menghabiskan waktu dengan teman-teman, kelas memasak, fotografi, atau bergabung dengan komunitas tertentu. Buat diri Anda sibuk, tetapi ada satu hal yang harus Anda ingat. Jangan sampai kesibukan Anda justru membebani diri sendiri hanya karena Anda ingin mengalihkan perhatian dari kenangan lama.Itulah beberapa cara mencintai seseorang secara sederhana yang bisa Anda lakukan. Apakah Anda sudah siap untuk jatuh cinta lagi?
percintaan
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/compassion-matters/201401/7-reasons-most-people-are-afraid-love
Diakses pada 6 Juli 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-mysteries-love/201701/the-11-reasons-we-fall-in-love
Diakses pada 6 Juli 2020
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/theories-of-love-2795341
Diakses pada 6 Juli 2020
Power of Positivity. https://www.powerofpositivity.com/6-ways-to-open-your-heart-to-love-again/
Diakses pada 6 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait