Suplemen Penambah Berat Badan, Kenali Apa Saja Jenisnya

(0)
08 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Minuman protein merupakan salah satu suplemen penambah berat badan yang paling populerCara menaikkan berat badan adalah dengan meningkatkan massa otot melalui konsumsi suplemen
Sebagian orang merasa tak percaya diri karena memiliki tubuh yang kurus, mungkin termasuk juga Anda. Dengan menambah berat badan, maka diharapkan tubuh pun akan terlihat lebih berisi dan menarik.Tak heran, jika banyak yang mencari cara menambah berat badan dari mulai mengonsumsi makanan tertentu hingga suplemen penambah berat badan. Suplemen tersebut mengandung nutrisi yang dipercaya dapat membantu berat badan Anda bertambah.

Macam-macam suplemen penambah berat badan

Suplemen makanan memainkan peran penting dalam menambah berat badan umumnya dengan meningkatkan massa otot. Namun, guna mendapat hasil yang maksimal suplemen harus digunakan bersama dengan makanan yang dapat membantu menaikkan berat badan. Adapun suplemen penambah berat badan yang umum digunakan, yaitu:

1. Bubuk protein dan shakes

Bubuk protein dan shakes adalah suplemen penambah berat badan yang paling populer. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, suplemen ini juga dapat memasok kalori sehingga memungkinkan berat badan Anda bertambah. Untuk menambah 0,5 kg berat badan, Anda harus mengonsumsi 1 gram protein setiap hari.Bahkan mengonsumsi protein yang cukup juga bisa membantu Anda mendapat massa otot, namun pastikan pula melakukan olahraga secara rutin. Membangun jaringan otot baru membutuhkan asam amino yang dapat dipasok oleh bubuk protein.

2. Kreatin

Ini merupakan suplemen penambah berat badan lain yang dapat memasok tubuh dengan energi tinggi. Sejumlah besar penelitian juga menunjukkan bahwa suplemen kreatin dapat meningkatkan kinerja olahraga dan penambahan otot dari waktu ke waktu. Creatine monohydrate dianggap paling aman dan efektif. Ketika menggunakan kreatin, umumnya disarankan untuk memulai dengan dosis awal sekitar 20 gram per hari yang dibagi menjadi 4 porsi selama 5-7 hari. Selanjutnya, Anda dapat beralih ke dosis pemeliharaan sekitar 3-5 gram per hari tanpa batas waktu.

3. Suplemen berkalori tinggi

Guna menambah berat badan, Anda harus mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya melalui suplemen berkalori tinggi. Umumnya, suplemen ini juga tinggi karbohidrat dan protein. Misalnya, satu suplemen mengandung 1.250 kalori, 252 gram karbohidrat, dan 50 gram protein per sajian. Meski dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda konsumsi, namun menurut beberapa orang rasa dan konsistensi produk-produk ini tidaklah menyenangkan. Pilihan lain pun jatuh kepada mengonsumsi lebih banyak makanan yang tinggi kalori dan nutrisi bermanfaat lainnya.

4. Waxy maize

Ini adalah suplemen penambah berat badan yang mendorong pencernaan karbohidrat dengan cepat untuk meningkatkan kadar insulin dan memenuhi penyimpanan glikogen otot. Karbohidrat yang dicerna dengan cepat ini dapat membantu mentransfer protein dan asam amino ke jaringan otot. Meningkatnya massa otot pun membuat berat badan Anda bertambah. Tak hanya itu, suplemen ini juga memiliki kelebihan yaitu ringan di perut sehingga tak menimbulkan rasa tidak nyaman.

5. Suplemen herbal

Tak semua suplemen penambah berat badan memberi kalori tinggi, beberapa mengandung bahan herbal yang diklaim dapat merangsang nafsu makan atau meningkatkan energi sehingga memungkinkan Anda lebih banyak makan untuk memenuhi kebutuhan kalori. Umumnya, satu suplemen penambah berat badan herbal mengandung ginseng, amla, dan adas India. Mengenai efektivitasnya mungkin masih perlu dibuktikan lebih lanjut.

Catatan SehatQ

Perlu diingat bahwa Anda tak bisa hanya mengandalkan suplemen penambah berat badan sebab faktor gaya hidup juga memainkan peran yang penting. Oleh sebab itu, Anda harus berolahraga secara teratur dan mendapat nutrisi yang tepat pula. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen penambah berat badan agar keamanannya terjaga. Sementara, bila muncul efek samping tertentu setelah mengonsumsi suplemen, segera hentikan penggunaan dan cari bantuan medis.
minuman proteinberat badan idealtambah berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-weight-gain-supplements#section6
Diakses pada 27 Mei 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/330427-supplements-to-help-gain-weight/
Diakses pada 27 Mei 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/food-supplements-to-gain-weight/#WeightGainFoodSupplements
Diakses pada 27 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait