Aneka Sumber Protein Nabati yang Mudah Dicari di Pasar dan Supermarket

Ada banyak sumber protein nabati, seperti tempe, bayam, dan brokoli
Tempe merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat mudah dicari

Tak hanya para vegan dan vegetarian yang mulai meninggalkan produk hewani, orang-orang yang ingin menjalani gaya hidup yang lebih sehat pun juga melakukannya. Lantas, bagaimana mencukupkan kebutuhan protein yang banyak terkandung dalam daging atau susu?

Beruntung, protein sebenarnya juga terkandung dalam makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Kelompok makanan yang mengandung protein dari non-hewani disebut dengan sumber protein nabati.

Tentunya, sumber protein nabati tidak hanya bagi Anda yang ingin menjalani prinsip vegan maupun vegetarian. Daftar makanan non-hewani yang mengandung protein juga bisa Anda sajikan sebagai variasi makanan sehat.

Sumber protein nabati bagi Anda yang tidak mengonsumsi produk hewani

Sebenarnya, ada banyak sekali sumber protein nabati. Berikut ini daftar makanan non-hewani yang mengandung protein:

1. Tempe

Setiap 100 gram tempe terkandung sekitar 10-19 gram protein. Dengan kandungannya tersebut, tempe menjadi sumber protein nabati yang amat mudah dicari di Indonesia.

Tak hanya itu, tempe juga mengandung kalsium dan zat besi, jenis mineral yang juga penting untuk kesehatan tubuh, serta probiotik yang baik untuk pencernaan.

2. Sayur bayam

Sebanyak 30 persen kalori dari sayur bayam adalah protein. Setiap 30 gram sayuran yang segar ini, terkandung 1 gram protein yang bisa Anda dapatkan. Sayur bayam memang menjadi salah satu sayuran hijau yang amat padat nutrisi.

4. Sayur brokoli

Setiap 91 gram sayur brokoli mentah terdapat 2,6 gram protein, termasuk semua asam amino esensial. Dengan demikian, sayur ini juga menjadi pilihan sumber protein nabati jika Anda tak mengonsumsi daging.

Selain protein, sayur brokoli mengandung folat (vitamin B9), mangan, kalium, serta vitamin C dan K. Sayur ini pun menjadi sumber antioksidan yang baik dengan kandungan kaempferol-nya.

5. Kembang kol

Sekitar 100 gram kembang kol mengandung protein sekitar 2 gram. Sayuran ini pun kaya dengan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin K, kalium, mangan, kalsium, serta zat besi.

6. Chia seeds

Biji-bijian yang tengah naik pamor ini merupakan salah satu sumber protein nabati. Setiap sajian 28 gram chia seeds terkandung protein sebanyak 4 gram. Jumlah ini sangat fantastis, karena 28 gram hampir setara dengan 2 sendok makan.

7. Kentang

Kentang sering disarankan untuk menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat. Namun, bahan makanan ini juga menjadi sumber protein nabati yang sudah sangat umum di Indonesia. Satu buah kentang dan kulitnya berukuran sedang memiliki protein sekitar 4,55 gram jika diolah dengan cara dipanggang.

8. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai sumber lemak sehat omega-3. Namun, buah ini juga mengandung protein yang cukup banyak, yakni 4,02 gram untuk setiap buah alpukat berukuran sedang. Dengan kandungan protein tersebut, alpukat sangat cocok untuk menjadi camilan sehat.

9. Kacang polong

Walau hanya sering dijadikan sebagai makanan pendamping, kacang polong sebenarnya menjadi sumber protein nabati yang bisa Anda konsumsi. Dalam setiap 100 gram kacang polong, terkandung protein sekitar 5,4 gram.

10. Kecambah kedelai

Makanan protein dari kedelai tak hanya tempe dan tahu. Kecambah kedelai pun menjadi sumber protein nabati yang mudah ditemukan di negeri kita. Kecambah kedelai mengandung protein sekitar 13,1 gram untuk setiap 100 gram-nya.

11. Jamur kancing

Jamur tidak masuk dalam kategori tumbuhan atau hewan dan dapat menjadi sumber protein nabati. Untuk jamur kancing, Anda bisa mendapatkan 3,6 gram protein jika mengonsumsi 100 gram pangan sehat ini.

12. Kacang arab (chickpeas)

Kacang arab juga menjadi jenis kacang-kacangan yang kaya dengan protein. Dalam setiap 28 gram kacang arab, terkandung protein sekitar 3 gram. Kacang ini juga mengandung mineral seperti tembaga, mangan, zat besi, dan fosfor.

Catatan dari SehatQ

Ada banyak makanan non-hewani yang menjadi sumber protein. Entah Anda ingin menjadi seorang vegan maupun vegetarian, atau sedang mencari variasi pangan sehat, makanan yang mengandung protein di atas bisa mudah dicari di pasar dan supermarket terdekat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/19-high-protein-vegetables
Diakses pada 19 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chickpeas-nutrition-benefits
Diakses pada 19 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318600.php
Diakses pada 19 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321474.php
Diakses pada 19 November 2019

My Food Data. https://www.myfooddata.com/articles/vegetables-high-in-protein.php
Diakses pada 19 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed