logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Sumber Nutrisi Terbaik yang Diperlukan oleh Tubuh Banyak Terdapat Pada Makanan Ini

open-summary

Sumber nutrisi terbaik yang diperlukan oleh tubuh banyak terdapat pada sayur, buah, biji-bijian, hingga kacang-kacangan. Untuk bisa mendapatkan semuanya, Anda perlu menjalani pola makan sehat.


close-summary

1

(1)

16 Des 2020

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Sumber nutrisi terbaik yang diperlukan oleh tubuh ada pada sayur dan buah

Sumber nutrisi terbaik bagi tubuh adalah sayur dan buah

Table of Content

  • Sumber nutrisi terbaik untuk tubuh
  • Catatan dari SehatQ

Sumber nutrisi terbaik yang diperlukan oleh tubuh, banyak terdapat pada buah dan sayuran. Namun, untuk mendapatkan gizi yang seimbang, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi daging, biji-bijian, dan air yang cukup.

Advertisement

Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi akan membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik dan mengurangi risiko Anda terkena berbagai penyakit.

Ingat, kekurangan nutrisi bukan masalah badan kurus atau gemuk. Semua orang perlu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya secara lengkap, berapapun berat badannya.

Sumber nutrisi terbaik untuk tubuh

Jika bicara makanan sehat atau sumber sumber nutrisi terbaik untuk tubuh, buah dan sayur selalu menjadi jawaban.
Memang, keduanya sangat penting untuk kesehatan. Namun, ada beberapa kebutuhan nutrisi lain yang terkadang belum bisa terpenuhi jika Anda hanya mengonsumsi buah dan sayur.

Berikut ini beberapa sumber nutrisi terbaik yang diperlukan oleh tubuh.

Sumber nutrisi terbaik bagi tubuh bisa didapatkan dari sayur
Sayur dan buah bisa menjadi sumber nutrisi terbaik bagi tubuh

1. Sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral alami, terutama folat, vitamin C, dan kalium. Dengan mengonsumsi keduanya, Anda juga akan mendapatkan asupan serat yang menyehatkan pencernaan dan mengurangi risiko terjadinya kanker usus.

Tak hanya itu. Sayur dan buah juga bisa membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung serta stroke. Dengan mengonsumsi sayur dan buah secara teratur, maka Anda bisa menjalani pola makan yang sehat dan seimbang.

2. Jamur

Tak banyak yang tahu, jamur merupakan makanan yang sangat baik untuk membantu mencegah kanker. Kemampuan ini didapatkan dari kandungan salah satu mineral antikanker bernama selenium.

Lagipula, jamur juga rendah kalori, sehingga cocok untuk ditambahkan ke berbagai bahan makanan, termasuk tumis-tumisan dan sup.

Tak sampai disitu, jamur merupakan sumber dapat menjadi sumber vitamin D alami untuk tubuh. Mineral seperti tembaga dan kalium yang banyak tersedia dalam jamur, adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi saraf, produksi sel darah merah, dan irama jantung tetap normal.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber nutrisi terbaik bagi tubuh. Meski ukurannya kecil, tapi sumber makanan ini kaya akan serat dan tinggi akan protein rendah lemak.

Kacang juga mengandung nutrien dan fitonutrien, yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Tentu, manfaat-manfaat di atas hanya bisa didapatkan apabila Anda mengonsumsi kacang dengan olahan yang sehat.

Greek yogurt bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk tubuh
Greek yogurt mengandung probiotik sehingga baik dijadikan sumber nutrisi tubuh

4. Greek yogurt

Greek yogurt mengandung protein, kalium, kalsium, serta probiotik yang sangat baik untuk kesehatan. Nutrisi yang ada di dalam yogurt, mampu membantu menjaga kesehatan pencernaan, membangun tulang yang kuat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Greek yogurt sedikit berbeda dengan yogurt biasa sebab jenis ini konsistensinya lebih kental. Kandungan sodium atau garamnya pun lebih rendah, begitu juga dengan jumlah karbohidratnya.

5. Ubi

Ubi adalah salah satu makanan yang paling sehat di dunia, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya. Umbi-umbian ini kaya akan kalium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

Meski rasanya manis, ubi tidak mengandung lemak dan kolesterol. Jumlah kalorinya pun rendah. Oleh karena itu, makanan ini cocok untuk Anda yang sedang menjalani gaya hidup sehat.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Kulit Glowing

6. Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik yang bisa Anda konsumsi. Nutrisi yang satu ini, sangat penting untuk dipenuhi karena diperlukan hampir semua bagian tubuh termasuk kulit, rambut, hingga tulang.

Tubuh memerlukan protein untuk bisa berfungsi dengan baik. Sebab, protein juga berperan dalam pembentukan hormon, antibodi, dan fungsi-fungsi penting lainnya.

Daging ayam adalah sumber nutrisi yang baik bagi tubuh
Daging hewan seperti ayam adalah sumber nutrisi yang baik bagi tubuh

7. Daging hewan

Daging hewan juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh. Daging ayam, misalnya. Selain tinggi protein, ayam bagian dada juga rendah lemak, sehingga baik dikonsumsi oleh Anda yang ingin menjaga berat badan.

Sementara itu daging ikan laut, bisa menjadi sumber asam lemak Omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan jantung.

8. Susu sapi

Susu sapi merupakan salah satu minuman yang paling kaya nutrisi. Selain kaya kalsium dan baik untuk tulang, susu sapi juga bisa menjadi sumber protein, mineral, hingga vitamin.

Whey protein, salah satu protein yang terdapat di dalam susu sapi bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meredakan stres. Protein ini juga sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan mempertahankan massa otot.

Segelas susu juga mengandung terkandung vitamin B12, vitamin B2, kalsium, dan mineral fosfor yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

9. Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum utuh, merupakan makanan kaya serat, rendah lemak, dan dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat kompleks, yang sudah diketahui lebih sehat dibandingkan karbohidrat sederhana seperti pada nasi putih.

Saat mengonsumsi olahan gandum utuh maupun biji-bijian lainnya, Anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga asupan kalori secara tidak langsung bisa berkurang, dan berat badan bisa terjaga.

Selain gandum, contoh biji-bijian yang baik dikonsumsi antara lain oats, barley dan quinoa.

Baca Juga

  • Mengenal Genitri, Buah yang Dianggap Titisan Dewa
  • Sayuran Hidroponik atau Organik, Mana yang Lebih Sehat?
  • Vitamin C, Sumber Manfaat Lobak Putih dan Nanas untuk Nyeri Asam Urat

Catatan dari SehatQ

Sumber nutrisi terbaik yang diperlukan oleh tubuh banyak terdapat pada sayur, buah, hingga ubi dan daging. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari berbagai makanan sehat tersebut, Anda perlu mengonsumsinya secara seimbang.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang sumber makanan yang sehat maupun soal nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

proteinmakanan sehatmakanan dietnutrisibuah dan sayurankarbohidrat

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved