Sulam Bedak, Tren Perawatan Kulit yang Bikin Wajah Cantik Tanpa Make Up

Perkembangan teknik dan tren kecantikan semakin melesat begitu cepat. Ya, tak hanya alis dan bibir yang disulam. Kini, warna kulit wajah Anda pun bisa disulam jadi lebih cerah menggunakan teknik BB Face Glow atau dikenal pula dengan sulam bedak. 

Apa itu sulam bedak dan bagaimana prosedur ini dilakukan? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Mengenal apa itu sulam bedak? 

BB Face Glow atau sulam bedak adalah tren perawatan kecantikan yang bertujuan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah layaknya saat menggunakan bedak. 

Sulam bedak dilakukan dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit wajah agar hasilnya tampak lebih cerah dan halus bak menggunakan alas bedak BB Cream. BB Face Glow bersifat semi permanen. 

Sama halnya seperti memasang extension bulu mata, Anda tetap perlu melakukannya secara berkala. Misalnya, Anda perlu kembali melakukan perawatan sulam bedak 1-2 bulan sekali agar hasilnya tetap terlihat memuaskan. Sulam bedak umumnya mudah ditemukan di klinik perawatan kecantikan.

Bagaimana prosedur perawatan sulam bedak dilakukan? 

Bahan pewarna memang menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam proses sulam bedak. Pasalnya, pigmen berwarna akan menetap di dalam lapisan kulit selama beberapa waktu. 

Prosedur perawatan sulam bedak dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Sebelum melakukan perawatan sulam bedak, terapis kecantikan akan membersihkan wajah Anda terlebih dahulu. 
  • Selanjutnya, Anda akan diberikan anestesi yang bertujuan untuk mengurangi sensasi nyeri pada wajah.
  • Sebuah pigmen berupa cairan ampul yang terbuat dari foundation berbahan alami akan disuntikkan ke dalam lapisan kulit wajah menggunakan jarum dermaroller berukuran mikro.
  • Setelah pigmen foundation terserap ke dalam kulit, terapis akan memasang masker wajah untuk menghidrasi dan menutrisi kulit wajah.

Manfaat dan risiko perawatan sulam bedak

Sulam bedak adalah perawatan kecantikan yang menggunakan teknik microneedling untuk memasukkan pigmen BB pada lapisan kulit wajah pasien. Perawatan bertujuan untuk memberikan efek warna kulit yang cerah. 

Selain itu, sulam bedak juga dapat membantu menghilangkan noda-noda hitam pada wajah akibat paparan sinar matahari. Anda pun tidak perlu menggunakan foundation atau BB cream sehingga Anda bisa mengurangi penggunaan make up sehari-hari. 

Sejumlah sumber mengatakan bahwa sulam bedak aman dilakukan lantaran hanya memasukkan pigmen ke lapisan kulit luar (epidermis). 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ada efek samping yang ditimbulkan dari perawatan sulam bedak. Pasalnya, kulit akan terkena efek jarum mikro dan pigmen asing yang berisiko merusak keseimbangan alami kulit. Mulai dari pembengkakan, kemerahan, bekas luka, perubahan warna kulit, infeksi, memar, hingga rasa nyeri. 

Tak hanya itu, sulam bedak juga dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti rasa gatal, ruam, atau reaksi peradangan di kemudian hari. Jadi, bagi Anda yang memiliki riwayat bekas keloid, eksim, dan psoriasis disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan melakukan sulam bedak.

Tips sebelum melakukan perawatan sulam bedak

Perawatan sulam bedak diminati oleh banyak perempuan karena membuat penampilan tetap menawan walaupun tanpa menggunakan make up. Jika Anda tertarik untuk melakukannya, pastikan Anda mengetahui tips sebelum melakukan perawatan sulam bedak berikut ini. 

1. Memahami kulit wajah Anda

Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan sulam bedak, sebaiknya pahami kulit Anda terlebih dahulu. Misalnya, apakah Anda memiliki tipe kulit wajah sensitif atau riwayat ketidakcocokan penggunaan produk perawatan wajah. 

Sebaiknya hindari prosedur perawatan sulam bedak bila Anda memiliki jenis kulit sensitif, memiliki riwayat alergi, hipersensitif, pigmentasi dini, atau sedang dalam kondisi radang, jerawat, luka, dan sebagainya. 

2. Memilih salon kecantikan yang berpengalaman

Pastikan Anda memilih salon kecantikan yang menawarkan perawatan sulam bedak berpengalaman. Pasalnya, perawatan sulam bedak yang asal dan tidak aman dapat menyebabkan risiko iritasi, infeksi, dan masalah kulit lainnya. 

3. Melakukan konsultasi dengan dokter atau terapis kecantikan

Jika Anda sudah memilih salon kecantikan yang berpengalaman, kini saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter atau terapis kecantikan yang tersedia. 

Anda bisa menanyakan berbagai hal mengenai perawatan sulam bedak, termasuk do dan don’ts setelah melakukan perawatan sulam bedak.

Dengan informasi yang dipaparkan di atas, Anda dapat mengetahui manfaat dan risiko perawatan sulam bedak. Yang paling penting, Anda tetap berkonsultasi dengan ahlinya sebelum melakukan jenis perawatan kecantikan apa pun, termasuk sulam bedak. 

Harpers Bazaar Arabia. https://www.harpersbazaararabia.com/beauty/expertise/beauty-treatment-you-should-never-do-BB-glow

Diakses pada 17 Maret 2020

Allure. https://www.allure.com/story/what-is-semi-permanent-bb-cream

Diakses pada 17 Maret 2020

Artikel Terkait