Suka Minuman Rasa Sarsaparilla? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

(0)
05 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Sarsaparilla adalah tanaman yang banyak tumbuh di Amerika Selatan, Jamaika, Karibia, Honduras, dan MeksikoTanaman sarsaparilla sering digunakan sebagai perasa dalam makanan dan minuman
Mungkin kata sarsaparilla masih terdengar asing di telinga Anda. Sarsaparilla adalah tanaman tropis berkayu atau berduri yang berasal dari genus Smilax. Tanaman ini banyak tumbuh di hutan hujan Amerika Selatan, Jamaika, Karibia, Honduras, dan Meksiko.Banyak bagian dari tanaman sarsaparilla yang digunakan sebagai perasa dalam makanan dan minuman. Namun selama berabad-abad, akar tanaman ini digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. 

Manfaat sarsaparilla untuk kesehatan

Sarsaparilla memiliki rasa pedas manis dan aroma yang segar. Akar tanaman ini mengandung nutrisi dan senyawa konsentrat tinggi yang ekstraknya dapat ditambahkan ke dalam sup, minuman, suplemen herbal, atau hidangan penutup. Tak heran jika tanaman ini dipercaya memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Adapun manfaat sarsaparilla untuk masalah kesehatan, yaitu:
  • Mengobati psoriasis

Sejak zaman dahulu, akar sarsaparilla dipercaya dapat mengobati psoriasis. Satu studi menemukan bahwa tanaman ini dapat memperbaiki jaringan abnormal pada masalah kulit tersebut. Kandungan sarsaponin yang berfungsi sebagai steroid utama pada sarsaparilla mampu mengikat dan mengeluarkan endotoksin yang bertanggung jawab atas jaringan abnormal pada pasien psoriasis.
  • Mengatasi arthritis

Sarsaparilla memiliki sifat anti peradangan yang efektif. Bahkan seringkali dijadikan sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi peradangan sendi, seperti rematik dan asam urat yang terasa sangat menyakitkan.
  • Mengobati sifilis dan kusta

Sarsaparilla dapat melawan bakteri dan mikroorganisme lain yang menyerang tubuh. Oleh sebab itu, selama berabad-abad, tanaman ini digunakan untuk mengobati kusta dan sifilis yang keduanya sama-sama disebabkan oleh bakteri. Studi pun menemukan bahwa 18 senyawa fenolik yang terkandung dalam sarsaparilla memiliki efek antimikroba terhadap bakteri.
  • Berpotensi antikanker

Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa sarsaparilla memiliki sifat anti kanker terhadap berbagai jenis kanker, seperti halnya kanker payudara dan kanker hati. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut apakah tanaman ini dapat digunakan sebagai pencegahan atau pengobatan kanker.
  • Menjaga kesehatan hati

Sarsaparilla juga diketahui dapat memberi efek perlindungan terhadap hati. Penelitian yang dilakukan pada tikus penderita kerusakan hati pun menemukan bahwa senyawa pada sarsaparilla yang kaya flavonoid mampu memperbaiki kerusakan tersebut dan membantunya berfungsi kembali dengan baik.
  • Melindungi kulit dari kerusakan

Kandungan antioksidan dalam sarsaparilla bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sebuah studi menemukan bahwa akar sarsaparilla secara signifikan mampu menghambat kerusakan oksidatif yang dapat memicu terjadinya penuaan pada kulit. Selain itu, juga dapat melindungi produksi kolagen yang baik untuk kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Ini dapat membuat kulit Anda tampak lebih muda dan lebih sehat.
  • Meningkatkan libido

Dalam pengobatan tradisional, sarsaparilla salah satunya digunakan untuk menaikkan libido pria dan wanita agar kesuburan meningkat. Beberapa senyawa organik yang ditemukan dalam ekstrak akar ini pun dapat meningkatkan aliran darah dan pergerakan sperma sehingga kemungkinan terjadinya pembuahan lebih besar. 
  • Mendetoksifikasi tubuh

Sarsaparilla telah lama digunakan sebagai diuretik alami. Ini dipercaya dapat mendetoksifikasi tubuh dengan menghilangkan kelebihan lemak, garam, racun, dan air dari tubuh. Selain itu, juga dapat membantu membersihkan darah sehingga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengurangi ketegangan pada ginjal. 

Risiko penggunaan sarsaparilla

Suplemen sarsaparilla tersedia dalam berbagai bentuk baik kapsul, tablet, cairan maupun bubuk. Anda dapat memperolehnya di toko-toko kesehatan maupun di toko daring yang menjualnya secara khusus.Ekstrak sarsaparilla umumnya dianggap sebagai suplemen yang aman. Akan tetapi, dosis yang tinggi dapat menyebabkan iritasi lambung. Selain itu, reaksi alergi pada orang yang sensitif juga mungkin terjadi. Adapun reaksi alergi yang mungkin terjadi, yaitu gatal, ruam, batuk, sakit perut, pusing, mual atau muntah.Sarsaparilla juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Ini dapat meningkatkan penyerapan obat lain dalam tubuh sehingga Anda perlu berhati-hati. Pastikan bahwa kondisi Anda baik-baik saja sebelum mengonsumsinya. Jika timbul efek samping tertentu setelah mengonsumsi sarsaparilla segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Ingat bahwa mengonsumsi sarsaparilla tidak dapat menggantikan pengobatan dokter maupun terapi yang sedang dijalani.Sementara, bagi ibu hamil dan menyusui belum ada informasi yang pasti mengenai keamanannya. Namun, sebaiknya hindarilah mengonsumsi suplemen tumbuhan herbal ini jika Anda sedang berada dalam kondisi tersebut untuk mencegah terjadinya berbagai efek yang tidak diinginkan. 
suplemenherbalantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/sarsaparilla#side-effects
Diakses pada 22 Maret 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/sarsaparilla-benefits-4582510
Diakses pada 22 Maret 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/sarsaparilla.html
Diakses pada 22 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait