logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Kenali Manfaat Bergandengan Tangan dengan Orang yang Dicintai

open-summary

Manfaat bergandengan tangan dengan pasangan ternyata bisa menurunkan kecemasan dan membuat perasaan lebih rileks. Anda pun percaya bisa menjalani semuanya dengan baik.


close-summary

4

(2)

10 Mei 2022

| Maria Natasha

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Bergandengan tangan

Coba pegang tangan pasangan Anda sekarang

Table of Content

  • Manfaat bergandengan tangan
  • Alasan Anda perlu bergandengan tangan
  • Catatan dari SehatQ

Sentuhan pada pasangan, meskipun sekecil apa pun, bisa membawa berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis. Baik itu dengan bergandengan tangan, rangkulan singkat, sampai bermanja-manjaan. Jika dilakukan dengan orang tersayang, hal-hal tersebut bisa membuat kita dan pasangan merasa bahagia.

Advertisement

Manfaat bergandengan tangan

bergandengan tangan menghilangkan kecemasan
ergandengan tangan dengan pasangan bisa menjadi obatnya.

Sentuhan kecil melalui kebiasaan berpegangan tangan, tidak hanya terasa menyenangkan. Efeknya ternyata bisa melebihi perasaan nyaman. Apa saja manfaat bergandengan tangan bagi kesehatan dan hubungan percintaan?

1. Meredakan stres

Penelitian mengungkap bahwa pegangan tangan atau berpelukan mampu menurunkan hormon stres yang disebut kortisol. Berkurangnya level kortisol ini akan mengurangi stres yang kita alami.
Sentuhan yang berlangsung saat bergandengan tangan juga meningkatkan produksi oksitosin, hormon yang mempengaruhi perasaan aman terhadap seseorang. Hormon oksitosin pada dasarnya bisa meningkatkan kesetiaan, kepercayaan, dan mempererat hubungan dengan pasangan.
Lebih lanjut lagi, hormon oksitosin akan meningkat jika sentuhan menjadi semakin intim, seperti berpelukan dan memberikan pijatan. Sehingga, kita akan semakin merasa dekat dengan pasangan.

2. Meningkatkan kualitas hubungan

Hormon oksitosin yang diproduksi pada saat genggam tangan pasangan bisa menghasilkan perasaan saling percaya dan kesetiaan. Hormon ini juga dapat meningkatkan kualitas hubungan jangka panjang, dan kebahagiaan Anda maupun pasangan.
Hal ini ternyata juga berlaku pada orang berusia lanjut. Sedari kecil, otak kita mengasosiasikan memegang tangan orangtua dengan perasaan disayangi dan diperhatikan. Saat mendampingi maupun merawat lansia, menggandeng tangan mereka ternyata memberikan manfaat yang jauh lebih baik dari sekedar pengobatan medis.

3. Menyehatkan jantung

Selain meredakan stres, berpegangan tangan juga bisa menurunkan tekanan darah. Darah tinggi adalah salah satu faktor dominan penyakit jantung. Ketika jari-jemari kita dan pasangan saling bertemu, bukan hanya stres yang diredakan. Kualitas hubungan pun bisa semakin baik.
Berpegangan tangan dengan pasangan juga akan memberikan perasaan nyaman yang berefek pada kesehatan jantung.

4. Meringankan rasa sakit

Ketika menahan sakit, manusia memiliki refleks alami untuk menegangkan otot-ototnya. Begitu juga pada peristiwa melahirkan. Para suami yang hadir di ruang persalinan dan menggenggam tangan istri bisa menguatkan sang istri. Menghadapi rasa sakit akan terasa lebih ringan dengan berpegangan tangan pasangan.

5. Melawan rasa takut

Otak manusia merespons rasa takut menggunakan hormon adrenalin. Saat melawan rasa takut, tubuh akan memompa darah lebih cepat dan melepaskan hormon kortisol ke seluruh tubuh. Hal ini pun bisa terjadi saat kita merasa takut atau tegang selama menonton film horor.
Pada kondisi demikian, reaksi alamiah yang ingin kita lakukan adalah dengan meraih tangan orang tersayang. Ini adalah intuisi alamiah untuk melawan rasa takut.

6. Menghadirkan rasa aman

Menggandeng tangan akan memberikan perasaan aman dan dilindungi. Misalnya, pada saat akan menyeberang jalan atau berada di tempat ramai. Rasa tidak aman akan menghilang saat ada tangan yang menggandeng kita saat menghadapi rintangan.

Baca juga: Mengenal Bahasa Cinta Acts Of Service

Alasan Anda perlu bergandengan tangan

alasan bergandengan tangan
Bergandengan tangan ternyata mampu mensinkronkan
gelombang otak Anda dan pasangan.

Sebuah riset dilakukan oleh para peneliti dari University of Colorado dan University of Haifa, Amerika Serikat.

Penelitian dengan alat monitor gelombang otak ini, melibatkan 22 pasangan berusia 23-32 tahun. Hasilnya, berpegangan tangan memberikan berbagai manfaat, karena tiga hal berikut ini.

1. Berpegangan tangan mampu mensinkronkran napas:

Berpegangan tangan dengan pasangan bisa membuat napas Anda berdua sinkron alias seirama. Begitu pula dengan detak jantung dan gelombang otak.

2. Meningkatnya empati memengaruhi gelombang otak:

Berpegangan tangan bersama pasangan, bisa meningkatkan empati satu sama lain. Seiring peningkatan empati ini, gelombang otak Anda dan pasangan pun menjadi sinkron. Hasilnya, rasa sakit pun bisa berkurang.

3. Gelombang otak yang tersinkron dapat meredakan sakit:

Mengapa gelombang otak yang tersinkron, seakan-akan bisa meredakan nyeri? Meski masih lebih banyak penelitian yang diperlukan, ada kemungkinan yang mendasarinya. Sentuhan yang disertai empati, bisa membuat pasangan merasa dimengerti. Akibatnya, rasa sakit bisa berkurang, sebagai dampak dari mekanisme otak yang berjalan.

Baca juga: Manfaat Panggilan Sayang untuk Pasangan

Catatan dari SehatQ

Hanya dengan menggandeng tangan saja Anda sudah bisa mendapatkan banyak manfaat. Cobalah lebih sering memegang tangan pasangan dalam keadaan apa pun.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kesehatan dan gangguan kecemasan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

streskesehatan otakpercintaan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved