Suhu Kamar yang Direkomendasikan untuk Tidur Nyenyak

Suhu tidur orang dewasa dan anak-anak ternyata berbeda.
Suhu tidur memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas tidur.

Suhu kamar memiliki peran penting dalam kualitas tidur Anda. Suhu kamar yang terlalu dingin atau panas, ternyata bisa mengganggu jam istirahat di malam hari.

Sebab, di saat Anda sedang tidur, suhu tubuh akan menurun. Jika kamar memiliki suhu sejuk, maka tubuh bisa "menyesuaikan" dan merasa nyaman berada di dalam ruangan itu.

Kenalilah suhu kamar terbaik bagi Anda ataupun Si Kecil, untuk mendapatkan tidur nyenyak, di bawah ini.

Suhu kamar terbaik untuk tidur nyenyak, di angka berapa?

Tidur
Suhu kamar yang tepat untuk orang dewasa

Ternyata, suhu kamar paling ideal untuk tidur adalah 18,3 derajat Celcius! Sebab, suhu kamar inilah yang dianggap paling ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Sebenarnya, hal ini ada hubungannya dengan regulasi temperatur internal tubuh. Menjelang tidur, suhu tubuh akan menghangat, dan kembali normal saat akan bangun (sekitar jam 5 pagi).

Suhu kamar yang terlalu dingin atau panas akan berdampak buruk pada temperatur internal tubuh, sehingga mengganggu kualitas tidur Anda. Sebuah penelitian membuktikan bahwa suhu kamar adalah salah satu faktor terpenting dalam meraih tidur yang berkualitas.

Sebuah riset lain dengan survey pada 765.000 responden juga menemukan bahwa suhu kamar yang terlalu panas, bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam mendinginkan dirinya di malam hari. Akibatnya, tidur yang berkualitas tidak dapat diraih.

Suhu kamar terbaik untuk bayi

Bayi tidur
Suhu kamar yang tepat untuk bayi

Sama seperti orang dewasa, jika suhu kamar terlalu dingin atau panas, maka jam dan kualitas tidur bayi pun bisa terganggu.

Namun bukan berarti suhu kamar terbaik untuk bayi, sama seperi orang dewasa. Seperti yang sudah diketahui tadi, suhu kamar terbaik untuk orang dewasa ialah 18,3 derajat Celsius.

Ternyata, suhu kamar paling tepat untuk bayi adalah 20-22 derajat Celcius, sedikit di atas suhu kamar yang tepat untuk orang dewasa.

Waspadalah, jika suhu kamar terlalu panas, bayi akan berpotensi terserang sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Kemudian, jika suhu kamar terlalu dingin, maka bayi bisa menggigil dan sering terbangun dari tidurnya.

Selain itu, Anda juga bisa memastikan kualitas tidur bayi dengan menyentuh belakang leher atau perutnya. Jika Anda menemukan adanya keringat di dua bagian tubuh itu, bisa jadi Si Kecil sedang merasa kepanasan.

Jangan lupa juga matikan lampu dan heningkan suasana di dalam ruangan. Sebab, dua hal inilah yang bisa membuat tidur bayi menjadi nyenyak.

Risiko tidur dengan suhu kamar terlalu panas dan dingin

Ada berbagai risiko yang muncul, jika Anda tidur dengan suhu kamar yang terlalu panas ataupun dingin. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Suhu kamar yang terlalu panas

Suhu kamar yang terlalu panas bisa membuat diri Anda gelisah di saat sedang tidur atau mencoba untuk tidur. Hal ini disebabkan oleh penurunan pada rapid eye movement (REM) atau tidur gelombang lambat (slow wave sleep).

Selain itu, suasana lembap yang diakibatkan suhu kamar panas, juga bisa mengganggu kualitas tidur Anda.

  • Suhu kamar yang terlalu dingin

Sebuah penelitian dilakukan dengan meminta para responden tidur dengan busana yang minim, tanpa selimut untuk menghangatkan tubuh mereka. Para ahli kemudian menemukan bahwa kualitas tidur mereka sangat terganggu dengan suhu kamar yang dingin. Kesimpulannya, suhu kamar yang terlalu dingin akan membuat Anda sulit untuk tertidur.

Suhu kamar adalah faktor penting yang bisa mengatur kualitas tidur Anda. Itulah sebabnya, Anda sangat disarankan untuk lebih memperhatikan suhu kamar.

Selain suhu kamar, perhatikan juga hal lain yang bisa meningkatkan kualitas tidur, seperti mematikan lampu saat tidur, menciptakan suasana yang hening, menjaga pola tidur, hingga menghindari konsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur.

Healthline. https://www.healthline.com/health/sleep/best-temperature-to-sleep
Diakses pada 29 April 2020

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-care/what-is-right-temperature-for-baby/#whatstherightroomtemperatureforbaby
Diakses pada 29 April 2020

Artikel Terkait