Sudahkah Anda Mengonsumsi Sayuran yang Mengandung Protein Ini?

(0)
23 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sayuran yang mengandung protein ini wajib dicoba vegan dan vegetarian.Sayuran yang mengandung protein beserta kacang-kacangan yang harus dicoba.
Bagi vegan dan vegetarian, sayuran yang mengandung protein bagaikan "makanan mewah". Bagaimana tidak? Kebanyakan protein yang ada pada makanan, berasal dari produk hewani. Sementara itu, kebutuhan protein harus dipenuhi oleh siapa saja, termasuk vegan dan vegetarian.Namun tenang, para vegan dan vegetarian tidak perlu takut. Faktanya, ada banyak sayuran yang mengandung protein untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan protein sehari-harinya. Apa saja sayuran yang mengandung protein nabati itu?

Sayuran yang mengandung protein paling tinggi

Kata protein sendiri datang dari bahasa Yunani, yakni proteos. Proteos memiliki arti "yang utama", seakan merepresentasikan pentingnya protein bagi kesehatan.Bagaimana tubuh bisa berfungsi dengan baik, jika asupan protein tubuh saja tidak dipenuhi? Maka dari itu, kenali dan konsumsilah berbagai sayuran yang mengandung protein ini.

1. Selada air

Sayuran yang mengandung protein selanjutnya adalah selada air. Dalam satu cangkir (34 gram) selada air, terdapat 0,8 gram protein dan 100% rekomendasi asupan harian (RAH) vitamin K!Ditambah lagi, selada air mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin B, kalsium, mangan, kalium, vitamin A, dan vitamin C.

2. Kecambah alfalfa

Sayuran yang mengandung protein ini sangat rendah kalori. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kecambah alfalfa sangat cocok untuk dimasukkan dalam menu harian!Satu cangkir kecambah alfalfa memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yakni 1,3 gram protein. Selain itu, ada banyak nutrisi penting lainnya, mulai dari folat, vitamin B, hingga zat besi.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran yang wajib dicoba. Rasanya yang lezat, membuatnya menjadi salah satu sayuran paling digemari di dunia.Bayam ternyata menjadi salah satu sayuran yang mengandung protein. Per cangkirnya (30 gram), terdapat 1 gram protein dan juga 181% RAH vitamin K

4. Pak coy

Sawi sendok atau yang lebih dikenal dengan sebutan pak coy tidak hanya mengandung vitamin dan mineral. Ia juga menjadi sayuran yang mengandung protein tinggi. Satu cangkir (70 gram) pak coy, mengandung 1 gram protein. Selain itu, pak coy juga menjadi sumber folat, kalsium, kalium, mangan, dan zat besi yang tinggi.

5. Asparagus

Sayuran yang satu ini seringkali diolah menjadi sup maupun pendamping ketika menyantap steik. Namun belum banyak yang tahu kalau sayur asparagus yang sangat menyehatkan itu, masuk ke dalam daftar makanan yang mengandung protein paling tinggi.Satu cangkirnya (134 gram) saja, mengandung 2,9 gram protein. Selain itu, ada juga vitamin B, folat, tembaga, fosfor, hingga magnesium di dalamnya.

6. Brokoli

Sepertinya tidak berlebihan jika menyebut brokoli sebagai sayuran super. Selain mengandung protein yang tinggi, brokoli juga dilengkapi berbagai nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, seperti kalium, fosfor, vitamin C, vitamin K, hingga mangan.Lebih dari itu, brokoli mengandung glukosinolat, yang dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker.
Dalam satu cangkir brokoli, terdapat 2,6 gram di dalamnya. Super sekali, bukan?

7. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran berikutnya yang mengandung protein. Sayuran yang lezat dimasak dengan berbagai cara ini, mengandung 2 gram protein dalam satu (100 gram) cangkirnya.Sama seperti brokoli, kembang kol juga memiliki glukosinolat, yang dianggap ampuh mencegah penyakit kanker.

Selain sayuran, kacang-kacangan ini juga mengandung protein

Sebagai variasi menu Anda, berbagai kacang-kacangan berikut ini juga tak kalah pentingnya untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap protein. Apa saja kacang-kacangan tersebut?

1. Edamame

Edamame
Edamame, sayuran yang mengandung protein
Sayuran yang mengandung protein ini seringkali terlihat di restoran sushi. Rasanya yang lezat dan cocok dijadikan camilan sehat, menjadikan edamame sebagai sayuran yang mengandung protein favorit banyak orang.Bahkan, satu cangkir berisikan edamame penuh, mengandung 18,46 gram protein. Tidak heran kalau edamame dianggap sebagai salah satu sayuran yang mengandung protein paling tinggi.

2. Kacang chickpea

Sama seperti bayam, kacang chickpea adalah makanan yang mengandung protein. Walau belum dikenal luas di Indonesia, kandungan protein kacang chickpea tidak boleh dipandang sebelah mata.Per cangkirnya, kacang chickpea mengandung kadar protein yang tak boleh diremehkan, yakni sebanyak 14,53 gram.

3. Kacang hijau

Kacang hijau
Kacang hijau, sayuran yang mengandung protein
Sering melihat tukang bubur kacang hijau yang “mangkal” di depan kantor atau tempat tinggal Anda? Jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk mengonsumsi salah satu makanan yang mengandung protein terbanyak ini!Kacang hijau yang biasanya disajikan dengan santan itu, ternyata mengandung protein yang sangat tinggi. Per cangkirnya, kacang hijau memiliki 14,18 gram protein.

4. Kacang kapri

Masih dari keluarga kacang-kacangan, kini ada kapri, sayuran yang mengandung protein tinggi. Tidak hanya bentuknya saja yang mirip dengan edamame, tapi kandungan proteinnya juga menyerupai yang ditawarkan kudapan tersebut. Dalam satu cangkir kacang kapri, ada 8,58 gram protein.

5. Quinoa

Quinoa adalah bahan makanan yang kini sudah mudah ditemukan di swalayan. Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mengonsumsi salah makanan pokok yang mengandung protein tertinggi ini.Dalam satu cangkir quinoa, terdapat 8,14 gram protein di dalamnya. Selain mudah dimasak, quinoa bisa melengkapi makanan lainnya.

6. Kacang pistachio

Kacang yang sangat cocok dijadikan camilan sambil nonton televisi ini ternyata masuk dalam daftar sayuran yang mengandung protein. Ia memiliki 5,97 gram protein di dalam satu cangkirnya.Setelah mengetahui berbagai sayuran dan kacang-kacangan yang mengandung protein di atas, jangan lupa untuk “mencantumkan” mereka di dalam menu makan sehari-hari, ya.

Catatan dari SehatQ:

Harus diakui, sayuran memang tidak memiliki jumlah protein sebanyak daging. Namun, jangan lupakan nutrisi penting yang dikandungnya.Berbagai zat mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, telah “disediakan” oleh sayuran yang mengandung protein di atas. Maka dari itu, jangan lupakan mereka saat ingin memasak, ya!
proteinmakanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/functions-of-protein
Diakses pada 8 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318600#1.-Watercress
Diakses pada 8 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait