Sudah Terbiasakah Anda dengan 9 Cara Menerima Kekurangan Diri Ini?

Menerima kekurangan diri dapat dilakukan dengan cara meditasi
Meditasi adalah salah satu cara untuk menerima kekurangan diri

Tanpa disadari, seseorang bisa jadi kerap lupa berterima kasih pada diri sendiri. Justru, kekurangan diri yang mendominasi pikiran dan terkadang berdampak pada kepercayaan diri dan aspek mental lainnya. Padahal, seharusnya diri sendiri yang bisa memberikan apresiasi tertinggi sebelum mengharapkan hal serupa dari orang lain.

Sudah menjadi hal umum ketika seseorang cenderung fokus pada hal-hal negatif dan perlu diperbaiki dari dirinya. Otak menggunakan bagian yang berbeda untuk memilah informasi positif dan negatif. Emosi negatif biasanya memerlukan pemikiran lebih mendalam sehingga informasi yang dicerna pun lebih menyeluruh.

Cara menerima kekurangan diri

Tentu ada batasan antara menerima kekurangan diri dengan terlalu membangga-banggakan kelebihan yang bisa jadi ciri orang dengan gangguan narsistik. Justru, ketika seseorang bisa menerima kekurangan dirinya maka perasaan akan menjadi lebih percaya diri dan berdampak positif bagi banyak aspek kehidupan.

Lalu, bagaimana cara menerima kekurangan diri?

1. Hadapi rasa takut

Setiap orang punya rasa takut tersendiri, terkadang membuat diri terjebak dalam kondisi tertentu. Padahal, langkah untuk menerima kekurangan diri bisa dimulai dengan mulai menghadapi rasa takut. Coba tuliskan apa saja hal yang menjadi ketakutan. Perlahan, hadapi dan pahami mengapa hal itu tidak terlalu menakutkan lagi.

2. Bersikap positif

Coba kelilingi diri dengan afirmasi positif sehingga bisa memberikan motivasi. Dengan cara ini, setiap kali muncul perasaan ragu atau kurang percaya diri, distraksi menjadi hal positif. Pada awalnya mungkin hal ini terasa berat, namun jika sudah terbiasa akan menjadi hal yang menyenangkan.

3. Meditasi

Melakukan meditasi adalah cara yang sangat baik untuk menerima kekurangan diri. Ketika hidup terasa penuh tekanan dan semua serba terburu-buru, tekan tombol jeda sejenak dengan cara melakukan meditasi.

Meditasi bisa dilakukan dengan durasi sesuka hati. Semakin lama durasinya, akan semakin terbantu pikiran untuk menjadi rileks dan kembali seimbang.

4. Dengarkan diri sendiri

Menjadi mindful atau benar-benar sepenuh hati mendengarkan diri sendiri adalah hal penting untuk menerima kekurangan diri. Tanyakan apa yang dibutuhkan diri sendiri dengan cara masing-masing. Ada yang melakukannya sembari berjalan santai, melihat pemandangan, atau hal lainnya.

5. Berbagi dengan orang lain

Salah satu cara agar merasa bahagia adalah dengan menolong orang lain. Begitu pula sebaliknya, jangan ragu berbagi cerita atau keluh kesah dengan orang lain saat merasa butuh. Adalah hal yang wajar ketika merasa sedang sedih atau bingung. Ketika hal itu datang, jangan ragu mencari bantuan.

6. Bersyukur

Setiap hari, syukuri hal-hal yang terjadi atau masih bisa dirasakan. Hal ini tak perlu berlebihan dan hal luar biasa, hanya perlu hal sederhana seperti masih bisa terbangun menghirup udara segar atau sekadar masih diberi kesempatan menjalani hari kembali.

Setiap hari, coba tulis 3 hal yang paling disyukuri. Hal ini bisa dilakukan pagi atau malam saat menutup hari. Menulis jurnal ini akan menjadi cara yang indah untuk menghargai dan menerima kekurangan diri.

7. Yakin dengan diri sendiri

Setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam menaklukkan pencapaian dalam hidup. Tak perlu membandingkan pencapaian dengan orang lain, yakin saja dengan kemampuan diri sendiri. Tidak bisa mencetak prestasi seperti orang lain yang seusia bukan berarti kekurangan. Setiap orang punya caranya sendiri.

8. Memaafkan

Jika masih ada hal yang mengganjal dan belum termaafkan, coba lupakan dan maafkan hal itu. Merasakan dendam atau sakit hati hanya akan membuat seseorang tak bisa berkembang. Justru, hal ini dapat membuat seseorang terus menerus mengulik apa kekurangan dirinya.

9. Pantang menyerah

Tidak ada kesuksesan yang terjadi pada percobaan pertama. Perlu perjalanan panjang jatuh bangun hingga bisa mencapai kesuksesan. Untuk itu, ketika merasa gagal jangan ragu untuk kembali bangkit dan mencoba lagi. Ingat, kekurangan diri bukanlah akhir dari segalanya.

Catatan dari SehatQ

Setiap individu perlu tahu betul bahwa dirinya berguna dan berhak merasa bahagia. Mencintai dan menerima kekurangan diri adalah cara untuk mencapai kebahagiaan.

Dengan mencoba melakukan 9 cara menerima kekurangan diri di atas, maka seseorang akan semakin bisa berkembang. Lewat penerimaan atas kekurangan diri, akan terbangun motivasi untuk terus memperbaiki diri.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/evolution-the-self/200809/the-path-unconditional-self-acceptance

Diakses 13 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/8-ways-to-embrace-self-love-and-thank-your-body#8

Diakses 13 April 2020

Artikel Terkait