Memencet jerawat batu justru akan membuatnya semakin parah
Jangan memencet jerawat batu karena akan membuatnya infeksi

Tamu tak diundang di wajah seperti jerawat batu kadang membuat kesal. Banyak orang ingin tahu cara menghilangkan jerawat batu agar kulit bisa kembali sehat. Meski demikian, ada satu masalah kulit yang mirip dengan jerawat batu, yaitu rosacea. Gejalanya sangat mirip.

Baik jerawat batu maupun rosacea juga merupakan masalah kulit yang paling umum terjadi. Namun terlepas dari seringnya masalah ini terjadi, kadang cara menghilangkan jerawat batu dan rosacea menjadi tantangan tersendiri.

Cara menghilangkan jerawat batu adalah dengan memastikan itu bukan rosacea. Jangan pernah mencoba memencet jerawat batu, gunakan pelembab, dan gunakan obat yang tepat.

Cara menghilangkan jerawat batu

Bagi orang yang memiliki jerawat membandel, cara menghilangkan jerawat batu yang paling ampuh dan efektif adalah dengan berkonsultasi pada spesialis kulit. Mereka bisa tahu betul kondisi kulit Anda dan mencari pengobatan yang tepat sasaran.

Namun tidak semua orang memiliki sumber daya memadai seperti waktu, tenaga, hingga biaya untuk berkonsultasi ke spesialis kulit.

Jika hal ini yang Anda alami, coba beberapa cara menghilangkan jerawat batu berikut ini:

  • Tidak memencet jerawat

Salah satu hal yang paling sulit dihindari oleh orang yang memiliki jerawat adalah menahan diri untuk tidak memencetnya. Jangan pernah memencet jerawat apapun itu, terlebih jerawat batu.

Mungkin pada usia remaja, jerawat yang bermunculan di wajah bisa dengan mudah dipecahkan dengan cara dipencet. Namun ketika urusannya sudah dengan jerawat batu, ada gumpalan sel darah putih di dalamnya yang tidak bisa begitu saja dipencet.

Bukan hanya menahan diri untuk tidak memencet, seseorang harus menahan diri untuk tidak menyentuh jerawat batu. Anda tidak pernah tahu apakah tangan cukup bersih atau tidak. Memencet jerawat batu hanya akan membuatnya memburuk.

  • Kompres es

Jerawat batu berakar sangat dalam di bawah kulit sehingga kadang Anda bisa merasakan ketika jerawat ini tumbuh. Ketika mulai terasa ada jerawat yang tumbuh, jangan panik.

Ambil es batu dan kompres langsung ke area yang terasa akan ditumbuhi jerawat selama beberapa detik. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan memperkecil ukuran jerawat yang mungkin muncul.

Cara ini sangat efektif apabila jerawat muncul tiba-tiba saat harus beraktivitas. Anda hanya perlu menutupnya dengan concealer sebelum kembali menjalani hari.

  • Pilih pembersih wajah yang tepat

Kunci dari wajah bebas dari jerawat batu salah satunya adalah membersihkan wajah dengan tepat. Bersihkan secara menyeluruh dalam beberapa tahapan untuk memastikan semua kotoran usai beraktivitas terangkat tuntas.

Orang yang memiliki jerawat batu sebaiknya menggunakan pembersih yang mengandung salicylic acid yang membantu mengangkat kelebihan minyak, mengangkat sel kulit mati, dan mengeringkan jerawat.

Mengenal jerawat batu dan rosacea

Jerawat batu atau cystic acne bisa jadi merupakan jenis jerawat yang paling menyebabkan trauma bagi orang yang pernah – atau selalu – memilikinya. Tak hanya masalah seberapa besar jerawat batu ‘menjajah’ area wajah seseorang, rasa sakitnya juga luar biasa.

Tak hanya itu, perawatan kulit yang biasa Anda lakukan di rumah terkadang tidak cukup ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Lebih jauh lagi, sekali saja Anda memencet jerawat batu, maka dia bisa menyebar semakin banyak.

Lalu, apa bedanya dengan rosacea?

Hal yang membuat jerawat batu kerap disalahartikan sebagai rosacea – pun sebaliknya – adalah bentuknya. Keduanya sama-sama berupa benjolan kemerahan yang muncul di area wajah. Warna merah ini bisa jadi permanen atau hilang dengan sendirinya.

Perbedaan lebih jauh bisa dilihat dari beberapa indikator:

  • Komedo

Rosacea sekilas terlihat seperti jerawat, namun tanpa komedo. Sementara jerawat biasanya juga muncul bersamaan dengan komedo.

  • Kulit kemerahan 

Pada rosacea, kemerahan akan terlihat di tengah wajah (pipi, hidung, dagu, dahi). Sementara pada jerawat batu, kemerahan hanya akan terlihat di sekitar area yang mengalami breakout saja.

  • Kulit berminyak

Pada orang yang mengalami jerawat batu, biasanya kulitnya terlihat berminyak terutama di bagian tertentu seperti dahi, hidung, dan dagu. Pada rosacea, tidak terlihat minyak di wajah melainkan hanya pori-pori yang tampak jelas.

  • Pembuluh darah

Rosacea membuat pembuluh darah terlihat dengan mudah, namun tidak demikian halnya dengan jerawat batu.

  • Tekstur kulit

Pada orang dengan jerawat batu, tekstur kulitnya cenderung kasar akibat luka yang ditimbulkan jerawat. Namun pada rosacea, kulitnya cenderung sensitif terhadap paparan produk sehingga terasa gatal hingga terbakar. 

  • Mata

Jika jerawat batu biasanya tidak menimbulkan sakit mata, berbeda dengan rosacea. Penderitanya akan menderita masalah mata seperti bengkak, merah, hingga rasa tidak nyaman terus menerus.

Jadi, untuk membedakan jerawat batu dan rosacea serta untuk tahu cara menghilangkan jerawat batu yang tepat, pertama-tama identifikasi dulu apa yang Anda alami. Baru kemudian pilih cara yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/acne-and-rosacea/is-that-acne-or-rosacea
Diakses pada 26 Juni 2019

Self. https://www.self.com/story/is-your-acne-actually-rosacea
Diakses pada 26 Juni 2019

Allure. https://www.allure.com/story/how-to-treat-cystic-acne
Diakses pada 26 Juni 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed