Sudah Benarkah Cara Membersihkan Kacamata Anda Selama Ini?

Cara membersihkan kacamata dengan kain pembersih sebaiknya tidak dilakukan karena debu yang menempel dapat menggores lensa
Mengelap lensa kacamata dengan kain pembersih justru rentan menggores lensa

Pernah melihat seseorang – atau bahkan Anda sendiri – menghembuskan napas ke lensa kacamata untuk membersihkannya? Atau menggosokkan kacamata ke baju yang sedang Anda kenakan? Cara membersihkan kacamata seperti ini sudah saatnya ditinggalkan, karena hanya akan merusak lensa kacamata.

Sebagian besar bahan lensa kacamata yang umum digunakan saat ini adalah bahan plastik. Bahan ini populer digunakan karena ringan dan mudah dibentuk. Meski demikian, ada kekurangannya: sangat mudah tergores.

Cara membersihkan kacamata yang tepat

Sekali lensa kacamata tergores, tidak ada cara untuk mengembalikannya seperti semula. Peribahasa nasi sudah jadi bubur rasanya tepat untuk menggambarkan kondisi ini.

Selama ini orang kerap membersihkan kacamata dengan menghembuskan napas disusul dengan mengusap permukaannya dengan kain. Cara ini justru bisa membuat lensa tergores karena debu yang ada di kain pembersih tersebut.

Hal yang sama bisa terjadi saat membersihkan lensa kacamata dengan menggosoknya dengan pakaian yang sedang digunakan. Biasanya, bagian pinggir baju yang dipilih. Tapi tahukah Anda, bagian pinggir baju ini juga rentan kotor dan menjadi tempat menumpuknya debu?

Beberapa cara membersihkan kacamata berikut ini layak menjadi referensi Anda:

  • Bersihkan di air mengalir

Membersihkan kacamata dalam kondisi kering hanya akan membuat residu yang menempel di permukaan lensa tergores lebih jauh lagi. Cara membersihkan kacamata yang jauh lebih aman adalah dengan menempatkannya di bawah air mengalir.

Sesuaikan berapa banyak air mengalir pada kacamata Anda. Jika lensa kanan dan kiri kacamata Anda sudah merata terkena air, artinya sudah siap dibersihkan ke tahap selanjutnya.

  • Gunakan sabun pencuci piring

American Optometric Association merekomendasikan cara membersihkan kacamata yang cukup unik, yaitu dengan menggunakan sabun pencuci piring. Caranya adalah setelah membasahi lensa kacamata di bawah air mengalir, tuang sedikit sabun pencuci piring di ujung jari Anda.

Kemudian, ratakan ke lensa kacamata. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain yang benar-benar bersih dan lembut.

  • Bersihkan setiap pagi

Jangan menunggu kacamata kotor dan mengganggu penglihatan Anda sebelum membersihkannya. Setiap hari, ada residu dari keringat, wajah, bulu mata, parfum, bahkan debu dari udara sekitar yang menempel di lensa kacamata Anda.

Untuk itu, sebaiknya Anda membersihkan kacamata setiap pagi sebelum digunakan. Perhatikan bagian yang memiliki sudut sulit tergapai karena di lokasi tersebut biasanya ada kotoran yang tersangkut. 

  • Pastikan tangan Anda bersih

Meski dalam kondisi terburu-buru, cara membersihkan kacamata yang tak kalah penting adalah terlebih dahulu memastikan tangan Anda bersih.

Artinya, sebelum membersihkan kacamata, bersihkan dulu tangan Anda dari kotoran, debu, lotion, minyak, atau apapun yang bisa berpindah ke lensa kacamata. Setelah tangan bersih, baru Anda bisa membersihkan kacamata dengan tepat.

  • Bersihkan semua bagian

Membersihkan lensa kacamata bisa dilakukan dengan mengusapkan kedua permukaan lensa secara merata dengan cairan pembersih yang biasa Anda gunakan. 

Meski demikian, jangan hanya fokus pada lensa saja. Pastikan Anda juga membersihkan area lain dari kacamata seperti penyangga hidung, bingkai atau frame, juga bantalan di belakang telinga. Semua bagian yang rentan terpapar debu dan keringat harus dibersihkan secara menyeluruh.

  • Simpan saat tidak digunakan

Saat sudah berada di rumah dan akan beristirahat, orang biasanya melepaskan kacamata yang mereka gunakan. Namun ingat jangan meletakkan kacamata di tempat sembarangan.

Sebaiknya simpan di dalam hard case khusus untuk kacamata. Letakkan dengan posisi lensa menghadap ke atas. Pastikan pula menyimpan kacamata di tempat dengan suhu ruangan. Suhu terlalu tinggi dapat merusak lapisan lensa kacamata Anda.

  • Bawa ke optik

Sesekali, tak ada salahnya membawa kacamata Anda ke optik untuk dibersihkan secara menyeluruh. Tentu mereka memiliki peralatan yang jauh lebih lengkap dan aman untuk membersikan kacamata. Ada optik yang menyediakan layanan ini secara cuma-cuma.

Tidak berlebihan jika menyebut kacamata adalah hal terpenting untuk membantu penglihatan seseorang. Jika cara membersihkan kacamata tidak tepat, bukan tidak mungkin goresan demi goresan akan terakumulasi dan mengganggu jelas tidaknya penglihatan seseorang.

Jadi, ketimbang terburu-buru membersihkan kacamata dengan menggosokkannya ke pakaian, lebih baik mengalokasikan waktu yang lebih banyak untuk membersihkan kacamata dengan lebih detil dan menyeluruh.

Semakin tepat cara membersihkan kacamata yang Anda terapkan, semakin tahan lama pula kacamata Anda.

Catatan dari SehatQ

Membersihkan lensa kacamata tidak bisa sembarangan. Jangan menggosokkan permukaan lensa dengan ujung pakian Anda. Debu-debu yang menempel pada lensa maupun pada baju dapat menggores lensa kacamata Anda bila dibersihkan dengan cara demikian.

Sekali lensa kacamata tergores, maka tidak akan bisa kembali seperti semula. Gunakan air mengalir dan sabun pencuci piring untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada lensa kacamata.

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/eyeglasses/how-to-clean-glasses.htm
Diakses 1 Oktober 2019

Wall Street Journal. https://www.wsj.com/articles/SB10001424127887323375204578269942300847314
Diakses 1 Oktober 2019

Zeiss. https://www.zeiss.com/vision-care/int/better-vision/health-prevention/what-s-the-right-way-to-clean-and-treat-your-glasses-.html
Diakses 1 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed