Suara Rekaman Terdengar Berbeda, Ini Cara Mengetahui Suara Asli Kita


Cara mengetahui suara asli kita adalah merekamnya dan mendengarkannya sendiri. Alat perekam akan memberikan warna asli suara Anda.

0,0
22 Sep 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara mengetahui suara asli kita adalah merekamnya dan mendengarkannya sendiriAlat perekam suara akan menangkap suara asli
Anda akan merasa aneh saat mendengar rekaman suara sendiri. Suara yang Anda dengar bisa saja lebih tipis dan tinggi. Tidak jarang, suara asli Anda akan terdengar lebih menyebalkan. Ketika berbicara, Anda akan mendengar suara dengan cara yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengetahui suara asli kita di bawah ini.

Merekam suara asli

Alat perekam suara akan menangkap suara asli. Alat tersebut menangkap suara apa adanya. Jadi benda tersebut tidak berbohong tentang keaslian suara Anda.Berbeda dengan indera pendengaran Anda yang menangkap suara asli. Suara sampai telinga dengan banyak cara. Sebagian besar, suara tersebut sudah terkonduksi oleh udara. Saat Anda berbicara, pita suara akan menciptakan gelombang yang merambat lewat udara hingga ke telinga bagian dalam.Tulang dan jaringan kepala Anda juga akan membantu menghantarkan gelombang tersebut sehingga Anda bisa mendengarnya langsung. Bedanya, rekaman suara tidak melewati rambatan tulang dalam kepala. Hal ini yang membuat rekaman suara Anda sangat berbeda.

Cara kerja suara

Suara manusia bekerja dalam tiga sistem. Berikut sistem suara manusia:

1. Pernapasan

Napas adalah kekuatan untuk memproduksi suara. Anda akan secara otomatis menarik napas saat ingin berbicara. Lalu, mengembuskannya saat mulai berbicara.Aliran udara ini yang bergerak ke atas tenggorokan melalui kotak suara. Setelah itu, pita suara akan bergetar hingga suara muncul. Getaran pita suara ini akan berhenti setelah Anda berhenti berbicara atau kehabisan napas.

2. Fonasi

Fonasi disebut juga dengan getaran lipatan vokal yang menjadikan sumber suara. Pita suara adalah otot kecil yang memiliki penutup dalam laring. Saat bernapas, pita suara akan terbuka sehingga udara bisa mengalir ke bagian atas trakea dan paru-paru.Pita suara Anda akan menutup untuk meningkatkan tekanan getaran. Getaran pita suara ini akan memotong aliran udara sehingga menghasilkan suara yang bisa kita dengar.

3. Resonansi

Nada yang diciptakan oleh pita suara ini yang dikenal dengan resonansi. Hal ini akan sangat dipengaruhi oleh panjang dan bentuk vokalnya.Jika menarik napas dan mulai bernyanyi, Anda akan mengalami resonansi di depan wajah. Jika menggeram, Anda akan merasakan adanya resonansi ke bagian bawah, belakang, dan tenggorokan.

Cara mengetahui suara asli

Cara yang paling ampuh untuk mengetahui suara asli adalah merekamnya. Anda akan menemukan suara yang lebih tinggi bahkan sangat cempreng. Perbedaan ini juga bisa saja dipengaruhi oleh alat perekam yang digunakan. Namun, faktor tersebut sangatlah kecil.Cara lain yang bisa dilakukan adalah menaruh telapak tangan secara terbuka di depan tulang baji atau di samping telinga. Lalu, berbicaralah seperti biasa. Namun, cara ini mungkin harus dilakukan di tempat yang benar-benar sepi. Biarpun begitu, suara Anda mungkin masih akan terdengar berbeda.

Catatan dari SehatQ

Cara mengetahui suara asli bisa dilakukan dengan merekam suara Anda. Jangan heran kalau suara yang terdengar akan sangat berbeda. Mungkin Anda pun akan merasa sangat kesal saat mendengarnya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pita suara, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
suara serakpita suaragangguan pita suara
BBC https://www.bbc.com/future/article/20130913-why-we-hate-hearing-our-own-voice
Diakses pada 14 September 2021
Scientific American https://www.scientificamerican.com/article/why-does-my-voice-sound-different/
Diakses pada 14 September 2021
Temple Health https://www.templehealth.org/about/blog/how-does-my-voice-work
Diakses pada 14 September 2021
Wonderopolis https://wonderopolis.org/wonder/why-does-my-voice-sound-different-on-a-recording
Diakses pada 14 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait