Suami Istri LDR? Ini Tips Menjalani Hubungan supaya Tetap Awet

(0)
22 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu tips menjaga hubungan suami istri LDR adalah menjaga komunikasiMenjalani hubungan suami istri LDR dapat disiasati dengan menjaga komunikasi
Hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) merupakan sebuah tantangan bagi banyak pasangan, apalagi bagi Anda yang sudah menikah sehingga harus menjalani hubungan pernikahan jarak jauh.Hubungan suami istri LDR dapat disebabkan berbagai hal. Mungkin karena pekerjaan, kewarganegaraan yang berbeda, harus mengurus anggota keluarga yang sakit, atau alasan lainnya. Namun, hubungan ini memiliki tantangan yang lebih banyak dan berat sehingga rentan berujung pada perpisahan.Untuk membantu Anda menjalani hubungan ini, ada sejumlah tips yang dapat membantu menjaga hubungan suami istri LDR. Apa saja?

Tips menjalani hubungan suami istri LDR

Biasanya, berbagai masalah seperti kurang perhatian, hilangnya kepercayaan, kendala komunikasi, atau ketidakpastian bisa menyebabkan hubungan suami istri LDR menjadi rumit.Berikut adalah beberapa tips menjalani hubungan LDR untuk suami istri supaya rumah tangga tetap harmonis meskipun menjalani hubungan jarak jauh.

1. Menjaga komunikasi

Komunikasi merupakan fondasi penting dalam berrumah tangga. Komunikasi yang baik sangat diperlukan oleh setiap pasangan, terutama saat suami istri LDR. Jangan pernah melewatkan satu hari tanpa komunikasi.Bersikaplah seakan-akan Anda dan pasangan masih berada dalam satu rumah. Informasikan semua hal yang terjadi atau rencana yang akan Anda lakukan.Manfaatkan teknologi komunikasi yang sudah kian maju. Anda dapat saling berkirim foto dari kegiatan hari itu, video call, atau sekadar meninggalkan pesan suara berupa kata-kata mesra jika sedang sibuk dan tak bisa saling menghubungi.

2. Jaga kepercayaan satu sama lain

Kepercayaan adalah hal yang paling penting bagi suami istri LDR. Pasalnya, Anda tidak akan pernah bisa mengawasinya 24 jam sehari. Bahkan, pasangan yang berada dalam satu atap belum tentu dapat melakukannya. Pada suami istri LDR, faktor kepercayaan ini akan sangat diuji.
  • Apakah Anda dapat mempercayai pasangan?
  • Apakah Anda dapat dipercaya oleh pasangan?
Suami istri LDR harus bisa menjawab “ya” pada kedua pertanyaan di atas. Jika Anda terlalu curiga, cemburu buta, atau kerap berasumsi tanpa dasar, maka hal ini bisa menjadi gesekan-gesekan yang membuat hubungan menjadi renggang.Anda pun harus bisa menjaga kepercayaan pasangan. Jangan sembarangan bercerita atau curhat tentang urusan rumah tangga Anda pada orang lain, khususnya lawan jenis. Karena hal ini dapat menciptakan kedekatan yang tidak seharusnya.Apalagi, jika Anda berpikir untuk mencoba melirik orang lain walau hanya iseng belaka. Hal tersebut mungkin akan mendatangkan konsekuensi yang dapat Anda sesalkan nantinya.Untuk dapat menjaga kepercayaan satu sama lain, bersikaplah terbuka kepada pasangan. Beri tahu pasangan apa saja yang Anda lakukan hari itu dan siapa saja yang ditemui.Komunikasikan apa yang menjadi kerisauan Anda dan pasangan dengan baik, serta temukan kembali keyakinan pada satu sama lain. Berikan kepercayaan yang tinggi pada pasangan sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi.

3. Menentukan tenggat

Anda jangan pernah berpikir bahwa menjalani hubungan suami istri LDR bisa bertahan selamanya. Oleh karena itu, diskusikan secara serius tentang hubungan LDR yang akan Anda dan pasangan jalani.
  • Berapa banyak frekuensi pertemuan dapat dilakukan selama menjalani LDR?
  • Berapa lama kondisi LDR akan dijalani?
  • Adakah hal yang dapat dilakukan untuk mengakhiri masa LDR?
Hal-hal tersebut harus dibicarakan dengan serius. Jika Anda dan pasangan menjalani pernikahan LDR tanpa kepastian kapan dapat bertemu kembali atau kapan kondisi LDR berakhir, maka seiring waktu salah satu pasangan mungkin tidak sanggup menjalaninya lagi.Bagaimana pun, berumah tangga sebaiknya berada dalam satu atap yang sama. Maka diskusikanlah solusi dari masalah suami istri LDR, seperti siapa yang sebaiknya pindah dan kapan waktu terbaik melakukannya.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
rumah tanggamenjalin hubungan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/keep-long-distance-marriage-healthy-2300821
Diakses 8 Januari 2021
Huff Post. https://www.huffpost.com/entry/long-distance-marriage_n_57b20f27e4b07184041249ed
Diakses 8 Januari 2021
Brides. https://www.brides.com/story/can-a-long-distance-marriage-work
Diakses 8 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait