Studi: Musik Hip Hop Ternyata Berpotensi Memulihkan Gangguan Mental

Musik hip hop yang membesarkan nama Rich Brian, ternyata berpotensi untuk pemulihan gangguan mental
Penelitian menunjukkan musik hip hop dapat membantu pemulihan gangguan mental

Bintang hip hop muda, Brian Imanuel Soeworno alias Rich Brian, mengunjungi presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo, pada Minggu (07/07/2019). Dalam pertemuan tersebut, pelantun "Dat $tik" tersebut berkesempatan untuk membicarakan musiknya.

Telah membawa Rich Brian ke belantika musik mancanegara, musik hip hop memang salah satu jenis musik yang disukai banyak orang. Namun tidak hanya nikmat didengar, musik hip hop dan rap dikabarkan memiliki bermanfaat untuk memulihkan gangguan mental, termasuk kondisi depresi. Pernah mendengar sebelumnya?

[[artikel-terkait]]

Keterkaitan musik hip hop dengan pemulihan mental

Musik, secara umum, memang dikenal bermanfaat untuk kondisi psikologis Anda. Misalnya, musik dapat meredakan stres yang mendera, meningkatkan kemampuan kognitif, serta membantu Anda tertidur lebih nyenyak. Lalu, bagaimana dengan musik hip hop dan rap?

Selama ini, mungkin Anda sering mendengar stigma negatif yang melekat pada musik hip hop, Namun nyatanya, sejumlah riset menyebutkan, musik hip hop juga berpotensi membantu orang dengan gangguan mental.

Pada akhir 2014, akademisi dari Universitas Cambridge melaporkan, para responden penelitian yang mendengarkan musik hip hop, mengalami dampak positif. Mereka mendengarkan musik genre tersebut, sebagai bagian dari terapi psikoedukasi.

Riset yang dimuat dalam The Lanchet Psychiatry tersebut melibatkan penderita gangguan Skizofrenia dan gangguan depresi, sebagai responden. Setelah itu, peneliti membaginya menjadi dua kelompok untuk sama-sama menjalani terapi psikoedukasi.

Kelompok pertama mendengarkan musik hip hop, sedangan kelompok lainnya tidak. Hasilnya, kelompok responden yang mendengarkan musik hip hop, terbukti memiliki pemahaman lebih baik dalam proses terapi.

Sebagai informasi, beberapa lagu populer yang dipilih dalam penelitian tersebut adalah "Man in the Mirror" milik Michael Jackson, dan "Take Off Your Cool" oleh Outcast.

Bagaimana musik hip hop membantu pemulihan gangguan mental?

Akeem Sulee, salah satu peneliti dalam riset tersebut, juga mendirikan Hip Hop Psych. Institusi ini memiliki sekumpulan psikiater dari Universitas Camdridge, yang berusaha mempromosikan musik hip hop untuk penanganan gangguan mental.

Lirik dalam lagu-lagu hip hop yang berkaitan dengan isu mental, tampaknya menjadi kunci untuk dapat menjadi alat terapi. Menurut Hip Hop Psych, musik hip hop kaya dengan hal-hal yang dekat dengan kesehatan mental, seperti masalah kecanduan, gangguan psikosis, gangguan bipolar, gangguan kepribadian ambang, dan gangguan lainnya.

Musik hip hop juga disebutkan, dekat dengan faktor lingkungan dalam gangguan mental, seperti masalah perkotaan, nutrisi yang buruk, pengaruh keluarga yang tidak sehat, maupun faktor lain, seperti faktor genetik dan perubahan ekspresi gen (epigenetik).

Hip Hop Psych juga menuturkan, musik hip hop dapat mendorong penderita gangguan depresi, yang tertarik dengan musik hip hop, untuk meningkatkan citra positif dalam diri mereka, situasi yang mereka hadapi, maupun masa depan.

Memilih musik hip hop dengan lirik yang positif

Dalam konteks sejarah hip hop, musik ini sebenarnya berakar pada nilai-nilai yang positif, seperti kondisi masyarakat, keadilan sosial, pesan perdamaian, hargadiri, saling menghormati, serta semangat untuk terus ceria. Nilai-nilai inilah, yang menjadi kunci untuk musik hip hop.

Beberapa lagu dalam musik hip hop juga dinilai menyampaikan pesan untuk melawan stigma negatif penyakit mental. Misalnya, lagu Kendrick Lamar yang memiliki judul “i", digunakan dalam video untuk kampanye peduli kesehatan mental, yang dirilis oleh Kaiser Permanente. Sebagai informasi, Kaiser Permanente merupakan perusahaan yang menyediakan layanan kesehatan mental di Amerika Serikat.

Hip Hop Psych juga menulis artikel mengenai lagu-lagu Kendrick Lamar. Mereka menyebutkan dalam esai tersebut, lirik dalam musik hip hop milik Kendrick Lamar dapat membantu pasien, maupun praktisi kesehatan jiwa, untuk memahami dan menangani gangguan mental. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh karakter Kendrick yang dekat dengan isu kesehatan mental.

Bagaimanapun juga, ada beberapa lagu rap dan hip hop, yang memiliki lirik yang mungkin tidak bermanfaat, seperti yang berkaitan dengan kekerasan, penyalahgunaan zat tertentu, dan diskriminasi gender. Oleh karena itu, terapi dengan memanfaatkan musik hip hop, tentu harus mempertimbangkan lirik-lirik lagu di dalamnya, untuk membangun citra positif bagi orang-orang yang menjalani terapi tersebut.

iHeart Radio. http://www.iheartradio.ca/news/watch-kendrick-lamar-s-lyrics-used-in-mental-health-campaign-video-1.2038925
Diakses pada 8 Juli 2019

Independent. https://www.independent.co.uk/arts-entertainment/music/news/hip-hop-is-the-most-listened-to-genre-in-the-world-according-to-spotify-analysis-of-20-billion-10388091.html
Diakses pada 8 Juli 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/293391.php
Diakses pada 8 Juli 2019

Telegraph. https://www.telegraph.co.uk/news/science/science-news/11221425/Hip-hop-could-help-with-depression-and-mental-illness-says-Cambridge-University.html
Diakses pada 8 Juli 2019

Tempo.co. https://nasional.tempo.co/read/1222073/jokowi-minta-bintang-hip-hop-rich-brian-mencintai-kambing/full&view=ok

The Guardian. https://www.theguardian.com/society/2019/mar/17/rap-music-mental-health-issues
Diakses pada 8 Juli 2019

The Lancet. https://www.thelancet.com/action/showPdf?pii=S2215-0366%2814%2900063-7
Diakses pada 8 Juli 2019

University of Cambridge. https://www.cam.ac.uk/research/news/exploring-mental-health-through-kendrick-lamars-lyrics
Diakses pada 8 Juli 2019

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/surprising-psychological-benefits-of-music-4126866
Diakses pada 8 Juli 2019

World Economic Forum.
https://www.weforum.org/agenda/2017/08/the-healing-power-of-hip-hop
Diakses pada 8 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed