logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Perbedaan Stretch Mark Merah dan Putih Serta Tips Menghilangkannya

open-summary

Cara menghilangkan stretch mark putih mungkin tidak semudah stretch mark merah. Meski demikian, ada beberapa langkah menyamarkan tampilan stretch mark yang bisa dilakukan.


close-summary

3.81

(27)

13 Mei 2020

| Nurul Rafiqua

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Stretch mark merah muncul di area perut saat trimester kedua maupun ketiga kehamilan

Stretch mark merah menunjukkan adanya peradangan pada kulit karena perut semasa hamil yang membesar

Table of Content

  • Apa bedanya stretch mark merah dan putih?
  • Penyebab stretch mark merah
  • Cara menghilangkan stretch mark merah dan putih

Stretch mark (striae) merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Mulanya, kondisi yang ditandai dengan adanya guratan berupa garis-garis halus di permukaan kulit dapat muncul dengan berbagai warna, seperti stretch mark merah, ungu, hitam, hingga putih.

Advertisement

Kehamilan hingga berat badan yang naik turun dalam waktu singkat dapat memengaruhi kemunculan stretch mark. Kulit akan meregang dan serat elastis serta kolagen di dalamnya bisa saja sobek dan menjadi rusak. Area kulit yang rusak inilah yang membuat stretch mark muncul.

Apa bedanya stretch mark merah dan putih?

Anda mungkin bertanya-tanya apa bedanya stretch mark merah dan putih. Sebenarnya, perbedaan warna ini merupakan tanda stretch mark tersebut tergolong baru atau sudah lama muncul.

Jika stretch mark baru muncul, warnanya akan kemerahan. Ibarat sebuah luka kecil, kulit akan merespon luka sebagai peradangan ringan yang disebabkan oleh adanya peregangan.

Nah, kulit yang memerah adalah tanda respon kulit yang mengalami peradangan tersebut. Itulah alasannya tampilan stretch mark merah muncul.

Stretch mark merah adalah masalah kulit yang mengganggu
Stretch mark merah biasanya lebih mudah dihilangkan

Seiring berjalannya waktu, peradangan kulit akan sembuh. Guratan garis-garis halus yang sembuh ini perlahan akan memutih dan memudar.

Meski demikian, teksturnya tidak berubah. Jadi, bisa dikatakan stretch mark putih adalah stretch mark merah yang sudah pulih.  

Stretch mark merah yang baru muncul biasanya cenderung lebih mudah dihilangkan dibandingkan stretch mark putih.

Pasalnya, seiring bertambah waktu pembuluh darah di bawah kulit akan menyempit sehingga sulit untuk merangsang produksi kolagen.

Alhasil, cara menghilangkan stretch mark putih mungkin tidak semudah stretch mark merah. Meski demikian, ada beberapa langkah menyamarkan tampilan stretch mark yang bisa dilakukan.

Penyebab stretch mark merah

Stretch mark merah sering kali diakibatkan oleh kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan secara drastis sehingga menimbulkan peregangan pada kulit karena menyesuaikan dengan peningkatan massa tubuh.

Terkadang, penurunan berat badan yang cepat juga bisa menyebabkan stretch mark muncul. Selain peningkatan dan penurunan berat badan, ada berbagai penyebab stretch mark merah lainnya, seperti:

  • Kehamilan. Selama masa kehamilan, seseorang akan mengalami lonjakan berat badan yang cepat, terutama di area perut, paha, dan pinggul pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Kulit yang meregang menjadi penyebab stretch mark merah pada kehamilan muncul.
  • Remaja dapat mengalami stretch mark merah selama pubertas. Hal ini karena biasanya remaja mengalami pertumbuhan tubuh yang cepat walaupun tidak selalu berarti terjadi penambahan berat badan.
  • Pertumbuhan otot yang muncul dengan cepat. Tak hanya karena lemak, otot yang terbentuk karena latihan beban atau olahraga membentuk tubuh dapat menyebabkan munculnya stretch mark
  • Operasi pembesaran payudara. Operasi pembesaran payudara dapat membuat kulit area dada meregang. Namun, risiko munculnya stretch mark tergantung pada elastisitas kulit serta ukuran implan payudara yang dilakukan.
  • Penggunaan obat kortikosteroid. Penggunaan obat ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek samping, seperti peradangan pada tubuh, peningkatan berat badan, hingga peregangan kulit yang memicu munculnya stretch mark.
  • Faktor keturunan. Jika ada anggota keluarga yang mengalami stretch mark maka Anda juga berisiko mengalaminya. Bahkan, faktor genetik ini juga menentukan letak munculnya stretch mark. Misalnya, bila ibu Anda memiliki stretch mark di paha saat hamil, Anda mungkin berisiko mengalaminya di area kulit tubuh yang sama.
  • Jenis kelamin. Studi yang dimuat dalam BMJ Journals mengungkapkan, stretch mark 2,5 kali lebih sering dialami oleh wanita. Meski demikian, pria juga berisiko mengalami stretch mark merah terutama selama masa pubertas.
  • Kondisi medis tertentu. Beberapa kondisi medis yang dapat meningkatkan munculnya stretch mark, seperti obesitas dan sindrom Cushing.

Stretch mark merah biasanya muncul pada bagian tubuh yang menyimpan lemak. Misalnya, perut, pinggul, paha, payudara, dan pantat. Stretch mark bisa juga muncul di punggung bagian bawah atau belakang lengan.

BACA JUGA: Stretch Mark Saat Hamil: Penyebab, Tahapan, Perawatan

Cara menghilangkan stretch mark merah dan putih

Stretch mark akan memudar dengan sendirinya dalam waktu yang lama. Jadi, sebenarnya tidak ada cara untuk menghilangkannya secara permanen.

Akan tetapi, perawatan dermatologis tertentu dapat memudarkan stretch mark merah sehingga hampir tidak terlihat.

Berikut adalah beberapa perawatan yang digunakan untuk stretch mark, meliputi:

1. Oleskan krim topikal

Stretch mark merah bisa dihilangkan dengan krim
Oleskan krim topikal secara rutin untuk memudarkan stretch mark

Salah satu cara menghilangkan stretch mark putih dan merah adalah dengan mengoleskan krim.

Meski begitu, American Academy of Dermatology mengingatkan bahwa penggunaan krim mungkin tidak benar-benar ampuh menjadi cara menghilangkan stretch mark merah di paha dan bagian tubuh lainnya.

Namun setidaknya, penggunaan krim penghilang stretch mark ini dapat membantu menyamarkan guratan-guratan halus di tubuh sekaligus membuat kulit kembali elastis.

Sebuah studi yang dimuat dalam JAMA Pediatrics mengemukakan, penggunaan krim retinoid dengan kadar 0,1% dapat mengurangi tampilan stretch mark merah.

2. Terapi laser

Terapi laser merupakan cara menghilangkan stretch mark merah dan putih yang umum disarankan dokter.

Prosedur ini bekerja dengan memanfaatkan intensitas cahaya tinggi untuk merangsang produksi melanin pada area kulit yang terdapat stretch mark sekaligus mengaktifkan sel-sel pigmen kulit. Dengan demikian, lama kelamaan stretch mark akan menyatu dengan warna kulit normal Anda.

Meski terapi laser dapat membantu merangsang jaringan di sekitar stretch mark untuk pudar dan hilang lebih cepat, Anda membutuhkan lebih dari satu kali sesi laser untuk melihat hasilnya dengan maksimal.

Konsultasikan dengan dokter terlebih dulu sebelum memutuskan melakukan terapi laser.

3. Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan stretch mark merah
Mikrodermabrasi bisa jadi cara menghilangkan stretch mark 

Cara menghilangkan stretch mark merah dan putih dengan mikrodermabrasi juga bisa menjadi langkah yang dapat digunakan.

Mikrodermabrasi adalah prosedur pengangkatan sel kulit mati menggunakan kristal-kristal halus dan vakum khusus.

Prosedur ini bekerja dengan menargetkan lapisan kulit paling atas (epidermis) untuk merangsang serat kolagen dan elastin.

Walaupun mikrodermabrasi tidak akan sepenuhnya dapat menghilangkan stretch mark merah dan putih, tetapi dapat mengurangi kemerahan dan penampilan secara keseluruhan.

4. Chemical peeling

Chemical peeling adalah prosedur medis yang bertujuan untuk mengikis lapisan luar kulit secara intens.

Tindakan ini dapat membantu meratakan warna dan tekstur kulit sehingga mampu menyamarkan tampilan stretch mark.

Baca Juga

  • Jerawat di Sekitar Mulut Bikin Tak Nyaman, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
  • 5 Produk Hairspray Terbaik untuk Tatanan Rambut
  • Cara Memakai Sunscreen agar Kulit Terlindungi Maksimal dari Sinar Matahari

Umumnya, stretch mark merah atau putih bukan kondisi yang membahayakan dan dapat memudar seiring berjalannya waktu.

Akan tetapi, bila tampilan stretch mark membuat Anda merasa terganggu karena alasan tertentu, coba konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Anda juga bisa bertanya dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mengatasi stretch mark. Pastikan Anda mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

masalah kulitstretch markskulit dan kecantikan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved