Eustress diperlukan untuk meningkatkan motivasi Anda dalam mencapai tujuan
Eustress adalah sel positif yang baik untuk fisik dan mental Anda

Stres selalu dianggap sebagai sesuatu yang buruk dan dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik secara negatif. Namun, tahukah Anda bahwa tidak selamanya stres memberikan efek yang buruk bagi tubuh dan pikiran?

Salah satu jenis stres yang dikenal sebagai stres yang positif disebut sebagai eustress. Eustress adalah stres yang tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan mental dan justru berguna untuk menjaga kesehatan mental Anda!

Eustress bisa dirasakan saat sedang bermain wahana

Eustress adalah stres positif yang diperlukan tubuh 

Eustress atau stres positif dapat termanifestasi dalam bentuk kejadian atau tantangan yang menyenangkan atau menegangkan yang memicu senyawa kimia dalam tubuh yang dapat menjaga kesehatan mental Anda. Eustress adalah stres yang muncul saat sedang senang.

Eustress penting untuk membuat Anda tetap merasa hidup dan gembira mengenai kehidupan. Stres positif ini membuat denyut jantung menjadi lebih cepat dan meningkatkan produksi hormon. Biasanya, jenis stres ini tidak dikarenakan adanya ketakutan ataupun ancaman.

Secara singkat, eustress berperan dalam membuat Anda tetap termotivasi dan mengejar tujuan Anda, serta membuat hidup terasa lebih baik. Eustress berdampak pada tiga aspek kehidupan, yaitu:

  • Psikologis, membantu untuk membangun kemandirian, daya tahan mental, dan kemampuan diri
  • Fisik, berdampak pada pembentukan tubuh dengan memotivasi atau menantang Anda untuk berolahraga
  • Emosional, memberikan emosi positif pada diri, seperti inspirasi, kepuasan, dan sebagainya

Beberapa kejadian yang bisa memicu kemunculan eustress misalnya bermain roller coaster, menjalani kencan untuk pertama kalinya, mengikuti kompetisi tertentu, meningkatkan kemampuan kerja, traveling ke negara lain, dan sebagainya.

Bagaimana cara meningkatkan eustress dalam kehidupan?

Sebenarnya, dalam keseharian, Anda mungkin telah merasakan eustress yang memberikan emosi positif untuk diri Anda. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat eustress tetap ada setiap harinya:

  • Belajar membuat tujuan. Buatlah berbagai tujuan hidup secara pribadi atau profesional yang menantang dan realistis untuk dicapai dan awasi perkembangan Anda dalam pencapaian tujuan tersebut.
  • Mempelajari hal baru. Mempelajari hal kecil atau besar yang baru setiap harinya dapat memicu eustress.
  • Keluarkan diri dari zona nyaman. Tantang diri Anda dengan mengembangkan kemampuan baru di kantor atau mencoba mengambil alih tanggung jawab yang baru atau berbeda.
  • Berolahraga. Olahraga menantang diri untuk menjadi lebih baik dan menjaga kesehatan fisik Anda
Esutress berlebih bisa menjadi stres yang negatif

Ketika eustress menjadi stres yang negatif 

Meskipun eustress adalah stres yang positif, tetapi tidak berarti eustress tidak bisa menjadi stres yang buruk. Eustress dapat berubah menjadi stres yang negatif, saat Anda terlalu banyak mengalami eustress.

Eustress yang berlebih dapat menumpuk dengan stres lainnya dan menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan mental dan fisik. Eustress yang berubah menjadi stres yang buruk atau distress dapat membuat Anda merasa kewalahan secara fisik, mental, dan emosional.

Hal ini karena Anda merasa, Anda tidak mampu mengatasi stres atau kejadian yang dialami. Stres yang negatif ini bisa berakibat pada penurunan performa, kecemasan, dan bahkan menimbulkan depresi.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mencegah eustress menjadi distress adalah dengan menyadari diri Anda dan mengetahui kapan stres yang dialami sudah berlebih dan membuat Anda kewalahan. Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi tingkat stres, seperti meditasi, yoga, dan sebagainya.

Anda bisa mengubah distress menjadi eustress

Apakah distress bisa menjadi eustress? 

Jika eustress bisa berubah menjadi distress, maka Anda juga bisa membuat stres yang negatif menjadi stres yang positif. Meskipun tidak semua stres yang buruk bisa diubah menjadi stres yang positif, tetapi Anda bisa mengganti distress menjadi eustress.

Salah satu caranya adalah dengan mengganti persepsi Anda mengenai hal atau kejadian yang menimbulkan stres yang negatif. Anda bisa menganggap hal atau kejadian tersebut sebagai sesuatu yang tidak mengancam atau membahayakan.

Pergantian persepsi tersebut dapat berdampak pada respon tubuh terhadap stres. Saat Anda mengganti persepsi Anda, maka stres yang muncul akan menjadi stres yang tidak dilandaskan oleh adanya ancaman atau ketakutan. Ancaman atau ketakutan tersebut dapat berubah menjadi antisipasi atau rasa senang.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengganti persepsi adalah dengan cara:

  • Mengingatkan diri Anda mengenai hal-hal positif atau kekuatan Anda
  • Fokuskan diri ke hal-hal yang dimiliki yang dapat digunakan untuk menghadapi tantangan yang disuguhkan
  • Memiliki pemikiran atau pola pikir yang postif dengan mencoba menjadi optimis
  • Melihat potensi, keuntungan, atau hal positif dari suatu hal atau kejadian yang menimbulkan stres

Pada awalnya, Anda mungkin memerlukan waktu untuk bisa menerapkan cara-cara tersebut, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan bisa menerapkannya secara otomatis dan mampu mengubah distress menjadi eustress.

Jika Anda mengalami masalah dalam mengatur stres atau merasakan distress yang berlebih, jangan ragu untuk membicarakannya dengan psikolog atau psikiater.

Healthline. https://www.healthline.com/health/eustress
Diakses pada 15 Oktober 2019

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-kind-of-stress-is-good-for-you-3145055
Diakses pada 15 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed