Cara menambah berat badan bayi dapat dilakukan dengan memberikan makanan tinggi kalori kepada bayi
Tidak sulit untuk menambah berat badan bayi secara efisien

Berat badan bayi selalu menjadi ukuran yang diperhatikan oleh para ibu. Seringkali ibu merasa tidak tenang jika bayinya tampak kurus atau kecil. Perasaan serupa mungkin juga muncul apabila bayi memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan jika bayi memiliki kekurangan berat badan atau terlihat terlalu kecil. Pertama, berkonsultasilah dengan dokter anak untuk mendapatkan evaluasi komprehensif mengenai kondisi berat badan bayi. Jika memang mengalami kekurangan berat badan, dokter akan membantu Anda untuk mengidentifikasi penyebabnya sekaligus memberikan langkah-langkah penanganan yang tepat.

Laju pertumbuhan setiap bayi berbeda-beda. Ada yang tampak lebih cepat, ada pula yang lebih lambat. Penambahan berat badan juga tidak selalu konstan. Misalnya, bayi yang sakit mungkin akan mengalami penambahan berat badan yang lebih lambat. Atau bayi yang mengalami percepatan pertumbuhan akan tampak lebih cepat besar. Selama pertambahan berat badan bayi masih sesuai kurva pertumbuhan berarti berat badannya masih tergolong baik.

Secara umum, bayi yang lahir cukup bulan dan sehat akan mencapai dua kali lipat berat badan lahir saat berusia 4 bulan, serta mencapai tiga kali lipatnya saat berusia 1 tahun. Penambahan berat badan bayi laki-laki biasanya lebih cepat daripada bayi perempuan. Untuk bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah, kenaikan beratnya berbeda. Konsultasikan dengan dokter anak berapa target yang harus dicapai dan bagaimana mencapainya.

Bayi mulai mendapat makanan tambahan ketika memasuki usia 6 bulan. Menambah berat badan bayi bisa dilakukan dengan meningkatkan jumlah kalori yang masuk dari makanan atau minuman. Diusahakan sumber kalori dipilih dari sumber makanan yang sehat. Seringkali, sulit untuk membuat bayi makan dalam porsi yang lebih besar. Menambah jumlah kalori yang terkandung dalam makanan lebih mudah untuk dilakukan.

[[artikel-terkait]]

Cara menambah berat badan bayi

Ada dua cara untuk membuat bayi mengonsumsi lebih banyak kalori, yaitu dengan menawarkan makanan yang tinggi kalori sebelum yang rendah kalori, atau dengan menambah kalori pada makanan bayi.

1. Mengonsumsi makanan tinggi kalori terlebih dahulu

Kapasitas lambung bayi terbatas sehingga sulit untuk menambah porsi makan bayi. Anda dapat mencoba memberikan makanan tinggi kalori terlebih dahulu. Baru kemudian, jika bayi masih lapar, bisa diberikan makanan dengan kalori yang lebih rendah.

Makanan bayi yang mengandung kalori tinggi, yaitu ASI atau susu formula, serealia (sereal biji-bijian), dan sari daging. Sementara makanan dengan kalori lebih rendah yang direkomendasikan adalah puree atau sari buah. Puree sayur-mayur juga bisa menjadi alternative karena mengandung kalori yang lebih rendah.

Jika Anda menggunakan makanan bayi instan, ada baiknya untuk memperhatikan jumlah kalori pada kemasan makanan. Pilih makanan dengan jumlah kalori yang lebih tinggi. Misalnya, makanan instan yang mengandung daging dan sayur biasanya lebih rendah kalorinya daripada makanan yang hanya mengandung daging.

2. Menambah kalori pada makanan bayi

Berikut beberapa cara untuk menambah kalori pada makanan bayi

  • Tambahkan ASI perah atau susu formula ke dalam makanan bayi sebagai pengganti air
  • Tambahkan margarin atau minyak ke dalam makanan bayi. Misalnya ½ sendok teh minyak ke dalam 60 ml puree daging atau sayur.
  • Hindari memberi air putih, teh, kopi, atau jus buah terlalu banyak. Jus buah memiliki kandungan kalori yang lebih kecil tapi mengenyangkan. Jika Anda mau memberi jus buah, berikan setelah bayi makan.

Anda juga dapat menambah makanan tinggi kalori berikut ke dalam diet bayi Anda:

  • Susu bubuk
  • Margarin
  • Keju
  • Madu (tidak disarankan untuk usia kurang dari 1 tahun)
  • Alpukat
  • Selai kacang

Meski penting untuk memerhatikan penambahan berat badan bayi, hal ini bukanlah satu-satunya indikator bayi tumbuh dengan baik. Aspek tumbuh kembang lainnya juga perlu distimulasi dan diperhatikan. Pastikan juga bayi tetap mendapat asupan gizi yang seimbang untuk mendukung pertumbuhannya.

Health Direct. https://www.healthdirect.gov.au/how-your-baby-gains-weight

Diakses pada Mei 2019

About Kids Health. https://www.aboutkidshealth.ca/babyenergyboosting

Diakses pada Mei 2019

Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/gaining-weight-2633287

Diakses pada Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed