Stocking Varises Bisa Bantu Melancarkan Aliran Darah, Adakah Efek Sampingnya?

(0)
05 Sep 2020|Azelia Trifiana
Stocking varises bermanfaat menekan kaki untuk melancarkan peredaran darahStocking varises dapat menutupi varises di kaki Anda
Pada orang-orang yang memiliki varises di kaki, bisa muncul gejala kurang nyaman yang mengganggu aktivitas. Salah satu alternatif untuk meredakannya adalah dengan memakai stocking varises. Jenis stocking ini bekerja dengan cara memberikan kompresi atau tekanan sehingga aliran darah bisa lebih lancar.Varises umum terjadi di kaki karena perlu jarak lebih jauh agar darah bisa kembali ke jantung. Ketika darah terakumulasi di katup kecil pembuluh darah vena, maka varises dapat muncul yang tampak seperti tonjolan urat.

Cara kerja stocking varises

Dokter kerap merekomendasikan penggunaan stocking varises untuk melancarkan aliran darah. Bahkan sejak dulu, tentara Romawi sering membungkus kaki mereka dengan tali kulit untuk melancarkan aliran darah ketika harus berjalan jauh.Namun sekarang, sudah ada banyak stocking varises dengan desain modern dan lebih mudah digunakan. Cara kerjanya adalah dengan memberi tekanan di kaki sehingga membantu aliran darah ke jantung lebih lancar.Biasanya, stocking varises memberi tekanan lebih besar di area pergelangan kaki. Ada beberapa penelitian yang menyebut stocking varises ampuh meredakan gejala varises, namun tidak serta merta menghilangkannya.Orang yang memerlukan stocking varises biasanya telah mengalami gejala-gejala kurang nyaman, seperti:
  • Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap
  • Ruam atau luka di kaki
  • Sensasi berat, gatal, dan terbakar di kaki
  • Kaki membengkak
  • Tonjolan kecil yang bisa menyebabkan pembuluh darah pecah
  • Rasa gatal di sekitar pembuluh darah yang mengalami varises

Jenis stocking varises

Ada banyak jenis stocking varises dengan berbagai fiturnya. Biasanya, dokter akan merekomendasikan yang sesuai dengan kondisi setiap pasien. Jenis yang paling umum adalah:
  • Pantyhose, memberikan tekanan pada kaki namun merupakan opsi yang paling longgar
  • Stocking dan kaos kaki, banyak dijual bebas dan bisa memberikan tekanan lebih besar dibandingkan dengan pantyhose
  • Stocking varises atas resep dokter, memberikan tekanan paling besar. Tenaga medis profesional akan memastikan stocking ini efektif namun tidak terlalu ketat sehingga tidak mengganggu aliran darah dari kaki kembali ke jantung.
Sebagian besar orang menggunakan stocking varises saat siang hari karena aktivitas seperti duduk dan berdiri kerap menimbulkan masalah sirkulasi darah. Pada beberapa kasus, dokter juga menyarankan penggunaannya  di malam hari saat tidur.Selain penggunaan stocking varises, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah varises menjadi semakin parah, seperti:
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama
  • Saat duduk, jangan lipat kedua kaki
  • Sebisa mungkin, posisikan kaki lebih tinggi dari jantung ketika sedang berbaring
  • Kurangi berat badan apabila termasuk obesitas
  • Jangan mengenakan pakaian terlalu ketat di sekitar paha, pinggang, atau paha
  • Batasi penggunaan sepatu hak tinggi
  • Kurangi konsumsi sodium dan pilih makanan asin yang lebih sehat
Gaya hidup seseorang bisa berkaitan erat dengan risiko mengalami varises. Faktor risiko terbesar ada pada mereka yang obesitas, mengalami penuaan, perempuan, sedang mengandung, hingga yang jarang beraktivitas fisik.Pernah mengalami cedera di kaki atau sedang menjalankan terapi hormon juga bisa memicu seseorang mengalami varises. Jangan lupa kebiasaan buruk seperti merokok rentan membuat seseorang memiliki varises.Cara terbaik untuk mencegah munculnya varises adalah dengan aktif bergerak serta memantau berat badan ideal.

Risiko penggunaan stocking varises

Tentu tidak nyaman ketika seharian harus memakai stocking varises yang memberikan tekanan di sekitar kaki. Belum lagi, ada efek samping yang mungkin muncul seperti:
  • Luka di kulit
  • Iritasi kulit
  • Rasa tidak nyaman
  • Lekukan sementara di permukaan kulit
Efek samping di atas bisa terjadi terutama apabila stocking varises yang digunakan kurang tepat. Entah itu dari cara penggunaan, ukuran, jenis, dan faktor lainnya. Apabila masih merasa ragu mengenai jenis stocking varises yang tepat, konsultasikan dengan ahlinya.Jangan lupakan pula, meski kompresi diperlukan oleh orang yang memiliki varises agar aliran darah kembali ke jantung lebih lancar, penggunaan stocking varises yang terlalu ketat harus dihindari. Hal Ini justru dapat merusak saraf di kaki alias menimbulkan masalah neuropati.Memakai stocking varises untuk durasi terlalu lama juga bisa menimbulkan dampak negatif. Untuk itu, sesekali lepaskan stocking varises dan periksa apakah ada gejala iritasi atau luka. Dengan bercermin Anda bisa lebih mudah dalam memantau adakah tanda-tanda luka akibat terlalu lama memakai stocking varises.Setiap 3-6 bulan sekali, ganti stocking varises dengan yang baru. Tujuannya agar fungsinya tetap efektif membantu melancarkan aliran darah. Jaga pula agar stocking varises tetap kering dan bersih sehingga tidak mudah rusak dan longgar.
penyakit wanitakesehatan wanitapenyakit kaki
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321662
Diakses pada 22 Agustus 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-to-do-about-varicose-veins#1
Diakses pada 22 Agustus 2020
NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/accidents-first-aid-and-treatments/how-long-should-i-wear-compression-stockings-to-improve-my-circulation/#:~:text=Compression%20stockings%20are%20specially%20designed,veins%20(swollen%20and%20enlarged%20veins) 
Diakses pada 22 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait