Mengulik 5 Stadium Sindrom Parkinson, Penderitanya Bisa Tak Menyadari

Penderita sindrom parkinson stadium akhir biasanya sudah tidak bisa berdiri
Pada penderita sindrom Parkinson tahap pertama, gejala terasa pada satu sisi tubuh saja seperti tangan atau kaki

Otot wajah tidak bisa mengekspresikan perasaan dengan optimal. Tangan tidak ikut mengayun saat berjalan. Cara bicara menjadi tidak jelas. Itulah beberapa sinyal terjadinya sindrom Parkinson.

Lalu, apakah gejalanya sama bagi setiap orang?

Jawabannya tidak. Bahkan gejala awal sindrom Parkinson bisa tak terlihat dan membuat penderitanya tidak menyadari tanda-tandanya. Umumnya, gejala sindrom Parkinson berawal dari satu sisi tubuh.

Mari kita gali lebih jauh tentang sindrom Parkinson.

[[artikel-terkait]]

Apa itu sindrom Parkinson?

Parkinson adalah penyakit sistem saraf progresif yang berpengaruh pada cara bergerak. Dalam hal ini, bagian otak yang diserang adalah saraf di otak yang memproduksi dopamin.

Dopamin memegang fungsi mengatur bagian-bagian otak dan sistem saraf untuk koordinasi gerakan tubuh. Apabila dopamin tidak mencukupi, maka gerakan akan melambat sampai akhirnya tidak lagi bisa normal.

Bagaimana tahapan sindrom Parkinson?

Dalam mendeteksi sindrom Parkinson seseorang, ada lima stadium yang diketahui:

  • Stadium 1

Dalam tahap ini, penderita hanya mengalami gangguan ringan di satu sisi tubuh seperti lengan atau kaki. Terkadang, satu sisi wajah juga bisa terkena gejalanya, sangat mirip dengan gejala stroke.

Bedanya, gangguan ini sangat ringan dan hampir tidak terasa. Contoh, seseorang ternyata tidak mengayunkan tangan kirinya secara maksimal saat berjalan. Atau kaki kanan yang cenderung lebih lemas.

  • Stadium 2

Beberapa bulan atau tahun kemudian, penderita sindrom Parkinson bisa berlanjut ke stadium 2. Gejala yang tadinya hanya terasa di satu sisi tubuh mulai terasa di sisi pasangannya.

Selain itu, dalam tahap ini penderita bergerak dengan lebih kaku dan lambat. Terkadang, volume suara bisa berubah drastis dari keras menjadi pelan dan tak terdengar.

Hal lain yang bisa dilihat pada tahap ini adalah postur tubuh yang cenderung membungkuk. Meski demikian, tidak semua gejala dalam stadium 2 sindrom Parkinson ini terlihat dengan jelas.

  • Stadium 3

Pada stadium 3, penderita semakin kehilangan keseimbangan. Hal yang paling berbahaya dari sindrom Parkinson stadium 3 adalah mereka tak bisa mengantisipasi saat akan terjatuh.

Meski demikian, orang yang berada di fase ini masih bisa beraktivitas secara mandiri. Contohnya saat berpakaian, membersihkan diri, makan, dan aktivitas lainnya.

  • Stadium 4

Transisi dari tahap 3 ke tahap 4 ditandai dengan ketidakmampuan orang tersebut untuk beraktivitas secara mandiri. Memang penderitanya bisa berdiri dan berjalan sendiri, namun tidak seleluasa itu untuk aktivitas lainnya.

Di tahap ini, penderita sindrom Parkinson sangat membutuhkan bantuan orang lain dan tidak bisa ditinggalkan seorang diri.

  • Stadium 5

Di stadium paling tinggi sindrom Parkinson, penderitanya tidak lagi bisa berdiri atau berjalan tanpa alat bantu. Selain itu, tremor yang dirasakan juga semakin parah.

Stadium tidak bersifat linear

Dalam mendefinisikan stadium sindrom Parkinson, ada penderita yang tidak merasakan stadium 1. Di sisi lain, ada juga yang tidak sampai mengalami sindrom Parkinson stadium 5.

Begitu pula dengan situasi di setiap tahapan. Tidak ada aturan baku apakah tahap 1 terjadi selama sekian tahun, tahap 2 lebih lama, dan seterusnya. Setiap orang bisa mengalami sindrom Parkinson yang berbeda.

Selain itu, Parkinson bisa terjadi pada lansia, namun tidak menutup kemungkinan terjadi di usia muda. Aktor Michael J. Fox mengalami Parkinson saat usianya bahkan belum 30 tahun.

Penyakit Parkinson memang tidak bisa disembuhkan. Meski demikian, menjalani terapi dan pengobatan bisa membantu meringankan gejalanya.

WebMD. https://www.webmd.com/parkinsons-disease/default.htm
Diakses 10 Mei 2019

Health 24. https://www.health24.com/Medical/Parkinsons-disease/News/neil-diamond-and-6-other-famous-people-with-parkinsons-disease-20180124
Diakses 10 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/parkinsons-disease/symptoms-causes/syc-20376055
Diakses 10 Mei 2019

Parkinson’s Resource Organization. http://parkinsonsresource.org/news/articles/five-stages-of-parkinsons/
Diakses 10 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed