Stadium Kanker I Hingga IV, Apa Maknanya?

(0)
08 Aug 2020|Azelia Trifiana
Stadium kanker menunjukkan seberapa luas dan besar ukuran tumorStadium kanker menjelaskan seberapa besar ukuran dan luas tumor
Stadium kanker menjelaskan seberapa besar ukuran tumor dan seberapa luas penyebaran dari titik awal tumbuhnya. Untuk menentukan stadium kanker, perlu dilakukan rangkaian pemeriksaan untuk memastikan diagnosis. Setelah diketahui, dokter bisa mendiskusikan pilihan penanganan yang paling tepat.Penentuan stadium kanker biasanya mulai dari tingkat I sampai IV. Semakin tinggi, semakin serius pula kondisinya. Stadium kanker juga membantu dokter menentukan langkah penanganan yang akan diberikan. Sukses tidaknya penanganan bergantung pada secepat apa kanker ditemukan.

Penentuan stadium kanker

Dokter akan mengambil informasi dari hasil uji klinis dan pemeriksaan tumor untuk menentukan seseorang berada di stadium kanker berapa. Penomoran stadium kanker menggunakan angka romawi, dengan detail:
  • Stadium 0: tidak ada kanker, hanya pertumbuhan sel abnormal yang berpotensi menjadi kanker (karsinoma)
  • Stadium I: ukuran kanker kecil dan hanya tumbuh di satu area, disebut juga sebagai kanker tahap awal
  • Stadium II: ukuran sel kanker lebih besar namun belum menyebar
  • Stadium III: ukuran sel kanker lebih besar dan menyebar ke jaringan di sekitarnya
  • Stadium IV: sel kanker telah menyebar ke jaringan tubuh lainnya, disebut juga kanker metastatik
Secara umum, stadium kanker awal mengindikasikan sel kanker yang tumbuh perlahan. Sementara stadium kanker akhir berarti sel kanker tumbuh dengan cepat.Untuk menentukan stadium kanker seseorang, dokter akan melakukan beberapa rangkaian pemeriksaan. Mulai dari pemeriksaan darah, fisik, laboratorium, dan juga scan seperti rontgen/X-ray, ultrasonografi/USG, MRI, CT scan, dan PET scan.Dokter juga bisa melakukan biopsi dengan mengambil bagian kecil dari jaringan untuk dianalisis lebih lanjut dengan mikroskop.Stadium kanker biasanya akan disebut sama seperti saat pertama kali terdiagnosis, terlepas dari apakah kanker sudah mengalami remisi atau telah menyebar ke bagian lain. Penyebutan ini penting karena berkaitan dengan penanganan medis serta peluang kesembuhan yang bergantung pada stadium kanker seseorang.

Faktor lain yang berpengaruh

Selain penentuan stadium kanker, dokter juga perlu menganalisis beberapa faktor lain. Tujuannya untuk mengenal betul bagaimana potensi pertumbuhan sel kanker. Beberapa faktor itu adalah:
  • Grade

Ditunjukkan saat menganalisis sel kanker di bawah mikroskop. Untuk sel kanker low-grade berarti terlihat seperti sel normal. Namun jika high-grade, sel berbentuk sangat abnormal. Kondisi ini juga menentukan seberapa cepat sel kanker bisa menyebar.
  • Lokasi

Lokasi tumbuhnya sel kanker turut menentukan seberapa besar peluang kesembuhan
  • Penanda

Ada penanda seperti substansi di darah dan urine yang bisa melonjak tajam apabila menderita kanker jenis tertentu
  • Genetik

DNA sel kanker bisa memberi petunjuk bagi dokter apa jenis penanganan potensial dan kemungkinan penyebarannyaSistem yang digunakan dokter untuk menentukan stadium kanker disebut sistem TNM. Itu adalah singkatan untuk Tumor, Node, dan Metastasis. Tiap indikator ini akan diukur dengan skala tertentu atau diberi keterangan “X” apabila ukurannya tak bisa ditentukan.Makna secara umum dari sistem TNM adalah:
  • Tumor (T)

T biasanya diikuti angka dari 0-4 untuk menentukan seberapa besar tumor dan di mana lokasi tumbuhnya. T0 berarti tidak ada tumor yang bisa diukur besarannya. Semakin besar angka untuk “T”, berarti ukurannya semakin besar.
  • Node (N)

N biasanya diikuti angka dari 0-3 untuk menentukan apakah kanker sudah menyebar ke nodus limfa atau belum. Ini adalah kelenjar yang bertugas menyaring virus dan bakteri sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Semakin tinggi angkanya, berarti banyak kanker yang terdeteksi menyebar dari lokasi awal munculnya.
  • Metastasis (M)

M diikuti angka 0 atau 1. Ini merupakan indikator apakah kanker sudah menyebar ke organ atau jaringan tubuh lain. 0 berarti belum menyebar, sementara 1 berarti sudah menyebar.

Catatan dari SehatQ

Penentuan stadium kanker sangat krusial untuk menentukan langkah penanganan serta harapan kesembuhannya. Semakin awal sel kanker terdeteksi, akan semakin besar pula peluang kesembuhan.
penyakitgejala kankerkanker
WebMD. https://www.webmd.com/cancer/cancer-stages#1
Diakses pada 26 Juli 2020
NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/operations-tests-and-procedures/what-do-cancer-stages-and-grades-mean/#:~:text=stage%20I%20%E2%80%93%20the%20cancer%20is,part%20of%20the%20lymphatic%20system)
Diakses pada 26 Juli 2020
Cancer. https://www.cancer.net/navigating-cancer-care/diagnosing-cancer/stages-cancer
Diakses pada 26 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait