Mengenal Squalane, Kandungan Pelembap yang Tengah Digandrungi

Squalane adalah kandungan pelembap yang bisa ditemukan dalam dalam produk perawatan kulit
Squalane menjadi kandungan pelembap yang mulai banyak dicari pengguna skincare

Seiring pertambahan usia, kelembapan kulit akan cenderung menurun dan menimbulkan tampilan muka yang tak menyenangkan. Tak ayal lagi, hal tersebut membuat kita membutuhkan pelembap dari luar. Salah satu kandungan pelembap yang menarik untuk dicoba adalah squalane - yang berkaitan dengan squalene. Belum pernah mendengarnya? Simak di sini.

Squalene vs squalane, apa perbedaannya?

Sebelum mengenal squalane (dengan “a”), ada baiknya Anda memahami squalene (dengan “e”) terlebih dahulu.

Squalene adalah lipid (lemak) yang diproduksi secara alami oleh kelenjar sebasea pada kulit. Bersama dengan trigliserida dan wax ester, squalene merupakan komponen penyusun sebum pada kulit kita. Sering dianggap musuh bagi beberapa orang, sebum dan komponennya (termasuk squalene) sebenarnya membantu kulit senantiasa lembap.

Sayangnya, produksi squalene akan menurun seiring bertambahnya usia. Bahkan, puncak produksi squalene adalah masa-masa remaja dan kemudian menurun saat kita memasuki periode 20an atau 30an. Tak heran, semakin berjalannya waktu, kulit akan cenderung menjadi lebih kering dan lebih kasar.

Squalene pun sebenarnya tak dihasilkan oleh tubuh manusia saja. Pelembap alami ini juga terkandung dalam bagian tertentu pada hewan dan tumbuhan, seperti zaitun, bekatul, tebu, hingga hati hiu.

Lalu, apa itu squalane?

Squalane adalah kandungan pelembap dalam skincare yang menjadi bentuk stabil dari squalene. Squalene pada hewan dan tumbuhan di atas memiliki molekul yang tidak stabil dan belum bisa langsung dicampurkan ke produk perawatan kulit. Untuk mengubah squalene menjadi squalane, diperlukan suatu proses yang disebut dengan hidrogrenasi.

Squalane inilah yang dicampurkan dalam beragam produk perawatan kulit.

Manfaat squalane untuk kesehatan kulit dan rambut

Saat ini, squalane tengah digandrungi pencinta produk perawatan tubuh. Apa sebenarnya manfaat squalane?

1. Menjaga kelembapan kulit

Squalane adalah bahan pelembap yang tengah naik daun. Kandungan ini meniru cara kerja minyak alami kulit sehingga menjadi emolien yang digandrungi. Setelah dioleskan, squalane membantu meningkatkan hidrasi kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat serta bersinar.

2. Melindungi kulit

Squalane juga dilaporkan memiliki sifat antioksidan dan antitumor. Dengan dua kemampuan ini, squalane membantu mengendalikan radikal bebas serta melindungi kulit dari karsinogen. Penggunaan squalane yang rutin juga diyakini membantu mendetoksifikasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

3. Mengatasi eksim

Eksim merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan bercak kulit kemerahan yang meradang, terasa gatal, kering, dan terasa kasar. Squalane pun dilaporkan membantu menenangkan kulit yang mengalami eksim, karena sifat anti peradangannya.

Tak hanya eksim, squalane juga berpotensi untuk membantu menenangkan masalah peradangan lain pada kulit, seperti psoriasis, dermatitis, rosacea, atau jerawat yang meradang.

4. Cocok untuk kulit berminyak dan kulit rentan berjerawat

Anda mungkin pusing mencari produk skin care yang cocok jika memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat. Salah memilih produk bisa menimbulkan breakout. Menariknya, squalane merupakan kandungan yang aman untuk semua tipe kulit.

Squalane cenderung ringan dan tidak bersifat comedogenic. Artinya, kandungan ini tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Squalane juga mampu menembus kulit dan menjaga kualitasnya hingga ke tingkat sel.

5. Menjaga kelembapan rambut

Tak hanya sebagai pelembap kulit, squalane juga memberikan manfaat untuk kelembapan rambut. Layaknya kulit, minyak alami rambut juga dapat berkurang seiring pertambahan usia. Faktor lain, seperti cuaca, makanan, dan temperatur tinggi, juga memicu rambut kering.

Squalane dapat mengisi kembali helaian rambut dan melindunginya Anda dari kerusakan lebih lanjut. Untuk mencobanya, teteskan sedikit minyak squalane ke telapak tangan dan pijat ke rambut dengan lembut. Kemudian, bilas hingga bersih.

Menggunakan produk squalane dengan aman

Seperti kandungan lain dalam produk perawatan kulit, squalane juga mungkin bisa menimbulkan iritasi atau reaksi alergi bagi beberapa orang. Untuk menghindari hal ini, Anda disarankan untuk melakukan patch test terlebih dahulu.

Caranya, Anda bisa mengoleskan sedikit produk squalane ke lengan bagian dalam. Apabila tak ada reaksi seperti kemerahan atau gatal setelah 24 jam, produk tersebut dipastikan aman digunakan.

Anda juga disarankan untuk memilih produk yang mencampurkan squalane 100% dari tumbuhan. Penggunaan squalane dari hati hiu tidak disarankan untuk alasan kelestarian hewan.

Catatan dari SehatQ

Squalane adalah kandungan pelembap produk skin care yang tengah digandrungi. Dengan berbagai manfaatnya di atas, Anda bisa mencoba produk perawatan kulit yang mengandung squalane. Namun, pilihlah produk yang mencampurkan squalane dari tumbuhan.

Allure. https://www.allure.com/story/squalane-vs-squalene-skin-care-difference
Diakses pada 6 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/squalane
Diakses pada 6 Mei 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/14417
Diakses pada 6 Mei 2020

Artikel Terkait