Spiritualitas Adalah Aspek Penting dalam Kehidupan, Apa Pengaruhnya untuk Kesehatan?


Spiritualitas adalah aspek yang dapat memberikan beragam dampak positif untuk kesehatan. Manfaat spiritualitas untuk kesehatan antara lain mencegah sekaligus meredakan stres, kecemasan, dan depresi.

(0)
Manfaat spritualitas dapat mencegah sekaligus meredakan stres, kecemasan, dan depresiMemperdalam spritualitas memberikan beragam dampak positif untuk kesehatan
Spiritualitas adalah salah satu aspek yang penting dalam kehidupan. Tidak hanya mempererat hubungan antara manusia dengan Tuhan dan sesama, spiritualitas selama ini kerap dipakai banyak orang sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan.Selain itu, spiritualitas juga disebut-sebut memberikan berbagai macam pengaruh positif untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Apa itu spiritualitas?

Sebelum membahas mengenai pengaruhnya untuk kesehatan, Anda sebaiknya memahami apa itu spiritualitas terlebih dulu. Spiritualitas artinya kepercayaan pada sesuatu yang berada di luar diri, misalnya tradisi dan agama. Selain dengan Tuhan, kepercayaan juga melibatkan hubungan individu dengan sesama maupun dunia secara keseluruhan.Spiritualitas juga kerap dikaitkan dengan pencarian jati diri dan makna hidup. Beberapa orang menggambarkan pengalaman spiritual sebagai hal yang sakral atau punya makna mendalam dalam hidupnya.Beberapa tanda seseorang tengah memperdalam spiritualitas adalah sebagai berikut:
  • Memperdalam hubungan dengan orang lain
  • Mencari kebahagian di luar harta atau materi lainnya
  • Ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik
  • Berada dalam proses pencarian makna dan tujuan hidup
Cara masing-masing orang untuk memperdalam spiritualitas mungkin akan berbeda antara satu dengan yang lain. Beberapa orang mungkin mencari pengalaman spiritual dalam seluruh aspek kehidupan. Namun, ada juga yang mendalaminya pada aspek-aspek tertentu saja.

Pengaruh spiritualitas untuk kesehatan

Spiritualitas memberi beragam pengaruh positif untuk kesehatan. Penelitian mengatakan bahwa spiritualitas membantu seseorang mengatasi stres dengan mengubah perasaan negatif menjadi positif. Pengaruh yang diberikan tak hanya baik untuk psikologis Anda saja, melainkan juga kesehatan fisik secara keseluruhan. Berikut ini sejumlah pengaruh spiritualitas untuk kesehatan:
  • Mengurangi risiko depresi
  • Mengurangi risiko tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Mengurangi risiko stres, termasuk saat menghadapi masalah
  • Mengatasi perasaan stres, depresi, dan kecemasan
  • Menanamkan perasaan dan pikiran yang positif
Kesehatan mental secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap fisik. Sebagai contoh, stres dapat melemahkan imunitas. Mengingat spiritualitas turut mencegah stres, risiko Anda terserang infeksi virus maupun penyakit juga akan berkurang karena sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Bagaimana cara memperdalam spiritualitas?

Melihat dampak positif yang diberikan untuk kesehatan, tidak ada salahnya Anda memperdalam spiritualitas. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk memperdalam spiritualitas meliputi:
  • Fokus pada orang lain dengan cara membuka hati, bersikap empati, dan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.
  • Merenungkan bagaimana hari Anda berjalan paling tidak selama 10 hingga 15 menit sehari dengan meditasi.
  • Bersyukur dengan apa yang Anda alami setiap harinya.
  • Menjadi lebih perhatian untuk menyadari dan menghargai yang terjadi. Perhatian mendorong Anda untuk tidak terlalu menghakimi diri sendiri maupun orang lain, serta fokus pada apa yang tengah terjadi saat ini.
  • Berdoa dan menerapkan teknik relaksasi untuk menemukan kedamaian dalam pikiran.
  • Membaca cerita yang menginspirasi untuk membantu Anda dalam mengevaluasi filosofi kehidupan.
  • Berbagi cerita dengan orang-orang yang mempunyai pengalaman spiritual dalam hidup. Jangan malu bertanya untuk mempelajarinya lebih dalam.
Setiap orang mempunyai cara mereka masing-masing untuk memperdalam spiritualitas. Untuk menemukan cara yang cocok dan tepat, Anda bisa memilih tindakan yang berbeda setiap hari. Agar manfaat spiritualitas dirasakan secara maksimal, Anda dapat menerapkan tindakan-tindakan di atas secara bersamaan.

Catatan dari SehatQ

Spiritualitas adalah aspek yang tidak hanya mendekatkan hubungan manusia dengan Tuhan dan ciptaan-Nya, melainkan juga memberi beragam dampak positif untuk kesehatan. Manfaat spiritualitas untuk kesehatan seperti meredakan stres, kecemasan, dan depresi.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai spiritualitas dan beragam manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
mengatasi depresikesehatan mentalstresgangguan kecemasan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-spirituality-can-benefit-mental-and-physical-health-3144807
Diakses pada 30 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/stress-relief/art-20044464
Diakses pada 30 Maret 2021
University of Minnesota. https://www.takingcharge.csh.umn.edu/what-spirituality
Diakses pada 30 Maret 2021
Oxford Academic. https://academic.oup.com/psychsocgerontology/article/67/4/456/567333
Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait