Spider Vein Adalah Pembuluh Darah Pecah di Wajah, Berbahayakah?


Spider vein adalah pembuluh darah di wajah yang sekilas terlihat seperti sarang laba-laba. Kondisi yang sekilas seperti urat wajah ini muncul ketika pembuluh darah di bawah permukaan kulit membesar. Kondisi ini tidaklah berbahaya.

(0)
05 Mar 2021|Azelia Trifiana
Spider vein dapat muncul di wajahSpider vein dapat muncul di wajah
Spider vein adalah pembuluh darah di wajah yang sekilas terlihat seperti sarang laba-laba. Kondisi yang sekilas seperti urat wajah ini muncul ketika pembuluh darah di bawah permukaan kulit membesar. Itulah mengapa muncul garis merah tipis seperti jaring.Sarang laba-laba di bawah kulit ini bisa muncul di bagian tubuh manapun. Namun, paling sering terlihat di wajah dan juga kaki.

Penyebab munculnya spider vein

Adanya pembuluh darah yang membesar di bawah permukaan kulit ini tidak berbahaya. Bahkan, siapa saja bisa memilikinya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.Beberapa hal yang memicu munculnya hal ini adalah:
  • Keturunan

Faktor keturunan turut berperan dalam terbentuknya spider vein di wajah. Artinya, apabila orangtua dan saudara kandung memilikinya, ada kemungkinan Anda juga mengalaminya. Faktor risiko ini meningkat seiring dengan bertambahnya usia.
  • Kehamilan

Ketika mengandung, hormon estrogen dalam tubuh pun meningkat. Ini membuat pembuluh darah rentan pecah. Meski demikian, spider vein yang terjadi selama hamil biasanya akan mereda setelah persalinan.
  • Rosacea

Kondisi gangguan kulit wajah dengan ciri selain bintik seperti jerawat, juga membuat wajah tampak merah. Pada kondisi erythematotelangiectatic rosacea, sangat umum terjadi pembuluh darah pecah.
  • Sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet berlebihan dapat menyebabkan pembuluh darah melebar. Ketika mengalami sunburn, lapisan kulit terluar bisa mengelupas dan membuat pembuluh darah di baliknya lebih jelas terlihat.
  • Perubahan cuaca

Cuaca panas membuat pembuluh darah menjadi melebar
  • Konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat membuat kulit tampak memerah karena pembuluh darah yang melebar. Apabila konsumsi alkohol berlebihan atau dalam kuantitas yang terlalu banyak, bisa menyebabkan munculnya spider vein.
  • Cedera

Mengalami cedera ringan hingga parah dapat menyebabkan luka. Apabila terjadi di sekitar wajah, pembuluh darah yang pecah bisa terlihat kian jelas.\

Cara menghilangkan spider vein di wajah

Cuci muka
Cuci muka dengan air hangat dapat membantu menghilangkan spider vein
Sangat mudah mendeteksi adanya pembuluh darah yang tampak seperti urat di wajah ini. Apabila tidak diketahui secara pasti kondisi dan penyebabnya, dokter bisa membantu memeriksa secara pasti.Sebagai contoh apabila terjadi karena gangguan kulit wajah seperti rosacea, dokter akan merancang pengobatan untuk rosacea terlebih dahulu. Dengan demikian, diharapkan pembuluh darah yang tampak jelas di wajah bisa mereda seiring dengan membaiknya kondisi tubuh.Selain itu, beberapa cara menghilangkan spider vein di wajah di antaranya:

1. Cuka apel

Bukan hanya berkhasiat untuk kesehatan, cuka apel juga bisa menyamarkan “sarang laba-laba” di bawah permukaan kulit. Caranya dengan menggunakan cuka apel sebagai toner dan diaplikasikan dengan kapas. Metode ini bisa mengurangi kemerahan di area kulit yang terdampak.

2. Cuci muka air hangat

Perhatikan cara mencuci muka yang tepat yaitu tidak menggunakan air panas. Hanya gunakan air hangat dan lakukan secara perlahan. Alasannya karena panas bisa menyebabkan pembuluh darah semakin lebar.

3. Retinoid

Kelompok obat dengan struktur vitamin A yang kerap ditemukan dalam produk anti-aging ini bisa menyamarkan spider vein. Tak hanya itu, produk semacam ini juga biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat.

4. Terapi laser

Terapi ini menggunakan cahaya laser yang bertujuan untuk menghilangkan spider vein sepenuhnya. Cara kerjanya adalah dengan menghancurkan pembuluh darah yang tidak lagi berfungsi maksimal.Selain terapi laser, ada pula perawatan dengan intensed pulsed light. Cahaya ini akan masuk ke lapisan kedua kulit tanpa membahayakan lapisan terluarnya.

5. Sclerotherapy

Jenis terapi suntik yang membantu menghilangkan pembuluh darah lebar di wajah hanya dalam beberapa minggu. Dalam prosedur ini, dokter akan menyuntikkan cairan ke pembuluh darah agar menutup. Dengan demikian, darah akan mencari jalan lain ke pembuluh darah yang tidak tampak dari luar.Dari beberapa cara di atas, metode terapi laser dan suntik harus dilakukan oleh ahlinya yang sudah mengantongi lisensi. Bersamaan dengan metode itu, ada efek samping yang mungkin terjadi seperti kulit tampak merah, terasa gatal, hingga bekas luka.

Adakah cara mencegahnya?

perempuan kepanasan
Hindari paparan panas
Apabila belum terjadi kondisi semacam spider vein ini di kulit Anda serta tidak ada riwayat keturunan, tak ada salahnya melakukan beberapa langkah pencegahan. Apa saja?
  • Menjaga dari paparan sinar matahari

Sebisa mungkin, hindari paparan sinar matahari langsung terutama di siang hari. Selalu gunakan tabir surya meski hanya beraktivitas di dalam ruangan. Apabila diperlukan, kacamata hitam juga dapat melindungi saat harus berada di bawah sinar matahari langsung.
  • Hindari panas ekstrem

Panas yang cukup ekstrem dari cuaca, spa, dan juga sauna bisa meningkatkan kemungkinan pembuluh darah melebar
  • Tidak minum alkohol berlebihan

Mengingat konsumsi alkohol juga merupakan faktor risiko munculnya spider vein, sebaiknya konsumsi dalam jumlah sewajarnya. Apabila ada pertimbangan kondisi medis lainnya, tak ada salahnya berhenti total.Ada kondisi pembuluh darah melebar atau pecah di wajah yang terjadi sementara atau permanen. Manapun kondisinya, umumnya tidaklah berbahaya. Hanya saja, bisa terasa kurang nyaman bagi sebagian orang dari segi penampilan.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang kapan spider vein perlu dihilangkan secara medis, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/broken-blood-vessels-on-face
Diakses pada 18 Februari 2021
Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/a_to_z/spider-veins-a-to-z
Diakses pada 18 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321387
Diakses pada 18 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait