Solusi Tepat untuk Mengobati Bekas Jerawat yang Parah dan Mengganggu

Mengobati bekas jerawat yang mengganggu secara alami
Cukup sulit untuk menghilangkan bopeng tersebut dengan produk biasa

Bagi Anda yang pernah mengalami jerawat parah di wajah tentu akan meninggalkan bekas berupa bopeng. Cukup sulit untuk menghilangkan bopeng tersebut dengan produk biasa.

Oleh karena itu, jika ingin menghilangkan bekas jerawat sebaiknya Anda konsultasi ke dokter. Tapi sebelum melakukan tindakan, sebaiknya ketahui dulu jenis luka yang ditinggalkan berikut cara penanganannya.

Jenis Luka atau Bekas yang Ditinggalkan Jerawat

1. Ice Pick Scar

Bentuknya serupa lubang yang dibuat menggunakan ice pick atau alat pemecah es. Bekas jerawat ini susah ditangani karena tergolong bekas jerawat yang sangat dalam.

Kedalamannya bahkan hingga mencapai lapisan dermis. Bekas jerawat ini muncul akibat jerawat kista. Cara mengobati bekas luka ini bisa menggunakan laser treatment, punch excisions, hingga cangkok kulit.

2. Boxed Scar

Bekas jerawat ini tidak terlalu dalam, tetapi memiliki ukuran yang lebih lebar dan batas-batas bekas jerawat yang cukup tegas layaknya sebuah kotak. Luka ini disebabkan rusaknya kolagen dan hilangnya jaringan pada kulit. Cara mengobati bekas jerawat ini dengan perawatan punch excision, punch elevation, dermal filler, atau laser resurfacing.

3. Rolling Scar

Bekas jerawat ini membuat tekstur kulit seperti berombak. Posisinya lebih dangkal dan tidak memiliki batas luka yang jelas. Bekas jerawat ini umumnya terjadi sehabis mengalami jerawat yang meradang dalam jangka waktu yang panjang. Cara penanganannya dengan laser treatment atau facial filler untuk meratakan permukaan kulit kembali.

4. Hyperthropic Scar

Bekas jerawat ini disebut juga keloid, warnanya gelap dan terlihat seperti benjolan. Kondisi ini terbentuk saat tubuh tidak sengaja memproduksi terlalu banyak sel saat sedang berusaha memperbaiki sel kulit yang rusak akibat inflamasi.

Cara merawat bekas luka jenis ini adalah dengan suntikan steroid atau costisone. Mengobati bekas jerawat ini juga bisa menggunakan produk retinol topikal dan laser treatment daripada melakukan pengangkatan atau operasi.

5. Hyperpigmantation Scar

Ini adalah jenis bekas jerawat yang menyebabkan perubahan warna pada kulit dan tidak berbentuk bekas luka. Kondisi ini disebabkan oleh peradangan yang membuat kulit memproduksi melanin dalam jumlah yang berlebih.

Bekas jerawat ini membutuhkan 1-2 tahun untuk menghilang jika tidak dirawat. Cara menanganinya adalah dengan menggunakan sunscreen agar hiperpigmentasi tidak semakin parah. Atau gunakan produk exfoliating serta retinoid untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Jenis-jenis Penanganan untuk Mengobati Bekas Jerawat

Setiap bekas jerawat membutuhkan penanganan yang berbeda tergantung kebutuhannya. Inilah jenis penanganannya.

1. Skin Resurfacing

Prosedur perawatan kecantikan ini difokuskan untuk memperbaiki penampilan wajah, terutama membersihkan noda dan mengobati bekas luka jerawat. Untuk menghilangkan lapisan demi lapisan kulit biasanya menggunakan laser, dermabrasi atau chemical peel.

2. Filler

Prosedur kecantikan kulit untuk menyamarkan garis dan kerutan pada wajah sehingga tampak muda. Cara kerjanya dengan mengisi daerah-daerah yang rentan kendur untuk mengembalikan volume dan kekencangan alami wajah. Prosedur ini lebih sederhana, aman, dan murah.

3. Rolling atau Needling

Dokter biasanya menggulung perangkat yang ditutupi jarum kecil di atas kulit Anda. Ini cara yang aman untuk merangsang jaringan di bawahnya untuk tumbuh. Anda mungkin harus melakukannya beberapa kali.

4. Operasi

Beberapa orang membutuhkan operasi untuk menghilangkan bekas jerawat atau kista yang buruk. Dokter akan memotong atau mengendurkan bekas luka. Area tersebut kemudian diperbaiki dengan jahitan atau cangkok kulit (kulit dari area lain dari tubuh).

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/guide-to-treating-acne-scars-and-skin-damage
Sociolla. https://journal.sociolla.com/beauty/5-jenis-bekas-jerawat/
SkinSECRET. https://skinsecret.id/perawatan-kulit/laser-resurfacing/

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed