Solusi Praktis untuk Mengatasi Masalah Jerawat di Usia Dewasa

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat di usia dewasa
Permasalahan jerawat memang dapat menyerang siapa saja, baik remaja maupun orang dewasa

Permasalahan jerawat memang dapat menyerang siapa saja, baik remaja maupun orang dewasa. Tak hanya disebabkan oleh bakteri, hormon juga memicu timbulnya minyak berlebih, sehingga penyebab seseorang menderita masalah jerawat. Untuk mengetahui masalah jerawat di usia dewasa, simak ulasan berikut ini!

Masih Memiliki Masalah Jerawat di Akhir Usia 20-an?

Pada dasarnya, jerawat yang diderita oleh remaja maupun orang dewasa memiliki penyebab yang sama, yakni kelebihan minyak dan infeksi bakteri. Dengan adanya perubahan dalam hormon (termasuk karena kehamilan atau menstruasi), hal tersebut bisa memicu timbulnya minyak berlebih.

Wanita perokok aktif juga rentan terhadap serangan jerawat. Sementara itu, anak-anak dengan faktor keturunan berjerawat, berisiko lebih tinggi menderita masalah yang sama.

Sering Mencuci Muka tapi Komedo Tetap Bersarang di Wajah?

Mungkin banyak dari kita belum tahu jika mencuci muka tak bisa menghilangkan komedo yang tengah bersarang di wajah. Hal ini sebenarnya disebabkan karena komedo terbentuk di bawah permukaan kulit. Penyebab terbentuknya komedo adalah sel kulit mati dan minyak dari kulit, yang menyatu dan menutup pori-pori kulit.

Untuk meminimalisir terbentuknya komedo atau jerawat, Anda bisa melakukan double cleansing pada malam hari. Ingat pula untuk memakai sabun muka bertekstur lembut serta air hangat (bukan air panas). Selain itu, jangan menggosok kulit terlalu keras, karena hal ini dapat memperparah jerawat yang diderita.

Bisakah Makeup Menjadi Penyebab Jerawat?

Ya! Apapun yang Anda aplikasikan pada wajah dapat menjadi potensi besar dalam menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, Anda disarankan memilih make up bebas minyak, sunscreen, serta produk perawatan kulit lainnya.

Selain itu, memakai kosmetik dalam bentuk tabur juga lebih baik daripada foundation. Jika tetap merasa perlu menggunakan foundation, beberapa dermatolog menyarankan untuk memakai foundation dengan kandungan dimethicone atau cyclomethicone.

Apakah Stres dalam Pekerjaan Dapat Memicu Timbulnya Jerawat?

Stres yang diakibatkan karena pekerjaan tidak bisa dianggap sebagai pemicu utama terjadinya jerawat. Kebalikannya, permasalahan jerawat yang tengah dialami dapat meningkatkan tingkat stres yang Anda derita.

Namun, pada banyak kasus, terjadinya stres juga bisa memperburuk kondisi jerawat. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kondisi jerawat ada baiknya bila berlatih pernapasan atau meditasi agar perasaan stres dapat mereda.

Bisakah Seseorang Terjebak dengan Jerawat Selamanya?

Menurut penelitian, setelah usia 44 tahun jerawat akan menghilang dengan sendirinya. Sedangkan bagi sebagian wanita, jerawat berakhir ketika fase menopause terjadi.

Untungnya, saat ini Anda tak perlu menunggu sampai berusia 44 tahun untuk terbebas dari masalah jerawat yang mengganggu. Sudah ada perawatan maupun pengobatan jerawat yang bisa membantu memecahkan permasalahan Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-adult-acne
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed