Soda Kue Hingga Bawang, Ini 8 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat adalah dengan menggunakan beberapa bahan alami
Ketombe dapat disebabkan karena kulit kepala kering, dermatitis, atau karena adanya jamur di kulit kepala

Ketombe telah menjadi masalah membandel bagi sebagian orang. Penyebabnya beragam, mulai dari kulit kepala kering, dermatitis, sensitif terhadap produk perawatan rambut, atau adanya jamur di kulit kepala. Jika Anda termasuk yang mengalaminya, perlu cari tahu cara menghilangkan ketombe dengan cepat.

Selain cara-cara alami menghilangkan ketombe yang bisa dilakukan di rumah, ada banyak produk di pasaran dengan klaim ampuh mengusir ketombe. Tentunya, apabila masalah ketombe sudah cukup serius, perlu konsultasi dengan pakarnya.

Penyebab munculnya ketombe

Ada beberapa masalah yang menyebabkan seseorang berketombe. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik)
  • Jamur di kulit kepala (malassezia)
  • Kulit kepala kering

Dari ketiga penyebab munculnya ketombe di atas, yang paling sering adalah masalah kulit kepala, entah itu terlalu berminyak atau terlalu kering. Semakin berminyak kulit kepala seseorang, semakin besar kemungkinan jamur malassezia berkembang biak dan menyebabkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat

Beberapa bahan alami bisa menjadi cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Namun tetap perlu dipantau bagaimana reaksi awal saat mencoba home remedy berikut ini. Apa saja?

cara menghilangkan ketombe dengan cepat adalah dengan menggunakan tea tree oil
Tea tree oil mengandung antijamur yang dapat menghilangkan ketombe

1. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki kandungan antijamur yang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Caranya adalah dengan mencampur 2-3 tetes tea tree oil dengan 2-3 tetes jojoba oil. Teteskan minyak pada kapas dan aplikasikan langsung ke kulit kepala untuk mengusir jamur penyebab infeksi.

Cara ini bisa dilakukan 3-4 kali dalam sepekan. Meski demikian, beberapa orang bisa tidak cocok dengan tea tree oil, sehingga perlu melakukan tes alergi sebelum melakukannya.

2. Minyak kelapa

Selain tea tree oil, minyak kelapa juga bisa mengusir jamur penyebab infeksi (malassezia). Caranya cukup menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa dan dipijat perlahan ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan sampo lembut.

3. Bawang bombay

Rupanya, ekstrak bawang bombay juga bisa menjadi cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Kandungan phytochemical membantu mengusir ketombe dan melembapkan kulit kepala.

Caranya mudah, cukup blender ½ bawang bombay agar mendapatkan ekstraknya. Kemudian saring dan aplikasikan ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam sebelum membilasnya. Cara ini bisa diaplikasikan 2 kali dalam seminggu.

lidah buaya dapat membantu menghilangkan ketombe dengan cepat
Lidah buaya dapat mengusir jamur penyebab ketombe

4. Lidah buaya

Sejak lama lidah buaya menjadi bahan utama produk perawatan rambut, termasuk urusan ketombe. Kandungan komponen bioaktif dalam lidah buaya dapat mengusir jamur dan mikroba penyebab ketombe.

Caranya, pijat perlahan kulit kepala dengan gel lidah buaya. Pijat dengan arah memutar agar gel benar-benar terserap sempurna. Kemudian bilas setelah 1 jam. Aplikasikan 2 kali dalam sepekan.

5. Probiotik

Makanan-makanan kaya probiotik seperti yogurt bisa membantu mengatasi ketombe. Kandungan Lactobacillus paracasei bisa mengembalikan keseimbangan kulit kepala sehingga tidak ada ruang untuk ketombe. Anda bisa mengonsumsi yogurt setiap hari untuk merasakan hasilnya.

6. Minyak sereh

Sama seperti minyak lainnya, minyak sereh juga membantu mengusir jamur penyebab ketombe. Caranya campurkan 2-3 tetes minyak sereh pada sampo dan pijat perlahan ke kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

7. Minyak eucalyptus

Kulit kepala yang kaya akan ceramide bisa mengurangi kemungkinan munculnya ketombe. Minyak eucalyptus bisa menjaga kelembapan kulit kepala. Caranya, campurkan 2-3 tetes minyak eucalyptus dan minyak kelapa dan pijat perlahan di kulit kepala.

Kemudian, diamkan selama 30-45 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan 2-3 kali per minggu.

8. Soda kue

Siapa sangka ternyata soda kue juga bisa mengusir jamur penyebab ketombe. Caranya, campurkan 2-3 sendok makan soda kue ke rambut yang sudah basah sebelumnya. Diamkan selama 2 menit sebelum membilasnya dengan bersih. Cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Ada banyak cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda. Namun ingat sebelum mencobanya, lakukan dulu tes alergi untuk mengantisipasi jika ada ketidakcocokan.

Selain itu, ketahui cara keramas yang benar dengan tidak terlalu sering karena bisa melukai kulit kepala. Mengonsumsi banyak cairan juga penting untuk menjaga kelembapan kulit kepala.

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/18-simple-tips-to-get-rid-of-dandruff/#gref
Diakses 20 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-treat-dandruff#section1
Diakses 20 Januari 2020

Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a19636343/how-to-get-rid-of-dandruff/
Diakses 20 Januari 2020

Artikel Terkait