Mengenal Berbagai Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Dapur


Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami merupakan solusi yang murah dan praktis. Hasilnya pun bisa optimal. Yang penting, pilih bahan yang sesuai dengan penyebab ketombe Anda, dan lakukanlah dengan teratur

(0)
21 Jan 2020|Azelia Trifiana
Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lidah buaya, cuka apel, dan minyak pohon tehCara menghilangkan ketombe membandel bisa dimulai dengan bahan dapur
Apakah Anda salah satu orang yang parno memakai baju warna hitam karena risih dengan ketombe? Ketombe memang masalah membandel yang susah-susah gampang untuk dihilangkan. Ini karena penyebabnya yang beragam, mulai dari kulit kepala kering hingga yang justru terlalu berminyak. Belum lagi penyebab lebih serius lain seperti dermatitis atau adanya jamur di kulit kepala. Beda penyebab, tentu beda cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang permanen.
 

Penyebab munculnya ketombe

Ada beberapa masalah yang menyebabkan seseorang berketombe. Beberapa di antaranya adalah:
  • Kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik)
  • Jamur di kulit kepala (malassezia)
  • Kulit kepala kering
  • Psoriasis
Dari keempat penyebab munculnya ketombe di atas, yang paling sering adalah masalah kulit kepala, entah itu terlalu berminyak atau terlalu kering. Semakin berminyak kulit kepala seseorang, semakin besar kemungkinan jamur malassezia berkembang biak dan menyebabkan ketombe. Kondisi ini pun bisa terjadi pada semua kalangan, termasuk bayi.

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat

Beberapa bahan alami bisa menjadi cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Namun tetap perlu dipantau bagaimana reaksi awal saat mencoba home remedy berikut ini. Apa saja?
cara menghilangkan ketombe dengan cepat adalah dengan menggunakan tea tree oil
Tea tree oil mengandung antijamur yang dapat menghilangkan ketombe

1. Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil sudah dikenal untuk penanganan masalah kulit, seperti kulit berjerawat hingga psoriasis. Selain itu, menurut ahli, bahan ini juga memiliki kandungan antijamur yang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Sifat antimikroba dan antiperadangan yang dikandung dalam tea tree oil juga dapat mengatasi ketombe.  Cara menghilangkan ketombe dengan tea tree oil adalah dengan mencampur 2-3 tetes tea tree oil dengan 2-3 tetes jojoba oil. Teteskan minyak pada kapas dan aplikasikan langsung ke kulit kepala untuk mengusir jamur penyebab infeksi.Cara ini bisa dilakukan 3-4 kali dalam sepekan. Meski demikian, beberapa orang bisa tidak cocok dengan tea tree oil, sehingga perlu melakukan tes alergi sebelum melakukannya.

2. Minyak kelapa

Selain tea tree oil, minyak kelapa juga salah satu minyak yang populer di kalangan health enthusiast karena beragam manfaatnya untuk kesehatan. Termasuk di antaranya adalah untuk menyingkirkan ketombe, yaitu melalui fungsi minyak kelapa dalam meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan. Kulit kepala yang kekeringan dapat memperburuk kondisi ketombean Anda.Selain itu, studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mengoptimalkan penanganan kondisi eksim (dermatitis), yang juga berkontribusi terhadap ketombe. Yang terakhir, minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan bisa mengusir jamur penyebab infeksi (malassezia), walau penelitian lanjutan terhadap jamur penyebab ketombe masih diperlukan.Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa cukup dengan menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa, yang kemudian dipijat perlahan ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan sampo lembut. Pastikan agar tidak ada sisa minyak yang tertinggal di kulit, karena dapat menyumbat pori-pori kulit.

3. Bawang bombay

Rupanya, ekstrak bawang bombay juga bisa menjadi cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Kandungan phytochemical membantu mengusir ketombe dan melembapkan kulit kepala.Cara menghilangkan ketombe dengan bawah bombay cukup mudah, yaitu dengan menggunakan blender untuk menghaluskan ½ bawang bombay agar mendapatkan ekstraknya. Kemudian saring dan aplikasikan ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam sebelum membilasnya. Cara ini bisa diaplikasikan 2 kali dalam seminggu.
lidah buaya dapat membantu menghilangkan ketombe dengan cepat
Lidah buaya dapat mengusir jamur penyebab ketombe

4. Lidah buaya

Sejak lama lidah buaya menjadi bahan utama produk perawatan rambut, termasuk urusan ketombe. Kandungan komponen bioaktif dalam lidah buaya dapat mengusir jamur dan mikroba penyebab ketombe.Cara mengatasi ketombe dengan lidah buaya bisa Anda coba dengan memijat perlahan kulit kepala dengan gel lidah buaya. Pijat dengan ujung jari agar gel benar-benar terserap sempurna. Kemudian bilas setelah 1 jam. Aplikasikan 2 kali dalam sepekan.

5. Cuka apel

Cuka apel juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, termasuk menghilangkan ketombe secara alami. Walau riset medis mengenai manfaat cuka apel tersebut masih diperlukan, banyak orang telah menerapkan cara menghilangkan ketombe ini.Sifat asam pada cuka apel, membuatnya berkhasiat merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala, sehingga menghilangkan ketombe. Beberapa riset tabung reaksi juga menemukan, kandungan cuka apel dapat mencegah pertumbuhan jenis jamur tertentu. Anda dapat mencobanya dengan menambahkan beberapa sendok ke dalam sampo atau mengombinasikan dengan minyak esensial lainnya, dan semprotkan langsung ke rambut Anda.

6. Minyak sereh

Sama seperti minyak lainnya, minyak sereh juga membantu mengusir jamur penyebab ketombe. Caranya, campurkan 2-3 tetes minyak sereh pada sampo dan pijat perlahan ke kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

7. Minyak eucalyptus

Kulit kepala yang kaya akan ceramide bisa mengurangi kemungkinan munculnya ketombe. Minyak eucalyptus bisa menjaga kelembapan kulit kepala. Caranya, campurkan 2-3 tetes minyak eucalyptus dan minyak kelapa dan pijat perlahan di kulit kepala. Kemudian, diamkan selama 30-45 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan 2-3 kali per minggu.

8. Soda kue

Siapa sangka kalau soda kue juga bisa mengusir jamur penyebab ketombe. Selain itu, menggunakan sodium bikarbonat atau soda kue di kulit kepala bisa membersihkan kulit kepala dengan efektif, karena dapat mengangkat kulit mati dan minyak berlebih.Cara menghilangkan ketombe dengan soda kue adalah dengan membasahkan rambut dengan air, lalu balurkan 2-3 sendok makan soda kue ke kulit kepala. Diamkan selama 2 menit sebelum membilasnya dengan bersih. Cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.Ada banyak cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda. Namun ingat sebelum mencobanya, lakukan dulu tes alergi untuk mengantisipasi jika ada ketidakcocokan.

Mengatasi ketombe membandel

Apabila ketombe terus menerus muncul kembali, ada baiknya Anda juga memperhatikan gaya hidup dan kebiasaan Anda. Apakah ada faktor pemicu tertentu? Apakah ada perubahan kebiasaan yang Anda lakukan? Dengan memperhatikan hal demikian, bukan tidak mungkin Anda bisa menemukan penyebab ketombe terus kembali muncul.Bagi sebagian orang, tips berikut dapat membantu mengatasi ketombe.

Kendalikan stres

Stres yang mendera Anda, memang memiliki berbagai efek kesehatan, termasuk fisik dan mental. Salah satunya kulit gatal dan kering, serta sistem imun yang menjadi lemah. Lemahnya sistem imun berpotensi mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan mikroba, termasuk jamur penyebab ketombe.Bahkan, sebuah riset di Prancis pada penderita dermatitis seboroik menemukan, episode dermatitis didahului oleh stres pada penderitanya. Dermatitis seboroik sendiri menjadi salah satu penyebab kondisi ketombe.

Perbaiki nutrisi

Pernah mendengar peribahasa bahwa sehat harus dimulai dari dalam? Hal ini juga bisa Anda terapkan untuk mengatasi ketombe.Makanan yang kita konsumsi bisa jadi menyebabkan atau memicu beberapa penyakit kulit yang diasosiasikan dengan ketombe, seperti dermatitis seboroik. Hal ini pun mudah untuk diterapkan. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan, yang diharapkan dapat menurunkan risiko terjadinya peradangan kulit dermatitis. 

Ubah cara mencuci rambut

Cara keramas yang benar bisa membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Berkeramas terlalu sering atau terlalu jarang, bisa menimbulkan masalah pada kulit kepala yang salah satunya bisa berujung pada timbulnya ketombe. Bergantung pada jenis kulit kepala Anda, maka orang dengan kulit berminyak perlu mencuci rambut lebih sering dari yang memiliki kulit kering.

Catatan dari SehatQ

Ketombe memang bisa membuat Anda tidak percaya diri. Apabila sewaktu-waktu menemukan ketombe membandel di rambut atau pakaian, Anda bisa mencoba bahan-bahan alami di atas, maupun merubah pola hidup Anda. Masih punya pertanyaan tentang ketombe? Anda bisa bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulit kepalaketombedermatitis seboroik
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-treat-dandruff#section1
Diakses 20 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324756#aloe-vera-gel
Diakses 3 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/natural-fixes#1
Diakses 3 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait