Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Ampuh Dilakukan


Cara menghilangkan ketombe secara bahan alami merupakan solusi yang murah dan praktis dilakukan. Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami bisa dengan tea tree oil, lidah buaya, cuka apel, hingga lainnya. Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter sebelum menerapkan cara alami menghilangkan ketombe.

0,0
Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lidah buayaKemunculan ketombe memang sangat menyebalkan karena menimbulkan rasa gatal
Punya masalah ketombe memang sangat menyebalkan. Tak ayal bila banyak orang melakukan berbagai cara menghilangkan ketombe di kepala agar masalah munculnya serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal ini bisa lenyap. Selain gatal, kebanyakan orang yang mengalami ketombe merasa malu dan tidak percaya diri sehingga kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari.Pada dasarnya, ada berbagai hal yang dapat menyebabkan ketombe muncul, seperti kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik), kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala, hingga psoriasis. Dari berbagai penyebab ketombe di atas, masalah kulit kepala, seperti terlalu berminyak atau terlalu kering sehingga kemungkinan jamur Malassezia berkembang biak bisa semakin besar. Kondisi ini pun bisa terjadi pada semua kalangan, termasuk bayi.Untuk mengatasinya, ada berbagai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal yang bisa Anda lakukan, selain menggunakan sampo antiketombe. Simak uraian selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara menghilangkan ketombe secara alami

Ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal.Meski begitu, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan bahan alami yang digunakan sebagai cara ampuh menghilangkan ketombe.Jika Anda ingin mengandalkannya sebagai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal, tak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mengetahui boleh atau tidaknya. Terlebih, bagi Anda yang punya masalah kulit tertentu. Berikut adalah pilihan cara menghilangkan ketombe dengan cara alami:

1. Tea tree oil

Salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami adalah dengan tea tree oil atau minyak pohon teh. Tea tree oil memang sudah lama dikenal untuk menangani sejumlah masalah kulit, seperti kulit berjerawat sampai psoriasis. Sebuah studi yang dimuat dalam American Society for Microbiology membuktikan bahwa manfaat tea tree oil berasal dari kandungan antimikroba dan anti peradangan sehingga dapat dijadikan sebagai cara alami menghilangkan ketombe. Selain itu, tea tree oil juga disebut dalam studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Dermatology mampu melawan jamur penyebab ketombe, serta dermatitis seboroik secara efektif.Pada penelitian lainnya yang terdapat Journal of the American Academy of Dermatology menyatakan bahwa penggunaan sampo dengan kandungan tea tree oil sebanyak 5% mampu mengatasi ketombe sebesar 41%.
cara menghilangkan ketombe dengan cepat adalah dengan menggunakan tea tree oil
Tea tree oil mengandung antijamur yang dapat menghilangkan ketombe
Cara menghilangkan ketombe dengan tea tree oil adalah dengan mencampurkan 2-3 tetes tea tree oil dengan 2-3 tetes dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa. Kemudian, teteskan minyak pada kapas dan aplikasikan langsung ke kulit kepala untuk mengusir jamur penyebab infeksi.Cara alami menghilangkan ketombe bisa dilakukan 3-4 kali dalam sepekan. Meski demikian, beberapa orang mungkin bisa tidak cocok menggunakan tea tree oil untuk mengusir ketombe, sehingga perlu melakukan tes alergi sebelum melakukannya.Bagi Anda yang punya kulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati menggunakannya karena tea tree oil mungkin dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

2. Minyak kelapa

Kondisi kulit kepala yang kering bisa memperburuk masalah ketombe yang Anda alami. Nah, menggunakan minyak kelapa bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami karena kemampuannya menghidrasi kulit kepala.Sebuah studi menemukan bahwa manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mengobati kondisi eksim, yakni masalah kulit yang memicu munculnya ketombe. Minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang mampu mengusir jamu penyebab infeksi. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa cukup menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, pijat kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo. Pastikan Anda membersihkan kulit kepala agar tidak ada sisa minyak yang tertinggal karena dapat berisiko menyumbat pori-pori kulit.

3. Lidah buaya

lidah buaya dapat membantu menghilangkan ketombe dengan cepat
Lidah buaya dapat mengusir jamur penyebab ketombe
Tahukah Anda jika lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami?Menurut sebuah laporan ilmiah yang dimuat dalam Biomed Research International, manfaat lidah buaya berasal dari kandungan antibakteri dan antijamur yang dapat melawan ketombe.Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau aloe vera kemasan yang dijual di pasaran. Gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala dengan cara memijatnya perlahan sampai benar-benar terserap sempurna. Kemudian, bilas kulit kepala setelah mendiamkannya selama kurang lebih 1 jam. Lakukan cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya ini 2 kali dalam sepekan.

4. Cuka apel

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami, seperti cuka apel, juga bisa Anda terapkan di rumah. Sifat asam pada cuka apel disebut mampu membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Manfaat cuka apel untuk rambut juga dapat menyeimbangkan pH kulit guna mengurangi pertumbuhan jamur yang jadi penyebab ketombe.Meski demikian, perlu diketahui bahwa cara mengatasi ketombe dengan cuka apel ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.Jika Anda tertarik menggunakannya sebagai cara alami menghilangkan ketombe, coba campurkan beberapa tetes cuka apel dengan sampo, atau minyak esensial lain. 

5. Minyak sereh

Minyak sereh juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.Minyak sereh memiliki zat antimikroba dan antiradang yang dapat mengurangi kemunculan ketombe. Menurut sebuah riset kecil yang dimuat dalam Complementary Medicine Research, produk hair tonic yang mengandung 10% minyak sereh mampu mengurangi ketombe sampai 81% setelah penggunaan 2 minggu. Anda bisa mencampurkan 2-3 tetes minyak sereh pada sampo atau kondisioner yang biasa digunakan, lalu usapkan pada kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas kulit kepala sampai bersih. Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat dan mudah ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

6. Soda kue

Soda kue bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami
Soda kue disebut punya efek antijamur yang bisa melawan jamur penyebab ketombe
Siapa sangka jika soda kue dapat dijadikan cara menghilangkan ketombe secara alami? Soda kue atau baking soda merupakan zat eksfolian yang mampu mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati pada kulit kepala.Soda kue juga memiliki zat antijamur yang dapat melawan jamur penyebab ketombe muncul. Jika Anda tertarik menggunakannya sebagai cara ampuh mengatasi ketombe, sebaiknya pakai tidak terlalu banyak. Sebab, baking soda dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala sehingga membuatnya jadi kering dan iritasi. Selain itu, soda kue mempunyai kadar pH yang tinggi sehingga rentan merusak kulit kepala bila digunakan terlalu sering. Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda perlu membasahi rambut terlebih dahulu dengan air, lalu balurkan 2-3 sendok makan soda kue pada kulit kepala.Diamkan selama 2 menit sebelum membilasnya dengan bersih. Cara menghilangkan ketombe di kepala ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

7. Minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal bisa pula dengan minyak zaitun. Kamu hanya cukup mengoleskan minyak zaitun pada area kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, lalu sisir rambut perlahan. Lakukan langkah ini perlahan agar rambut tidak berminyak. 

8. Garam 

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan garam banyak dilakukan oleh beberapa orang.Garam dapur diklaim mampu mengeksfoliasi karena dapat membersihkan timbunan sel kulit mati di kulit kepala yang menyumbat pori-pori sehingga ketombe tidak akan datang lagi.Cara menghilangkan ketombe dengan garam juga diyakini dapat menyerap minyak berlebih di kulit kepala yang terkadang menjadi penyebab ketombe muncul. 
Gunakan garam sebagai cara menghilangkan ketombe dengan garam
Taburkan garam pada rambut dan kulit kepala yang sudah dibasahi air
Garam juga digadang-gadang memiliki sifat antijamur sehingga dapat meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan garam bisa dilakukan dengan membasahi rambut Anda terlebih dahulu.Setelah itu, taburkan garam ke kulit kepala. Kemudian, lakukan gerakan seperti pijatan di kulit kepala sampai ketombe rontok. Selanjutnya, gunakan sampo dan bilas rambut seperti biasa.Selain digunakan sendiri, cara alami menghilangkan ketombe dengan garam juga bisa dicampurkan dengan bahan-bahan alami lain untuk meningkatkan efektivitasnya. Misalnya, cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cuka apel, lidah buaya, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cuka apel cukup mencampurkan sedikit garam dan beberapa tetes cuka apel. Aduk merata sampai membentuk scrub kental. Oleskan seraya menggosokkannya pada kulit kepala berketombe. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

9. Jeruk nipis

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ternyata bisa jadi pilihan bahan alami lainnya.Hal ini bukan tanpa alasan karena buah golongan citrus dengan cita rasa asam dipercaya dapat mengusir ketombe membandel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis dianggap ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Sebab, air perasan buah, kulit buah, dan daun jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe, yakni Malassezia furfur.
Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis bisa dilakukan
Oleskan perasan air jeruk nipis pada permukaan kulit kepala
Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis bisa dengan mengoleskan perasan airnya ke permukaan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipis dapat meresap ke dalam kulit dan folikel rambut.Bilas dengan air hangat sampai bersih. Keramas menggunakan sampo antiketombe formula sedang.Langkah ini bisa dilakukan selama beberapa minggu hingga ketombe membaik dan hilang sepenuhnya dari kulit kepala Anda.Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis bisa pula dicampur dengan bahan alami lain, seperti cuka apel, minyak kelapa, minyak zaitun, dan garam.Untuk menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan cuka apel, Anda membutuhkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dan 2 sendok makan cuka apel. Kemudian, campurkan kedua bahan di atas dalam sebuah mangkuk kecil. Oleskan pada permukaan kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Diamkan selama 1,5 jam.

10. Tingkatkan asupan asam lemak omega-3

Tubuh yang kekurangan asupan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan rambut kering, kulit kering, hingga munculnya ketombe. Maka, meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dalam pola makan sehari-hari bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat dan mudah. Asupan asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan sehingga meredakan gejala iritasi dan ketombe. Anda bisa mengonsumsi asam lemak omega-3 melalui ikan salmon, ikan trout, dan makarel. Selain itu, makanan kaya omega-3, seperti flaxseed, chia seed, dan walnut juga bisa dikonsumsi. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan, tetapi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

11. Konsumsi probiotik

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat dan mudah melalui asupan makanan juga penting mengonsumsi probiotik. Faktanya, sebuah riset yang dimuat dalam Wageningen Academic Publisher menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama 56 hari secara signifikan mampu mengurangi keparahan ketombe.Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung probiotik melalui yogurt, tempe, kimchi, hingga kombucha.

12. Kendalikan stres

Stres yang tengah mendera ternyata dapat memengaruhi kondisi kesehatan Anda, sehingga membuat kulit kering dan gatal, serta sistem imun yang melemah. Lemahnya sistem imun berpotensi mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan mikroba, termasuk jamur penyebab ketombe.Maka, cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat dan mudah adalah dengan mengendalikan stres, terutama pada orang dengan kondisi dermatitis atopik. 

13. Ubah cara mencuci rambut

Cara menghilangkan ketombe membandel dengan keramas
Perhatikan waktu mencuci rambut sesuai dengan jenis rambutnya
Mengubah cara mencuci rambut juga jadi cara mengatasi ketombe yang membandel. Keramas terlalu sering atau terlalu jarang, bisa menimbulkan masalah pada kulit kepala yang salah satunya bisa berujung pada timbulnya ketombe. Bergantung pada jenis kulit kepala Anda, biasanya orang dengan kulit berminyak perlu mencuci rambut lebih sering daripada orang yang memiliki kulit kering.

Catatan dari SehatQ

Ketombe memang bisa membuat Anda tidak percaya diri. Oleh sebab itu, coba terapkan berbagai cara mengobati ketombe secara alami di atas sekaligus mengubah pola hidup Anda.Jika cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami tak kunjung membuahkan hasil atau justru memperparah masalah ketombe yang dialami, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Dengan demikian, dokter dapat memberi rekomendasi cara menghilangkan ketombe di kepala secara medis yang ampuh. Masih punya pertanyaan mengenai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal?Anda bisa bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulit kepalaketombedermatitis seboroikkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-treat-dandruff#section1
Diakses 20 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324756#aloe-vera-gel
Diakses 3 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/natural-fixes#1
Diakses 3 November 2020
American Society of Microbiology. https://journals.asm.org/doi/10.1128/CMR.19.1.50-62.2006
Diakses pada 28 Juni 2021
Journal of the American Academy of Dermatology. https://www.jaad.org/article/S0190-9622(02)00313-4/pdf
Diakses pada 28 Juni 2021
American Journal of Clinical Dermatology. https://link.springer.com/article/10.2165/00128071-200405060-00006
Diakses pada 28 Juni 2021
Biomed Research International. https://www.hindawi.com/journals/bmri/2015/714216/
Diakses pada 28 Juni 2021
Wageningen Acaademic Publishers. https://www.wageningenacademic.com/doi/10.3920/BM2016.0144
Diakses pada 28 Juni 2021
Complementary Medicine Research. https://www.karger.com/Article/Abstract/432407
Diakses pada 28 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait