Skateboard Pemula Membutuhkan Perlengkapan Ini

(0)
23 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Skateboard pemula membutuhkan perlengkapan seperti pelindung lututMenjadi pemain skateboard pemula tentu harus melengkapi diri dengan pelindung lutut
Skateboard pemula terlihat sebagai olahraga yang menantang? Nah, sebelum terjun menjadi pemain skateboard pemula, hal paling penting yang harus Anda lakukan adalah memilih papan skateboard dan peralatan pelengkap yang cocok dan aman. Apa saja hal-hal yang harus Anda perhatikan?Olahraga skateboard memang tengah naik daun di kalangan remaja dan anak-anak muda. Bahkan, cabang olahraga permainan ini sudah dipertandingkan di multievent seperti Asian Games Indonesia 2018, SEA Games Filipina 2019, dan juga bakal dipertandingan untuk pertama kali di multiajang paling prestisius dunia, yakni Olimpiade Tokyo 2021 mendatang.

Skateboard pemula harus dilengkapi peralatan ini

Meski termasuk olahraga yang menyenangkan, skateboarding tetap berisiko mengakibatkan cedera jika tidak dilakukan dengan perlengkapan yang memadai. Oleh karena itu, para pemain skateboard pemula sangat disarankan menggunakan alat pelindung diri dan tentunya memilih papan skateboard yang sesuai standar.
Pemain skateboard pemula harus memakai helm
Melihat orang bermain skateboard tanpa alat pelindung yang layak mungkin akan terlihat keren. Namun bagi pemain skateboard pemula, tidak memakai pelindung justru meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan dan cedera karena jatuh, terbentur, hingga keseleo dan terkilir.Oleh karena itu, pemain skateboard pemula sangat disarankan mempersenjatai diri dengan perlengkapan yang tepat, seperti:

1. Papan skateboard

Jika Anda ingin lebih banyak bermain skateboard di taman, pilihlah papan yang berukuran relatif kecil. Jangan lupa juga untuk memastikan papan skateboard tidak retak, ujungnya tumpul, rodanya tidak rusak, dan tidak ada bagian longgar, sebelum Anda menggunakan papan tersebut.

2. Helm

Gunakan helm yang dibuat khusus untuk para pemain skateboard, bukan helm sepeda apalagi helm motor. Helm skateboard harus kokoh dan memiliki pengait, agar bisa melindungi kepala dari benturan saat Anda berolahraga.

3. Pelindung lutut dan siku

Berolahraga menggunakan pelindung lutut dan siku mungkin tidak kelihatan keren, tapi langkah ini akan menyelamatkan Anda dari cedera. Pastikan pelindung ini terbuat dari plastik keras, tapi tidak membatasi gerakan Anda.

4. Sepatu

Pemain skateboard pemula wajib selalu memakai sepatu dengan sol karet yang kuat agar cengkraman ke papan skateboard juga kuat. Jangan pernah menggunakan sandal saat bermain skateboard.

5. Peralatan lainnya

Untuk menambah keamanan saat bermain skateboard, Anda juga bisa menggunakan pelindung paha, sarung tangan, hingga pelindung mulut, agar tidak cedera saat jatuh.

Pemain skateboard pemula berisiko alami cedera ini

Pemain skateboard pemula berisiko alami cedera kaki
Pemain skateboard pemula sangat rentan kehilangan keseimbangan saat melakukan olahraga dengan papan beroda ini. Bentuk cedera yang biasanya terjadi bisa ringan saja, hingga cedera berat, misalnya:
  • Cedera lengan, kaki, leher, dan badan: bisa berupa lecet-lecet, terkilir, otot tertarik, retak di pergelangan tangan, hingga patah tulang.
  • Cedera wajah: dapat berupa luka gores hingga patah tulang hidung maupun rahang.
  • Cedera serius: misalnya gegar otak maupun bentuk cedera kepala lainnya.
Mengingat tingkat keparahan cedera yang mungkin terjadi pada pemain skateboard pemula, Akademi Dokter Anak Amerika (AAP) tidak menyarankan anak-anak yang masih berusia di bawah 5 tahun untuk mencoba olahraga ini. Sementara itu anak berusia 6-10 tahun boleh melakukannya, asalkan didampingi orang dewasa.

Tips aman saat bermain skateboard untuk pemula

Untuk menghindari cedera, sangat penting bagi pemain skateboard pemula untuk berlatih di tempat yang aman. Lakukan hal-hal berikut ini, demi keselamatan ketika bermain skateboard.
  • Pastikan permukaan permainan skateboard tidak berlubang dan tidak banyak rintangan (seperti sampah atau batang pohon).
  • Hindari bermain skateboard di jalan raya dan tempat yang ramai.
  • Pilih arena yang jauh dari lalu lintas, seperti taman bermain atau lahan parkir yang tidak terpakai.
  • Hindari skateboarding saat hujan atau jalanan becek.
  • Jangan bermain skateboard sambil berpegangan pada kendaraan yang sedang berjalan, seperti sepeda, motor, mobil, truk, bus, dan lain-lain.
  • Jangan menggunakan headphones ketika bermain skateboard.
Jika Anda belum pernah sama sekali bermain skateboard, tidak ada salahnya mengajak orang lain untuk menemani dan mengawasi. Pastikan juga Anda menjajal teknik bermain skateboard pemula yang mudah dan tidak rentan menimbulkan cedera terlebih dahulu, sebelum meningkat ke teknik yang lebih rumit.Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang cara menghindari dan mengatasi cedera ketika bermain skateboard sebagai pemula, Anda juga bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragacederacedera otottips olahragacedera ankle
AAOS. https://orthoinfo.aaos.org/en/staying-healthy/skateboarding-safety
Diakses pada 9 Oktober 2020
Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsallchildrens.org/Patients-Families/Health-Library/HealthDocNew/Safety-Tips-Skateboarding-(1)
Diakses pada 9 Oktober 2020
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/safety-skateboarding.html
Diakses pada 10 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait