Sisir Kutu, Cara Membasmi Kutu Rambut dengan Praktis dan Efektif

(0)
11 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sisir kutu mampu mengangkat kutu rambut dan telur kutu dari kulit kepalaSisir kutu dapat mengatasi masalah kutu rambut yang tergolong ringan
Kutu rambut adalah salah satu parasit yang dapat menyebabkan masalah pada kulit kepala dan rambut. Anda dapat terkena kutu rambut apabila sempat melakukan kontak kepala ke kepala dengan orang yang memilikinya. Kutu rambut juga bisa ditularkan melalui penggunaan barang-barang, seperti sisir, topi, atau handuk, secara bergiliran dengan orang yang telah memiliki kutu rambut.Kutu rambut dapat diatasi dengan beberapa metode, misalnya menggunakan sisir kutu hingga obat-obatan yang dijual bebas atau diresepkan dokter. Sebelum membahas seputar tindakan penanganannya, ada baiknya Anda mengetahui gejala yang dapat disebabkan karena kutu rambut terlebih dahulu.

Gejala kutu rambut

Gejala umum adanya kutu rambut di kepala adalah rasa gatal yang kadang tak tertahankan. Hal ini disebabkan oleh gigitan kutu yang menyebabkan reaksi alergi sehingga muncul rasa gatal tersebut. Rasa gatal ini mungkin tidak akan disadari pada awalnya, namun gejala akan mulai terasa enam minggu setelah terkena kutu rambut.Selain rasa gatal yang hebat, kutu rambut juga menyebabkan gejala:
  • Perasaan menggelitik atau sesuatu bergerak di kepala, rambut, leher atau daun telinga.
  • Adanya luka yang terasa gatal
  • Sulit berkonsentrasi akibat rasa gatal tak tertahankan
  • Sulit tidur karena rasa panas dan gatal pada kulit yang digigit kutu
  • Terdapat benjolan merah yang perih dan gatal di kepala, leher dan bahu.
  • Terdapat telur kutu atau cangkang telur kutu di rambut.
Baca juga: 5 Masalah Kulit Kepala dan Cara Mengatasinya

Membasmi kutu rambut dengan sisir kutu

Salah satu cara untuk membasmi kutu adalah menggunakan sisir kutu, yang juga dikenal dengan sebutan sisir serit. Sisir ini memiliki gigi yang tipis, keras, dan rapat.Sisir kutu biasanya terbuat dari kayu, besi tahan karat, atau plastik. Gigi sisir ini lebih rapat jika dibandingkan dengan sisir biasa karena bertujuan untuk menyeret atau menjebak kutu, anak kutu, dan telur kutu agar tersangkut dan terseret hingga lepas dari rambut.Cara membasmi kutu rambut dengan menggunakan sisir kutu adalah sebagai berikut:
  1. Basahi rambut dan rapikan dengan sisir biasa. Jangan menggunakan sisir kutu dalam keadaan rambut kusut dan acak-acakan karena akan membuat sisir tersangkut dan menyebabkan kulit kepala sakit saat tertarik.
  2. Ambil segenggam rambut, mulai dari bagian depan. Letakkan sisir pada permukaan kulit kepala bagian rambut tersebut. Letakkan sisir serapat mungkin dengan kulit kepala karena banyak kutu baru yang biasanya berada di dekat akar rambut.
  3. Sisir dari akar hingga ke ujung rambut.
  4. Periksa pada sisir jika ada kutu, anak kutu, atau telur kutu yang tersangkut di sana.
  5. Bersihkan sisir dan gunakan pada bagian rambut yang lain sampai selesai seluruh bagian rambut.
Membasmi kutu rambut dengan sisir cukup efektif bagi kasus yang tergolong ringan. Akan tetapi, jika kutu rambut telah berkembang biak terlalu banyak, penggunaan sisir kutu harus dilakukan berulang kali dan dikombinasikan dengan pemberian obat.

Cara lain membasmi kutu rambut

Apabila sisir kutu belum berhasil membasmi semua kutu rambut Anda, Anda dapat menggunakan produk pembasmi kutu rambut. Produk-produk ini dapat dibeli di beberapa toko obat atau apotek. Produk pembasmi kutu rambut biasanya losion yang mengandung piretrin atau permetrin.Apabila Anda memerlukan bantuan dokter untuk mengatasi masalah kutu rambut, dokter mungkin akan meresepkan pembasmi kutu rambut seperti:

1. Losion Malathion 0,5 persen

Malathion adalah obat pembasmi kutu yang harus digosokkan ke rambut dan kulit kepala sebelum dibilas.

2. Losion benzyl alcohol 5 persen

Losion benzyl alcohol dianggap efektif dalam mengatasi masalah kutu rambut. Losion ini dapat diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala selama 10 menit sebelum kemudian dibilas

3. Sampo Lindane 1 persen

Sampo Lindane adalah jenis sampo yang efektif membasmi kutu. Akan tetapi, sampo ini hanya boleh digunakan apabila jenis pengobatan lainnya tidak efektif. Hal ini dikarenakan sampo lindane termasuk obat keras yang dapat menimbulkan efek samping berupa neurotoksisitas (keracunan otak dan sistem saraf).Efek samping lainnya, seperti kejang hingga kematian, bahkan pernah dilaporkan setelah penggunaan sampo Lindane secara berulang dan berkepanjangan. Sampo ini juga tidak anjurkan bagi individu yang memiliki riwayat kejang, ibu hamil, dan menyusui.Sampo ini harus digunakan sesuai anjuran dokter dan tidak boleh ditambah dosis pemakaiannya atau terlalu lama mendiamkannya di kepala sebelum dibilas.Itulah beberapa tindakan penanganan kutu rambut, baik dengan menggunakan sisir kutu hingga metode-metode lainnya. Apabila Anda mendapati adanya kutu rambut di kepala Anda, segera tangani kondisi tersebut dengan metode-metode di atas untuk mencegahnya menjadi semakin parah.Jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai cara menghilangkan kutu rambut ataupun kondisi kesehatan lainnya, jangan ragu untuk langsung berkonsultasi dengan dokter. Gunakan fitur chat dokter gratis di SehatQ untuk berkonsultasi lebih lanjut secara online.
kutu rambut
Healthline
https://www.healthline.com/health/lice-symptoms#other-symptoms
https://www.healthline.com/health/lice-symptoms#treatment
Diakses 28 Juli 2020
Ridlice
https://www.ridlice.com/en/lice-removal-treatment/step-2-remove/
Diakses 28 Juli 2020
RXlist
https://www.rxlist.com/lindane-shampoo-drug.htm#description
Diakses 28 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait