Sirup Maple Dianggap Lebih Sehat dari Gula Buatan, Apa Saja Manfaatnya?

Sirup maple memang merupakan pemanis alami, tapi tetap tidak boleh dikonsumsi berlebihan.
Sirup maple dipercaya lebih menyehatkan dibandingkan gula buatan.

Sirup maple adalah pemanis alami yang dianggap lebih menyehatkan dibandingkan gula buatan. Teksturnya seperti madu dan diambil dari getah pohon maple. Selama berabad-abad, sirup maple telah dipercaya sebagai pemanis alami. Kini, 80% suplai sirup maple dibuat di Kanada.

Banyak yang percaya bahwa sirup maple memiliki banyak manfaat, karena dipercaya lebih sehat dibandingkan gula buatan yang dijual di pasaran. Namun, apakah klaim ini sudah didukung penelitian?

Sirup maple dan manfaatnya

Sirup maple
Sirup maple

Perlu diingat, walaupun dianggap sebagai pemanis alami yang lebih sehat, tapi tetap saja sirup maple tinggi kandungan gula. Maka dari itu, kenalilah dulu berbagai manfaat sirup maple beserta fakta-faktanya ini.

1. Kaya akan nutrisi, tapi mengandung gula tinggi

Yang membedakan sirup maple dengan gula buatan adalah kandungan nutrisinya. Jangan salah, sirup maple mengandung banyak zat mineral. Kandungan nutrisinya pun juga cukup mengagetkan:

  • Kalsium: 7% dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Kalium: 6% dari RAH
  • Zat besi: 7% dari RAH
  • Zinc: 28% dari RAH
  • Mangan: 165% dari RAH

Walaupun mengandung banyak zat mineral, tapi perlu diingat bahwa sirup maple juga diperkaya gula tinggi.
Sekitar 1/3 cangkir (80 mililiter) sirup maple saja sudah mengandung 60 gram gula. Maka dari itu, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Sebab, banyak gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada tubuh jika kelebihan gula.

2. Mengandung 24 antioksidan

Bukan 1 atau 2, tapi ada sekitar 24 antioksidan di dalam sirup maple! Hal ini dibuktikan oleh sebuah riset, yang menemukan adanya 24 antioksidan berbeda dalam sirup maple.

Antioksidan sangat penting untuk mencegah radikal bebas dan kerusakan oksidatif. Kedua “benalu” kesehatan ini bisa menyebabkan naiknya risiko penyakit mematikan, seperti kanker.

Ketahuilah, sirup maple dengan warna lebih gelap, mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan yang berwarna cerah.

Namun sayangnya, jumlah antioksidan dalam sirup maple ini, masih kalah jauh dari jumlah gula yang dimilikinya. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi sirup maple berlebihan.

3. Memperkuat sistem imun tubuh

Kekurangan zat mineral zinc dan mangan bisa menurunkan produksi sel darah putih di dalam tubuh. Untungnya, sirup maple mengandung keduanya dalam jumlah cukup tinggi. Tak heran banyak orang yang pecaya kalau sirup maple bisa memperkuat sistem imun tubuh.

4. Menyehatkan sistem reproduksi

Zinc memainkan peran penting dalam menyehatkan sistem reproduksi pria maupun wanita. Sebagai pemanis alami yang mengandung zat mineral zinc dengan kadar tinggi, sirup maple dipercaya baik untuk kesehatan sistem reproduksi.

Untuk pria, zinc yang dikandung sirup maple bisa mencegah pembesaran prostat dan mendukung kesehatan sistem reproduksi. Untuk wanita, kandungan mangan yang dimiliki sirup maple pun bisa meningkatkan hormon seks.

5. Membantu meningkatkan energi tubuh

Mangan adalah zat mineral yang bisa membantu tubuh mendapatkan lebih banyak energi untuk beraktivitas. Dengan mengonsumsi ¼ cangkir sirup maple saja, tubuh Anda bisa memenuhi 90-100% kebutuhan mangan yang direkomendasikan.

Namun ingat, jangan karena mangan bisa meningkatkan energi tubuh, Anda langsung mengonsumsi sirup maple secara berlebihan. Sebab, kandungan gula yang dimiliki sirup maple sangat tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, maka kerugian yang akan datang.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Berbeda dari gula buatan, sirup maple diperkaya dengan zat mineral zinc, yang bisa menjaga dinding pembuluh darah dari kerusakan radikal bebas dan mencegahnya dari pengerasan. Kandungan zat mineral mangan yang dimiliki sirup maple juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Hal-hal ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, lho!

Manfaat sirup maple di atas, mungkin tidak dapat dirasakan jika Anda mengonsumsinya berlebihan. Sebab, sesuatu yang dikonsumsi berlebihan, malah berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Cara memilih sirup maple

Sirup maple
Sirup maple

Ada 2 jenis sirup maple, yakni grade A dan B. Sirup maple grade A memiliki warna yang lebih terang, dan rasanya pun tidak semanis sirup maple grade B.

Sirup maple grade B memiliki warna yang sangat gelap, dan rasanya juga lebih manis dibandingkan grade A. Keduanya memiliki kegunaan masing-masing. Jika Anda ingin memberi pemanis pada pancake, gunakanlah sirup maple grade A, dengan rasa yang tidak terlalu manis.

Namun jika Anda ingin membuat adonan kue, gunakanlah sirup maple grade B, yang rasanya lebih manis.
Jangan sampai Anda tidak melihat kandungan nutrisinya, saat membeli sirup maple. Pilihlah sirup maple tanpa gula tambahan.

Catatan dari SehatQ:

Gula tetaplah gula. Walaupun merupakan pemanis alami yang mengandung berbagai zat mineral dan antioksidan, sirup maple tetap mengandung kandungan gula yang tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, ada kerugian yang bisa datang.

Sama seperti gula dan pemanis lainnya, konsumsilah sirup maple secara wajar. Kalau perlu, konsultasikan dulu ke dokter mengenai pemanis terbaik yang aman untuk tubuh.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/maple-syrup#what-it-is
Diakses pada 27 April 2020

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/maple-syrup.html
Diakses pada 27 April 2020

Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/6-maple-syrup-benefits-you-may-not-have-known-1875433
Diakses pada 27 April 2020

Artikel Terkait