Sinus Tetap Nyaman dengan Terapkan Pencegahan Sinusitis Ini


Langkah pencegahan sinusitis termasuk rajin cuci tangan, tidak memegang wajah, dan menjaga kesehatan imun. Vaksinasi flu juga perlu dijalani sebagai cara mencegah sinusitis.

(0)
28 Mar 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu langkah pencegahan sinusitis adalah dengan menghindari memegang area wajah terlalu seringBeberapa kasus sinusitis dapat dipicu oleh alergi
Sinusitis merupakan peradangan pada sinus, rongga-rongga di dalam tulang yang mengelilingi hidung. Penyakit ini dapat terjadi secara akut maupun kronis dengan gejala yang menyiksa. Dapat disebabkan oleh infeksi atau alergi, sinusitis sejatinya dapat dicegah. Apa saja langkah pencegahan sinusitis?

Pencegahan sinusitis yang mudah dilakukan

Berikut ini langkah-langkah pencegahan sinusitis yang perlu diterapkan:

1. Rajin cuci tangan

Rajin cuci tangan dapat menjauhkan kita dari berbagai jenis penyakit, termasuk sinusitis. Anda utamanya harus membersihkan tangan sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hidung, maupun setelah berinteraksi dengan penderita flu dan pilek.Rajin cuci tangan menjadi langkah pencegahan sinusitis yang sebenarnya mudah dilakukan, walau masih sering diabaikan masyarakat.

2. Kurangi kebiasaan memegang wajah

Cara mencegah sinusitis ini memang cenderung sulit dihindari. Sering memegang wajah, terlebih saat tangan masih kotor, dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk sinusitis atau infeksi sinus.Pastikan tangan sudah bersih jika Anda hendak memegang wajah, seperti saat mengaplikasikan produk perawatan kulit atau mengelap muka seusai berolahraga.

3. Mencukupkan kebutuhan air putih

Tubuh yang terhidrasi dengan baik membantu kondisi lendir di saluran pernapasan lebih encer dan mudah dikeluarkan. Pastikan Anda selalu mencukupkan kebutuhan air putih dan segera minum bila merasa haus.

4. Menjaga kesehatan imun

Menjaga kesehatan imun juga menjadi salah satu langkah pencegahan sinusitis yang perlu diperhatikan. Banyak kasus sinusitis bermula dari infeksi virus tertentu, seperti pilek dan flu. Kesehatan imun yang kuat membantu mencegah pilek dan flu sehingga juga menjauhkan Anda dari sinusitis. Beberapa cara menjaga fungsi daya tahan tubuh termasuk mengonsumsi makanan sehat, rajin olahraga, tidur cukup, dan segenap gaya hidup sehat lainnya.

5. Pertimbangkan penggunaan pelembap ruangan

Penggunaan pelembap udara seperti humidifier dapat dipertimbangkan sebagai cara mencegah sinusitis. Kondisi udara yang lembap dapat mengurangi kekeringan pada saluran hidung, sehingga pada akhirnya juga menghindarkan diri dari sinusitis.

6. Hindari obat antihistamin jika tidak diresepkan dokter

Obat antihistamin untuk alergi dapat membuat lendir di saluran napas menjadi kental dan sulit mengalir – kondisi yang meningkatkan risiko seseorang terkena sinusitis. Dengan demikian, demi mencegah sinusitis, Anda dilarang mengonsumsi antihistamin sembarangan tanpa resep dokter. Hanya saja, apabila seseorang menderita sinusitis yang dipicu oleh alergi, dokter tetap akan meresepkan antihistamin bersama dengan obat lain.

7. Berhati-hati terhadap pemicu alergi

Beberapa kasus sinusitis dapat dipicu oleh alergi. Zat yang memicu alergi pada seseorang, atau disebut dengan alergen, dapat berbeda-beda. Sebagai langkah pencegahan sinusitis, pastikan Anda senantiasa berhati-hati dengan benda dan zat yang dapat memicu alergi pada tubuh Anda.

8. Jalani vaksinasi flu tahunan

Langkah pencegahan sinusitis yang tak kalah pentingnya yakni vaksinasi untuk penyakit tertentu, termasuk vaksinasi influenza. Influenza sebenarnya merupakan infeksi yang berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai masalah lanjutan, termasuk sinusitis.Vaksinasi influenza perlu dilakukan setiap tahun. Pasalnya, virus influenza senantiasa beradaptasi yang membuat masyarakat harus mendapatkan vaksin baru.

Apakah sinusitis bisa sembuh dengan sendirinya?

Pada banyak kasus, sinusitis atau infeksi sinus dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, Anda tetap dapat menemui dokter untuk mendapatkan dekongestan, obat pereda nyeri seperti ibuprofen, dan obat semprot hidung saline demi meredakan gejala yang dirasa berat. Namun obat dekongestan tidak boleh diberikan dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan kembalinya penyumbatan di hidung yang lebih parah.Jika gejala sinusitis yang Anda alami terjadi lebih dari 7 hari dengan lendir yang sangat kental, sinusitis yang Anda alami mungkin disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika dokter mendiagnosis bahwa Anda terserang sinusitis akibat bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik.

Catatan dari SehatQ

Langkah pencegahan sinusitis amatlah mudah dilakukan, terutama dengan rajin mencuci tangan, menjalani gaya hidup sehat, serta menjalani vaksinasi flu tahunan. Anda juga perlu menjauhi zat penyebab alergi dan mengurangi kebiasaan memegang wajah.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait pencegahan sinusitis, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
alergisinusitissinusitis akutradang sinussinusitis kronis
Centers for Control Disease and Prevention. https://www.cdc.gov/antibiotic-use/community/for-patients/common-illnesses/sinus-infection.html
Diakses pada 16 Maret 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/sinus-infections/preventing-related-complications
Diakses pada 16 Maret 2021
Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/what_to_do_about_sinusitis
Diakses pada 16 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256
Diakses pada 16 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/in-depth/flu-shots/art-20048000
Diakses pada 16 Maret 2021
Mayo Clinic Health System. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/will-my-sinus-infection-clear-up-on-its-own
Diakses pada 16 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/310517
Diakses pada 16 Maret 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/dry-nose-and-sinuses-1192181
Diakses pada 16 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait