Siladex ME, Obat Batuk Tanpa Kantuk yang Tidak Ganggu Bulan Puasa


Batuk berdahak bisa sangat mengganggu kegiatan selama berpuasa. Belum lagi kekhawatiran yang muncul terhadap efek samping obat batuk yang bisa menimbulkan rasa kantuk. Namun, Anda tidak usah bingung lagi. Sebab, ada obat batuk dengan bahan aktif yang ampuh meredakan batuk berdahak, tanpa menyebabkan kantuk.

(0)
07 Apr 2021|Maria Yuniar
Batuk berdahak dapat mengganggu aktivitas Anda selama bulan puasaJangan sampai batuk berdahak mengganggu aktivitas Anda di bulan Ramadhan
Aktivitas berpuasa mengharuskan Anda menyesuaikan waktu makan dan minum, yaitu hanya ketika sahur dan setelah berbuka. Begitu pula ketika ingin mengonsumsi obat batuk.Selama ini, beberapa obat batuk memiliki efek sampingnya menimbulkan rasa kantuk. Oleh karena itu, pilih obat batuk yang tidak membuat Anda mengantuk, agar aktivitas di bulan puasa tetap lancar.Lantas, obat batuk dengan bahan aktif apa, yang bisa jadi pilihan selama berpuasa?

Bromhexin HCL dan Guaifenesin, Bahan Aktif Obat Batuk yang Direkomendasikan

Siladex ME mengandung Bromhexin HCL dan Guaifenesin
Jangan khawatir, Anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar meski sedang mengalami batuk. Carilah obat batuk dengan bahan aktif Bromhexin HCL dan Guaifenesin, yang efektif meredakan batuk selama berpuasa. Tak perlu pusing untuk melihat kemasan berbagai obat batuk yang tersedia di pasaran untuk mencari kandungan tersebut.Anda bisa langsung memilih obat batuk Siladex Mucolytic Expectorant (ME) untuk meredakan batuk berdahak yang sangat mengganggu. Berikut ini kandungan di dalamnya, untuk setiap sendok takar (5 ml).
  • Bromhexin HCL: 10 mg
  • Guaifenesin: 50 mg
Selain tidak menyebabkan kantuk, Siladex ME bebas gula dan bebas alkohol. Untuk meredakan batuk berdahak dan mengencerkannya agar mudah dikeluarkan, sebaiknya obat batuk ini dikonsumsi tiga kali sehari masing-masing sebanyak satu sendok takar (5 ml) untuk anak-anak di atas 10 tahun dan orang dewasa.Sementara itu, anak-anak berumur 5-10 tahun disarankan untuk minum Siladex ME tiga kali sehari masing-masing sebanyak setengah sendok takar (2,5 ml).Obat batuk tanpa rasa kantuk ini tersedia dalam kemasan 60 ml dan 100 ml sesuai kebutuhan Anda.

Tips agar tubuh tetap bugar di bulan puasa

Jangan lupa lakukan olahraga ringan
Anda mungkin memang harus menyesuaikan aktivitas sehari-hari selama berpuasa. Namun bukan berarti melupakan pola hidup sehat. Ikutilah sederet tips berikut ini agar tubuh senantiasa bugar selama menjalani ibadah puasa.1. Sediakan minimal salah satu jenis makanan dari empat kelompok makanan, seperti berikut ini.a. Makanan pokok:
Beras, jagung, roti, ubi
b. Lauk pauk:
Kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu, maupun hasil olahannya
c. Sayur:
Setiap jenis sayuran
d. Buah:
Setiap jenis buah, yang dapat dikonsumsi menjelang tidur
2. Berbukalah dengan air putih serta makanan manis dari buah, termasuk kurma.3. Batasi konsumsi makanan asin atau berlemak saat sahur maupun berbuka.4. Hindari makanan berminyak ketika sahur, yang berisiko menimbulkan penyumbatan pembuluh darah, dan akhirnya mengurangi aliran oksigen serta membuat mengantuk di siang hari.5. Tetap lakukan aktivitas ringan, misalnya olahraga ringan.6. Senantiasa hindari minuman beralkohol.7. Lakukan kontrol tekanan darah secara rutin, terutama jika mengalami diabetes maupun hipertensi.8. Selalu sediakan obat-obatan di rumah, termasuk Siladex ME untuk meredakan batuk berdahak selama menjalani puasa.

Pentingnya konsumsi air putih selama berpuasa

Pastikan Anda minum air putih ketika berbuka puasa
Sebanyak 90 persen bagian tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, kekurangan asupan cairan selama berpuasa, akan membahayakan sel-sel tubuh, dan risiko dehidrasi pun dapat muncul. Oleh karena itu, selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, jangan lupa untuk minum air putih.Pola makan memang akan berubah selama Ramadhan. Namun, konsumsi air putih jangan sampai terlewat. Anda pun disarankan mengonsumsi air putih pada waktu berikut ini, masing-masing satu gelas.
  • Setelah bangun untuk sahur
  • Setelah sahur
  • Ketika berbuka puasa
  • Sesudah sholat maghrib
  • Sesudah makan
  • Sesudah sholat isya
  • Sehabis sholat tarawih
  • Sebelum tidur
Penting diingat, ketika berpuasa, tubuh berpotensi mengalami gangguan kesehatan karena kekurangan serat, air, maupun mengonsumsi gorengan terlalu banyak. Apalagi pada masa ini, pola makan mengalami perubahan.Namun meski Anda dianjurkan cukup minum di masa Ramadhan ini, hindarilah kopi maupun soda, yang malah akan membuat sulit tidur, dan menyebabkan timbunan lemak.Jangan sampai puasa menjadi alasan untuk tidak optimal beraktivitas karena tubuh lemas, lesu, maupun mengantuk. Oleh karena itu, pastikan hanya mengonsumsi Siladex ME yang tidak akan menyebabkan rasa kantuk, ketika diminum pada masa Ramadhan.
batukbatuk berdahakadv siladex
Konimex. https://www.konimexstore.com/produk/detail/kode/SILADEX+MUCOLYTIC+EXPECTORANT+60+ML
Diakses pada 30 Maret 2021
Kementerian Kesehatan RI.
https://promkes.kemkes.go.id/content/?p=8692
Diakses pada 30 Maret 2021
Kementerian Kesehatan RI.
https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Media_sehat_puasa_1338.pdf
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait