Siku hitam terjadi akibat penumpukan sel kulit mati
Siku hitam dapat mengganggu penampilan Anda

Merasa tidak percaya diri mengenakan pakaian lengan pendek atau tanpa lengan karena bagian siku Anda hitam? Tenang, Anda tidak sendirian. Siku hitam adalah kasus yang cukup sering terjadi pada banyak orang. Jangan khawatir apabila Anda mengalaminya. Dengan perawatan serta mengubah kebiasan buruk, siku hitam bisa diatasi dan membuat percaya diri Anda kembali lagi.

Apa penyebab siku hitam?

Umumnya siku adalah bagian tubuh yang paling jarang diperhatikan dan dirawat oleh banyak orang. Apa lagi jika dibandingkan dengan kulit wajah atau pun tangan. Tentu kalah sering. Oleh karena itu tidak heran jika Anda baru sadar ketika siku sudah menghitam.

Padahal proses penghitaman ini tidak terjadi serta-merta, lho, melainkan bertahap. Karena jarang diperhatikan perkembangannya, seringkali Anda pun tidak tahu apa penyebab siku menjadi hitam.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat membuat siku menjadi hitam. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mengonsumsi pil KB

    Saat mengonsumsi pil KB, hormon di dalam tubuh mengalami perubahan. Perubahan ini menyebabkan bertambahnya produksi pigmen kulit. Jika pigmen ini berkumpul menjadi satu maka akan membuat bagian kulit, seperti di siku, terlihat kusam.
  • Akumulasi sel kulit mati

    Secara berkala, kulit manusia akan beregenerasi dengan mengganti sel kulit yang lama dengan yang baru. Sel kulit lama tadi menjadi mati dan tinggal di bagian luar. Bila sel kulit mati ini tidak dibersihkan secara teratur maka akan menumpuk dan membuat kulit terlihat gelap. Apa lagi di bagian kulit yang jarang mendapatkan perawatan seperti siku.
  • Hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari

    Paparan sinar matahari dapat membuat siku menjadi hitam. Bila Anda sering beraktivitas di bawah matahari tanpa menggunakan lengan panjang, maka risiko siku hitam semakin besar.
  • Melasma

    Melasma adalah flek-flek hitam yang sering muncul di bagian kulit mana pun ketika Anda hamil, termasuk bagian siku.
  • Masalah kulit tertentu

    Beberapa masalah kulit seperti eksim dan psoriasis bisa merubah warna kulit pada bagian tubuh Anda.
  • Kapalan

    Kapalan adalah kondisi di mana kulit mengalami pengerasan akibat sering mengalami gesekan. Jika tidak dirawat, kulit yang kapalan pun akan berubah menjadi kusam. Jika siku Anda sering bergesekan dengan meja, maka Anda memiliki risiko kulit siku yang menghitam.

Sebenarnya beberapa penyebab di atas bisa mengakibatkan penghitaman kulit di bagian lain. Hanya saja bagian siku lebih rentan terkena karena jarang diperhatikan.

Cara menghilangkan siku hitam

Tak perlu rendah diri jika siku Anda hitam. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkannya. Cara dan bahan-bahan yang digunakan pun mudah dilakukan dan didapat. Beberapa caranya yaitu menggunakan:

1. Lidah buaya

Sebuah penelitian dari India pada tahun 2012 lalu menghasilkan temuan bahwa lidah buaya ampuh mencerahkan kulit. Ketika lidah buaya diaplikasikan ke kulit, ada reaksi yang membuat kulit cerah. Langkah ini bisa dilakukan dua kali sehari selama tidak ada reaksi alergi.

2. Soda kue

Salah satu manfaat dari soda kue adalah mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan kulit, termasuk siku yang hitam.

Cara membuatnya adalah dengan menuangkan satu sendok teh soda kue ke dalam mangkok berisi air. Aduk air dan soda kue hingga rata. Setelah itu, oleskan pada bagian siku. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Anda  bisa melakukan langkah ini dua kali seminggu. Namun sebaiknya hindari mengaplikasikan soda kue di wajah karena bisa memicu iritasi.

3. Buah sitrus

Tak hanya kaya akan vitamin C, rupanya buah-buahan dari keluarga sitrus juga bisa mencerahkan area siku yang hitam karena sengatan matahari. Anda bisa menggunakan buah-buahan seperti lemon, jeruk, atau grapefruit sebagai bahan untuk mencerahkan kulit.

Cara menggunakannya sangat sederhana. Peras buah hingga mendapatkan ekstraknya. Kemudian, usapkan ke bagian siku dengan kapas atau kain lembut. Proses ini aman diulang setiap harinya.

4. Oatmeal dan yogurt

Baik oatmeal dan yogurt sama-sama bisa melembabkan area kulit yang kering. Apalagi, kulit yang terlalu kering juga bisa memicu terjadinya siku hitam. Oleskan campuran tersebut di bagian siku sebelum didiamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas hingga bersih.

5. Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini juga bisa menjadi sahabat bagi masalah kulit apapun, termasuk masalah pada siku. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air, kemudian usapkan ke bagian siku dengan kapas atau kain lembut. Diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

6. Kentang

Kandungan catecholase yaitu enzim pencerah kulit dalam kentang dapat membantu mencerahkan siku hitam. Caranya, Anda cukup mengiris tipis kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih.

Kemudian, oleskan di siku atau lutut. Biarkan ekstrak kentang berada di siku selama kurang lebih 20-30 menit sebelum membilasnya. Cara ini bisa dilakukan setiap hari sampai kulit cerah kembali.

7. Cuka apel

Tak hanya terbukti baik untuk kulit wajah, cuka apel juga berkhasiat dalam mencerahkan siku hitam. Anda hanya perlu mencampur satu sendok makan cuka apel dengan dua sendok makan madu. Oleskan ke siku dan diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya.

Kandungan glycol dan alpha hydroxy di dalam cuka apel bisa mencerahkan siku hitam dengan mengangkat sel kulit mati.

8. Gunakan sunscreen

Mencegah tentu lebih baik ketimbang mengobati. Salah satu cara paling ampuh untuk mengantisipasi siku hitam adalah dengan menggunakan sunscreen setiap hari. Aplikasikan sunscreen di bagian tubuh yang terpapar sengatan matahari setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah.

Tak hanya itu gunakan produk sunscreen dengan SPF 30. Ingat pula bahwa bagian siku paling sering tergesek sehingga sunscreen bisa hilang dengan sendirinya. Selalu aplikasikan ulang secara berkala.

Cara-cara alami di atas memang tidak akan mencerahkan siku hitam secara instan. Perlu waktu untuk membuatnya cerah secara perlahan. Selain itu, Anda juga harus menjaga kelembaban area siku – dan juga lutut – yang kerap luput.

Selalu bawa sunscreen ke manapun Anda pergi. Menurut American Osteopathic College of Dermatology, ada satu fakta yang cukup mengejutkan. Satu hari saja tidak menggunakan sunscreen dapat membuat semua upaya perawatan kulit selama ini menjadi sia-sia.

Healthline.https://www.healthline.com/health/dark-elbows#longterm-treatment
Diakses pada 29 Oktober 2019

NCBI.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22495441
Diakses pada 29 Oktober 2019

Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-to-get-rid-of-dark-elbows/#gref
Diakses pada 29 Oktober 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed