Sifat Golongan Darah B dan Fakta Unik Di Baliknya


Kepribadian atau sifat golongan darah B antara lain santai, kreatif, cepat dalam membuat keputusan, bisa menjadi teman yang baik, dan punya empati tinggi. Sisi buruknya, orang dengan golongan darah ini dinilai sulit memaafkan dan sulit ditebak.

(0)
30 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kepribadian golongan darah B salah satunya kreatifKepribadian golongan darah B adalah kreatif dan santai
Menentukan kepribadian berdasarkan golongan darah bukanlah hal yang baru. Namun hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang benar-benar kuat untuk membuktikannya. Meski begitu, tentu tidak ada salahnya jika Anda ingin mengetahui lebih jauh soal teori-teori yang selama ini telah beredar tentang sifat golongan darah B.

Kepribadian golongan darah B

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa gen pada orang dengan golongan darah A, B dan AB yang disebut sebagai gen ABO, memiliki hubungan dengan perbedaan kepribadian.Namun, penelitian tersebut belum bisa dijadikan pegangan pasti, karena masih memiliki berbagai keterbatasan.
Meski begitu, menebak kepribadian seseorang dari jenis golongan darahnya bukanlah hal yang baru. Sejak dahulu, berbagai teori dikumpulkan hingga masing-masing golongan darah dianggap memiliki ciri khas kepribadian.
Berikut ini, beberapa sifat yang dianggap menjadi ciri khas orang dengan golongan darah B.
  • Kreatif
  • Cepat dalam membuat keputusan
  • Kurang bisa mengikuti aturan
  • Fokus saat mengerjakan sesuatu
  • Tidak mudah menyerah meski gagal
  • Sering ingin menjadi yang terbaik
  • Sulit melakukan beberapa tugas sekaligus (multitasking)
  • Memiliki rasa empati yang tinggi
  • Bisa menjadi teman yang baik
  • Sering egois dan sulit kooperatif saat bekerjasama
  • Kerap menyendiri
  • Sulit memaafkan orang lain
  • Tidak bisa ditebak
Perlu diketahui, tentu tidak semua orang dengan golongan darah B memiliki sifat-sifat di atas atau memiliki sifat yang sama.

Fakta lain seputar orang dengan golongan darah B

Selain soal kepribadian, masih ada fakta lain seputar golongan darah B yang bisa Anda ketahui, seperti berikut ini.

1. Golongan darah B termasuk langka

Bersama dengan golongan darah A-, golongan darah B- dan B+ termasuk cukup langka. Total, ketiga golongan darah ini hanya dimiliki oleh 10% penduduk dunia.

2. Jenis makanan yang baik untuk golongan darah B

Orang dengan golongan darah B disarankan untuk fokus mengonsumsi sayuran hijau, telur, daging-dagingan, dan produk susu rendah lemak. Golongan darah ini juga sebaiknya membatasi konsumsi beberapa makanan, seperti tomat, kacang, jagung, dan gandum.

3. Jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah B

Kebanyakan orang dengan golongan darah B, lebih memilih melakukan olahraga kardio intensitas rendah, seperti bersepeda atau bermain tenis. Selain itu latihan ketahanan juga jadi salah satu olahraga yang cocok untuk golongan darah ini.

4. Golongan darah B berisiko lebih besar terkena penyakit jantung

Orang dengan golongan darah B memiliki gen ABO, yang dinilai rentan terhadap polusi dan lingkungan yang tidak bersih.Jika Anda memiliki golongan darah ini dan tinggal di area yang banyak polusi, maka risiko Anda terkena penyakit jantung dan serangan jantung akan lebih tinggi.

5. Golongan darah B rentan terkena demensia

Dibandingkan dengan orang golongan darah O, orang dengan golongan darah A, B, dan AB berisiko lebih tinggi mengalami demensia.Hal ini lagi-lagi disebabkan karena gen ABO yang ada di dalam darahnya berhubungan dengan gangguan fungsi kognitif dan hilangnya memori.

6. Aturan dalam donor darah golongan B

Orang yang memiliki golongan darah B-, bisa mendonorkan darah ke orang yang memiliki golongan darah B dan AB. Namun, B- hanya bisa mendapatkan donor dari sesama B- atau golongan darah O.Sementara itu golongan darah B+ bisa didonorkan ke sesama B+ dan AB+, tapi hanya bisa menerima donor dari golongan darah B dan O.

Catatan dari SehatQ

Kepribadian golongan darah B dilihat sebagai sosok yang santai, fleksibel, dan kreatif. Namun di satu sisi, ada beberapa sifat negatif yang rata-rata dimiliki golongan darah ini, seperti sulit memaafkan seseorang dan tidak bisa multitasking.Perlu diingat bahwa menentukan kepribadian berdasarkan golongan darah, belum ada dasar ilmiah pastinya. Sehingga, sebaiknya Anda menyikapi fakta-fakta tersebut dengan lebih bijak, dan tidak dijadikan patokan saklek dalam menilai seseorang.Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar golongan darah dari sisi medis dan kedokteran, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
golongan darahtes psikologi
Red Cross. https://www.redcrossblood.org/donate-blood/blood-types/b-blood-type.html
Diakses pada 17 November 2020
Memorial Care. https://www.memorialcare.org/services/blood-donation/blood-types-and-facts
Diakses pada 17 November 2020
Oklahoma Blood Institute. https://obi.org/blood-donation/fun-facts/
Diakses pada 17 November 2020
Penn Medicine. https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2019/april/blood-types
Diakses pada 17 November 2020
Better Help. https://www.betterhelp.com/advice/personality/blood-type-personality-what-does-your-blood-say-about-you/
Diakses pada 17 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4433257/
Diakses pada 17 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait