Manfaat menari sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental
Siapa sangka, menari memiliki manfaat kesehatan

Bukan sekadar asyik mengikuti irama musik saja, manfaat menari bagi tubuh sangat banyak baik untuk fisik, mental, dan juga emosi. Menari pun kini kian mudah, bisa dilakukan sendiri atau beramai-ramai. Bahkan saat tetap berada di rumah pun, ada banyak akun YouTube yang mudah diikuti untuk belajar menari.

Ada banyak hal yang membuat orang jatuh cinta dengan menari. Entah itu suka mengikuti musiknya hingga tertantang menaklukkan koreografi yang memikat. Apapun tujuannya, manfaat menari sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat menari untuk kesehatan fisik

Tidak ada batasan umur bagi yang ingin mencoba belajar menari. Bahkan, menari bukan suatu skill yang wajib dipelajari jika orang menyukainya. Ada yang hanya menari untuk mengisi waktu luang, boleh saja. Ada juga yang menjadikannya profesi, juga tak masalah.

Semuanya bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan, secara fisik di antaranya:

  • Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat menari sangat baik kesehatan jantung orang dewasa. Idealnya, orang dewasa sebaiknya melakukan 75-150 menit aktivitas fisik berintensitas tinggi atau 150-300 menit aktivitas ringan. Saat menari, detak jantung akan meningkat karena harus melakukan koreografi demi koreografi yang menyenangkan. Jenis tari apapun baik untuk kesehatan jantung karena serupa olahraga kardio.

  • Tingkatkan keseimbangan dan kekuatan

Manfaat menari dapat meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh, itu pasti. Ketika seseorang menari, ada gabungan gerakan ke segala arah. Itu adalah perpaduan gerakan saat berjalan, naik tangga, bersepeda, atau apapun sehingga tidak ada otot yang terlupakan.

  • Bisa dilakukan siapa saja

Bahkan orang dengan masalah kesehatan kronis atau mobilitas terbatas juga dapat menari. Pilih saja jenis tarian yang lembut dan gerakannya tidak terlalu cepat. Intensitas gerakan tari ini bisa dikonsultasikan dengan dokter dan instruktur, bila perlu dilakukan modifikasi.

Manfaat menari untuk kesehatan mental

Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga bisa diperoleh lewat menari. Apa saja?

  • Kemampuan kognitif meningkat

Menurut peneltiian, menari dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang terutama ketika menua. Area di otak yang bertanggung jawab untuk daya ingat dan perencanaan ikut berkembang ketika seseorang terbiasa menari. Tak hanya itu, terbiasa memadukan ritme, musik, dan koreografi juga meningkatkan daya ingat seseorang.

  • Menantang otak

Ada jenis tarian yang dapat menantang otak, sebut saja tap dancing. Ketika melakukan koreografi dalam tap dancing, otak harus benar-benar fokus karena gerakannya terus menerus berubah. Belum lagi seseorang dituntut untuk mengingat pola dan gerakan apa yang dilakukan selanjutnya. Ini adalah latihan yang menantang untuk otak, berapapun usianya.

Manfaat menari untuk emosi

Tak hanya fisik dan mental saja, emosi pun mendapatkan keuntungan dari manfaat menari. Beberapa di antaranya adalah:

  • Bisa jadi aktivitas sosial

Bagi orang yang bergabung dalam kelompok sosial menari, ini bisa menjadi cara untuk membuka lingkaran pertemanan baru. Apapun jenis tarian, pasti ada komunitas yang mewadahinya. Bahkan menariknya lagi, anggota dari komunitas tari itu tak mengenal latar belakang usia dan lainnya.

  • Meningkatkan mood

Gerakan dalam menari sangat ekspresif, sehingga seseorang bisa mengekspresikan apa yang mereka rasakan. Bahkan, tak perlu berpikir tentang hal lain, menari juga bisa menjadi pelampiasan emosi yang positif. Ini dapat mengurangi stres, menghindarkan seseorang dari cemas berlebih dan depresi, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Manfaat menari untuk anak-anak

Tertarik menerjunkan anak-anak ke dunia tari yang sesuai minat mereka? Mereka bisa bergabung sejak usia dini, dan justru sangatlah bagus. Tak hanya menyalurkan energi, ini adalah aktivitas yang aman untuk mengekspresikan minat mereka.

Apabila si kecil terus menekuni latihan tari yang sesuai minatnya, pasti dengan nyata akan terlihat perkembangannya dari waktu ke waktu. Progress ini tanpa disadari membuat mereka bisa menguasai skill sekaligus menambah kepercayaan dirinya.

Belum lagi manfaat bagi kebiasaan mereka menjadi disiplin. Ketika dituntut untuk menghafal koreografi dan mengeksekusi gerakan yang baru, itu perlu latihan dan disiplin demi bisa menguasainya.

Dalam jangka panjang, seluruh manfaat menari bagi anak kecil ini akan menjadi bekalnya dalam mengambil keputusan ketika sudah dewasa.

Ada banyak jenis tarian yang bisa dipilih, sesuaikan saja dengan minat. Semuanya bermanfaat dan bisa dilakukan beramai-ramai di studio atau sendiri di rumah lewat tayangan di YouTube atau rekaman lainnya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-dance
Diakses pada 6 Juni 2020

Health. https://health.gov/sites/default/files/2019-09/Physical_Activity_Guidelines_2nd_edition.pdf#page=55
Diakses pada 6 Juni 2020

Harvard Medical School. https://neuro.hms.harvard.edu/harvard-mahoney-neuroscience-institute/brain-newsletter/and-brain/dancing-and-brain
Diakses pada 6 Juni 2020

National Institute of Aging. https://www.nia.nih.gov/news/moderate-physical-activity-linked-increases-metabolism-across-brain-regions
Diakses pada 6 Juni 2020

Artikel Terkait