Si Kecil Malas Sekolah? Coba 8 Tips Ini untuk Mengatasinya!

(0)
10 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jika anak malas sekolah, cobalah periksa kesehatannya. Bisa jadi ia sedang sakit dan tidak mau ke sekolah.Anak malas sekolah? Bisa jadi ia menjadi korban bullying di sekolah!
Setiap orangtua ingin anaknya rajin datang ke sekolah dan menimba ilmu setinggi-tingginya. Namun terkadang, ada saja hal-hal yang membuat Si Kecil malas sekolah. Namun Ayah dan Bunda jangan khawatir, sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa malas sekolah pada anak.

Tips mengatasi anak malas sekolah

Terdapat banyak alasan yang bisa dilontarkan anak-anak saat ia malas sekolah, mulai dari mengeluh sakit atau merasa cemas untuk bertemu dengan teman-temannya. Sebagai orangtua, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membantunya mengatasi rasa malas.

1. Periksalah kesehatan anak

Anak malas sekolah bisa saja disebabkan oleh penyakit
Bisa jadi anak Anda sedang sakit, sehingga ia malas sekolah
Jangan dulu menghakimi anak saat ia merasa malas pergi ke sekolah. Bisa jadi, ia memang sedang sakit dan tidak kuat untuk beranjak dari kasurnya.Cobalah periksa kesehatan anak, mulai dari bagian tubuh hingga suhunya. Dengan begitu, orangtua bisa mengetahui apakah Si Kecil sedang sakit atau tidak.Bila perlu, bawalah ia ke dokter untuk memastikan apakah keluhan medis anak Anda memang nyata atau hanya alasan untuk tidak datang ke sekolah.

2. Berbicaralah dengannya

Coba tanyakan pada anak mengenai hal yang membuatnya malas ke sekolah. Di waktu yang bersamaan, rencanakan juga dengannya waktu yang tepat untuk datang ke sekolah lagi.Namun perlu diingat, beberapa anak mungkin tidak mampu untuk mengutarakan apa yang membuatnya merasa terganggu untuk pergi ke sekolah. Jika ini kasusnya, jangan paksakan ia untuk membuka mulutnya.Intinya, sebagai orangtua Anda harus percaya kalau anak dapat melewati masalah tersebut dan yakinkan ia bahwa orangtuanya akan selalu menemaninya di segala situasi.

3. Jangan menggurui anak

Hindari diskusi panjang dan debat mengenai pentingnya sekolah untuk anak Anda. Sebab, menggurui atau menyudutkan anak dinilai tidak akan mengubah pikirannya untuk datang ke sekolah. Bahkan, hal ini dinilai dapat memperburuk keadaan.

4. Bertanyalah pada wali kelasnya di sekolah

Berbicara kepada guru atau wali kelasnya di sekolah dapat membantu orangtua mencari tahu apa penyebab Si Kecil malas datang ke sekolah. Bisa jadi ada beberapa masalah yang menyebabkan anak Anda tidak mau bertemu teman-temannya di sekolah.Selain itu, guru atau wali kelas juga bisa memberi tahu kondisi anak di kelas. Dengan begitu, ANda akan mengetahui keseharian Si Kecil saat sedang menimba ilmu.

5. Buatlah peraturan ketat di rumah

Ada banyak cara untuk mengatasi anak malas sekolah
Jangan biarkan ia bersantai ria meski di rumah
Saat anak sedang sakit dan tidak bisa datang ke sekolah, mintalah dia untuk tetap beristirahat dan tidak bermain sesuka hatinya. Jangan karena sedang sakit, anak menjadi bebas melakukan apa yang ia mau di rumah.Buatlah peraturan ketat di rumah. Jangan biarkan ia bermain game atau menonton televisi. Peraturan ini dinilai dapat menghilangkan rasa malas pada anak Anda.

6. Mintalah ia untuk tetap belajar di rumah

Jika anak dalam keadaan sehat tapi tidak mau datang ke sekolah walau sudah dipaksa, mintalah dia untuk tetap belajar di rumah. Contohnya, Anda bisa memintanya untuk membaca buku di meja belajar. Dengan begitu, diharapkan rasa malas yang ada di dalam diri Si Kecil akan hilang.

7. Lawan bully atau perundungan di sekolah

Terkadang, sifat malas sekolah pada anak-anak bisa muncul akibat ada tindakan bullying atau perundungan di sekolah. Jika ini kasusnya, orangtua disarankan untuk bekerja sama dengan guru untuk mengatasi masalah bullying tersebut.

8. Daftarkan anak ke dalam ekstrakurikuler

Mendaftarkan anak ke dalam ekstrakurikuler, terutama di bidang olahraga, dipercaya dapat membangun rasa percaya diri anak untuk ke sekolah. Selain itu, banyaknya teman-teman baru dari ekstrakurikuler juga dapat mengatasi rasa cemas dan takut ke sekolah yang ia alami.

Penyebab anak malas sekolah yang harus diperhatikan orangtua

Setelah mengetahui cara mengatasi anak malas sekolah, orangtua juga disarankan untuk mengetahui penyebab anak tidak mau ke sekolah. Hal ini dilakukan agar penyebabnya dapat segera diatasi sampai ke akarnya.Berikut adalah berbagai penyebab anak malas sekolah yang patut diperhatikan:
  • Sering diejek secara fisik oleh teman-temannya
  • Takut akan kegagalan
  • Adanya ancaman fisik dari teman sekolah
  • Adanya kekerasan fisik dari teman sekolah
  • Merasa cemas menggunakan toilet di sekolah
  • Adanya masalah di rumah, seperti perceraian, kematian anggota keluarga atau hewan peliharaan, atau rumah baru.
Jika berbagai penyebab di atas sudah diatasi, diharapkan anak akan mulai bersemangat lagi untuk menimba ilmu di sekolah.

Catatan dari SehatQ

Anak malas sekolah tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab, masalah ini akan berdampak pada prestasi akademisnya di sekolah.Jika anak Anda khawatir mengenai penyakit yang membuatnya malas sekolah, jangan ragu untuk  bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentingaktivitas anak prasekolahsekolahanak sekolah
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/shyness-is-nice/201309/what-do-when-your-child-wont-go-school
Diakses pada 26 Januari 2021
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/dealing-with-school-refusal-schoolage-children-620852
Diakses pada 26 Januari 2021
Stanford Childrens. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=when-your-child-refuses-to-go-to-school-1-987#:~:text=List%20all%20the%20possible%20reasons,to%20go%20back%20to%20school.
Diakses pada 26 Januari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait