Rambut Kering Bikin Pusing, Ini Shampo yang Tepat untuk Anda

Tidak semua shampo untuk rambut kering cocok untuk rambut Anda
Masalah rambut kering bisa diatasi dengan shampo tertentu

Berbagai hal dapat membuat rambut Anda kering dan rusak. Untuk mengatasi masalah ini, jangan sembarangan menggunakan produk perawatan rambut. Sebaliknya, Anda dapat memilih shampo untuk rambut kering dan mengembang yang mengandung bahan-bahan tertentu.

Pada dasarnya, rambut kering terjadi ketika ia tidak mendapatkan pelembap yang cukup sehingga terlihat keriting dan kusam. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tiga hal, yakni faktor lingkungan (misalnya terpapar sinar matahari), melakukan perawatan rambut tertentu (misalnya menggunakan shampo untuk rambut kering yang tidak tepat), atau adanya penyakit tertentu (misalnya hipotiroidisme).

Rambut kering biasanya bisa diatasi dengan menggunakan shampo. Meski demikian, shampo pada dasarnya merupakan produk pembersih kulit kepala yang menyerap minyak dan kotoran dari rambut, sehingga dapat membuat rambut kering dan rusak jika kandungannya tidak sesuai dengan kebutuhan kulit kepala Anda.

Kandungan yang harus terdapat pada shampo untuk rambut kering

Bermacam-macam jenis maupun merek shampo untuk rambut kering dan mengembang beredar di pasaran. Namun shampo mana yang benar-benar efektif untuk mengembalikan kilau pada rambut kering?

Shampo untuk rambut kering biasanya digunakan oleh orang yang rambutnya terlanjur rusak karena kesalahan perawatan rambut, misalnya karena sering ditata menggunakan pewarna atau pengering rambut. Shampo jenis ini memiliki sifat membersihkan yang tidak terlalu agresif dan mengandung pelembap.

Untuk mengatasi masalah rambut kering, yang Anda butuhkan memang adalah shampo yang mengandung pelembap. Jangan hanya tergiur dengan klaim shampo yang dapat melembabkan rambut, namun lihatlah pada komposisinya.

Shampo untuk rambut kering yang baik biasanya mengandung bahan-bahan seperti dimethicone dan cyclomethicone. Kedua zat tersebut terbukti dapat melembapkan dan menyehatkan rambut bagi Anda yang terlanjur memiliki rambut rusak akibat paparan zat kimia.

Bagi Anda yang mengalami rambut kering dan mengembang, gunakan juga conditioner sehabis keramas. Sebaiknya Anda memiliki conditioner yang mengandung zat pelembap, misalnya polyquaterium, guar hydroxypropyltrominum, atau hydroxyethyl dimonium chloride. Bahan-bahan ini ampuh membuat rambut kembali bisa diatur sehingga rambut Anda tidak kusam lagi.

Selain melihat komposisinya, Anda juga harus mengenali jenis-jenis conditioner yang ada di pasaran karena beda conditioner maka beda pula fungsi dan cara penggunaannya. Beberapa jenis conditioner yang dimaksud adalah:

  • Conditioner instan: conditioner jenis ini paling awam ditemui di pasaran dan biasanya digunakan untuk penggunaan sehari-hari di rumah maupun perawatan di salon. Conditioner ini dapat langsung diaplikasikan setelah Anda menggunakan shampo untuk rambut kering dan mengembang, biarkan dulu sekitar 5 menit, lalu bilas.

  • Conditioner dalam: conditioner ini berfungsi memperbaiki rambut yang sudah sangat kering atau rusak karena memiliki kandungan pelembap dengan konsentrasi lebih tinggi. Pengaplikasiannya juga bisa setelah Anda menggunakan shampo untuk rambut kering, namun diamkan 20-30 menit, baru bilas.

  • Conditioner kering: conditioner ini mirip dengan jenis instan, namun tidak mengandung minyak sehingga tidak perlu dibilas dan cocok digunakan untuk Anda yang memiliki rambut dengan kandungan minyak berlebih.

  • Conditioner untuk rambut lebih tebal: conditioner ini berfungsi melapisi rambut sehingga terlihat lebih tebal hanya dalam hitungan menit.

Menggunakan shampo untuk rambut kering beserta conditioner biasanya tidak menimbulkan efek negatif. Tetapi, jika Anda memiliki keluhan setelah menggunakan shampo atau conditioner tertentu, hentikan penggunaannya dan bila perlu konsultasikan ke dokter kulit.

Cara lain untuk mengatasi rambut kering

Selain menggunakan conditioner dan shampo untuk rambut kering, Anda juga dapat melakukan cara-cara alternatif untuk mengembalikan kelembapan rambut, misalnya:

  • Mengoleskan minyak zaitun ke akar rambut: minyak zaitun mengandung asam oleik, asam palmitik, dan squalene yang memiliki sifat sebagai pelembap alami sekaligus membuat rambut lebih lembut. Anda juga dapat menggunakan minyak almond sebagai alternatif. Caranya, tuangkan satu sendok makan minyak ke kulit kepala, kemudian pijat agar cepat meresap. Ulangi langkah tersebut ke area kulit kepala lainnya.

  • Keramas dengan air beras: penelitian membuktikan air beras mengandung inositol yang dapat mengembalikan kelembapan rambut dari dalam. Jadi, jika Anda mencuci beras sebelum memasak nasi, jangan buang airnya. Caranya adalah gunakan shampo Anda seperti biasanya, lalu bilas, kemudian basuh rambut Anda dengan air beras, pijat pada bagian kulit kepala diamkan 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Cara ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut namun Anda dapat melakukan dirumah karena cara ini terbilang aman.

  • Gunakan topi: ini merupakan langkah preventif untuk mencegah rambut kembali kering ketika Anda berada di bawah sinar matahari. Setelah keramas dengan shampo untuk rambut kering, biarkan rambut tidak terlalu basah, kemudian gunakan topi sebelum keluar rumah.

Setelah rambut Anda kembali sehat, jangan lupa untuk menjaga kelembapannya. Hindari melakukan perawatan rambut yang salah, misalnya keramas terlalu sering, mewarnai rambut, dan memakai hair dryer.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-hair
Diakses pada 17 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/damaged-hair
Diakses pada 17 Oktober 2019

Pub Med. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4458934/
Diakses pada 17 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/choose-right-shampoo
Diakses pada 17 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed